x

Keok dari Manchester City, 4 Hal Ini Perlu Segera Diperbaiki Chelsea untuk Bangkit

Kamis, 10 November 2022 12:45 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Indra Citra Sena
Bintang Manchester City, Jack Grealish dan pemain Chelsea, Cesar Azpilicueta terlihat bersetigang di Piala Liga Inggris REUTERS/Craig Brough

INDOSPORT.COM - Chelsea dirasa perlu memperbaiki tim yang baru saja kalah dari Manchester City di Piala Liga Inggris (Carabao Cup) pada Kamis (10/11/22) dini hari WIB.

Seperti diketahui, raksasa Liga Inggris, Chelsea menelan hasil minor dengan kekalahan dari Manchester City di Piala Liga Inggris, Kamis (10/11/22).

Chelsea yang menurunkan nyaris semua pemain pelapis kalah dari Manchester City dengan skor 0-2 di Stadion Etihad.

Dua gol The Citizens dicetak oleh pemain sayap, Riyad Mahrez pada menit ke-53 ditambah dengan aksi dari penyerang muda Argentina, Julian Alvarez di menit ke-58.

Hasil tersebut membuat Chelsea tak lolos ke babak selanjutnya dan harus merelakan gelar yang terakhir diraih di musim 2014-2015 itu.

Baca Juga

Selain itu, kekalahan dari Manchester City juga memperlihatkan bahwa tim asuhan Graham Potter tak cukup mumpuni untuk bermain di seluruh kompetisi.

Meskipun menurunkan beberapa pemain, seperti Hakim Ziyech, Christian Pulisic, Mateo Kovacic, hingga Kalidou Koulibaly, Chelsea tak bisa mengalahkan Manchester City yang juga diisi oleh beberapa pemain pelapis.

Baca Juga

Memang, di skuat Pep Guardiola ada dua pemain bintang, yaitu Rodri dan Ilkay Gundogan yang menjadi poros lini tengah Manchester City kali ini.

Chelsea tentu perlu mencari formula terbaik untuk memperbaiki tim demi menghadapi dua kompetisi besar, seperti Liga Champions dan Liga Inggris.

Berikut 4 hal yang perlu dilakukan oleh Chelsea selepas kekalahan dari Manchester City di Piala Liga Inggris.

Baca Juga

1. Cari Penyerang Baru

Selebrasi Armando Broja dalam laga Liga Inggris antara Chelsea vs Wolverhampton Wanderers

Salah satu performa yang patut disoroti dari Chelsea adalah performa penyerang pelapis yang tidak lebih baik dari penyerang inti.

Christian Pulisic dan Hakim Ziyech menjadi penyerang yang dipasang di posisi sayap kanan dan kiri, sedangkan Armando Broja dipasang di tengah.

Namun demikian, performa ketiganya tidak begitu bagus dibandingkan dengan Raheem Sterling, Pierre-Emerick Aubameyang, dan Kai Havertz  yang biasa dipasang oleh Graham Potter.

Memang, performa ketiganya kini menjadi disoroti oleh pendukung Chelsea, karena hanya mencetak dua gol pada tiga pertandingan belakangan.

Kondisi ini membuat Chelsea harus mencari pemain baru untuk mengisi posisi penyerang tengah, lantaran Armando Broja kini menjadi perhatian utama.

Jual Dua Pemain Sayap

Baca Juga

Dua pemain sayap Chelsea menjadi masalah di lini serang dan tak mampu menyumbang gol untuk tim dalam beberapa pertandingan belakangan.

Untuk mengatasi hal tersebut, Chelsea perlu mendatangkan setidaknya dua penyerang sayap dan menjual dua pemain di posisi yang sama.

Baca Juga

Christian Pulisic dan Hakim Ziyech menjadi dua penyerang sayap yang patut dijadikan kambing hitam atas kegagalan The Blues untuk memenangi pertandingan melawan Brighton.

Selain itu, posisi bek sayap Chelsea bahkan tak memiliki pelapis, karena Marc Cucurella malah ditempatkan menjadi bek tengah kiri.

Tentu saja, Chelsea akan mencari pemain yang paling cocok untuk strategi Graham Potter yang hingga kini masih mencari pola yang tepat.

Baca Juga

2. Pola Permainan yang Berubah-Ubah

Aksi Graham Potter di laga Chelsea vs RB Salzburg (15/09/22). (Foto: REUTERS/David Klein)

Salah satu penyebab bahwa Chelsea kesulitan untuk berkembang adalah formasi permainan yang masih kerap berganti-ganti.

Graham Potter sebagai pelatih The Blues masih meraba formasi paling tepat untuk dipasang dalam tim dan belum memperlihatkan keberhasilan.

Chelsea kerap kali menggunakan formasi 4-3-3, 4-3-1-2, hingga formasi yang dipasang dalam pertandingan melawan Manchester City 3-4-1-2.

Namun demikian, formasi yang berubah-ubah tak didukung dengan susunan pemain yang tepat, karena Graham Potter sebagai pelatih belum melakukan transfer.

Jika eks pelatih Brighton and Hove Albion ini bisa mendatangkan pemain yang dimaksud, maka Chelsea bisa tampil lebih baik.

Pemain-Pemain yang Harus Dibuang

Baca Juga

Jika ada pemain yang harus didatangkan, maka Chelsea bisa membuang pemain untuk melakukan perampingan di skuatnya.

Chelsea bisa menjual beberapa pemain, seperti Ruben Loftus-Cheek, Hakim Ziyech, dan Christian Pulisic yang belakangan tampil buruk.

Baca Juga

Selain itu, beberapa pemain, seperti Armando Broja di posisi penyerang dan bek kiri muda, Lewis Hall perlu dipinjamkan ke klub lain agar mendapatkan pengalaman baru.

Kebijakan tersebut akan membuat Chelsea bisa mendatangkan pemain baru, sehingga bisa memperbaiki permainan tim.

Sebagai catatan, Chelsea kini masih terperosok di peringkat ke-7 Liga Inggris dan hanya meraih 21 poin dari total 13 pertandingan.

Baca Juga
ChelseaManchester CityPiala Liga InggrisGraham Potter

Berita Terkini