x

Liga 1: Kim Kurniawan Bicara Cedera Bahu dan Progres Meyakinkan PSS Sleman

Kamis, 10 November 2022 17:01 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
Gelandang PSS Sleman, Kim Kurniawan. Foto: PSS Sleman

INDOSPORT.COM - Gelandang PSS Sleman, Kim Jeffrey Kurniawan, memastikan cedera bahu yang sempat dialaminya tak lagi mengganggu. Kim merasa kondisinya sudah bagus dan sangat senang karena PSS Sleman menunjukkan progres meyakinkan.

Kim Kurniawan sempat terlambat gabung tim musim ini. Kim harus melewatkan masa pramusim karena masih fokus pada tahap akhir penyembuhan cedera bahu.

Adik ipar Irfan Bachdim ini baru tampil pada pekan keenam Liga 1 2022/2023. Hebatnya, pada penampilan pembuka musim ini, Kim langsung membuat gol indah ke gawang Persik Kediri.

Awal menawan itu membuat Kim terus mendapat tempat. Dari mulanya 10 menit akhir di Kediri, Kim kemudian rutin menjadi pilihan utama. Kim dirasa cocok menemani Ze Valente dan Jihad Ayoub di sektor tengah.

Namun, di saat Kim berusaha mengembalikan performa terbaik, kompetisi Liga 1 harus terhenti. Kim merasa bahwa sebenarnya enam penampilan awal ini membantunya terus menemukan sentuhan terbaik.

Baca Juga

Dalam banyak gerakan, kondisi bahu yang sempat dioperasi sudah pulih lagi. Minim ada rasa sakit setiap melakukan gerakan, baik ketika membawa bola atau pun berlari tanpa bola.

"Bagi saya semua sudah kembali normal. Kelihatan juga beberapa laga terakhir performa sudah menanjak, tapi sayangnya kompetisi dihentikan, padahal saya lagi usahakan mencapai top perform lagi, baik dari segi permainan maupun kondisi," kata Kim Kurniawan.

Baca Juga

Namun, Kim merasa terhentinya Liga 1 yang memasuki pekan keenam ini ada hikmahnya. Bagi PSS maupun tim-tim Liga 1, momen ini layaknya pramusim kedua.

Kim sendiri belum sempat menjalani pramusim ataupun tampil pada Piala Presiden 2022. Makanya, Kim merasa bahwa second preseason ini punya efek yang bagus.

"Ada hikmahnya juga, karena preseason pertama saya tidak ikut. Nah, preseason kedua ini saya ikut menjalani penuh setiap latihan dan uji coba," tutur Kim Kurniawan.

Baca Juga

1. Progres Meyakinkan PSS

Gelandang PSS Sleman, Kim Kurniawan. Foto: PSS Sleman

Kim merasakan kondisinya terus meningkat. Hal ini pun turut dialami para pemain. PSS setelah lima pekan latihan menjadi lebih kuat secara individu maupun tim.

"Saya merasakan ada kenaikan secara individu setiap pemain dan kekompakan tim. Chemistry mulai terbangun sekarang dengan waktu yang cukup panjang yang kita punya, sudah beberapa minggu ini kita rutin latihan dan uji coba," tutur pemain berdarah Jerman ini.

Progres individu maupun tim membuat Kim merasa PSS sudah siap jika kompetisi dilanjutkan sekarang. Terakhir, PSS melakukan uji coba melawan tim Liga 2, Nusantara United di Boyolali.

Dalam uji coba tandang itu, PSS menang 2-1. Gol PSS dicetak Ze Valente dan Miftahul Hamdi. Kemenangan ini melanjutkan tren positif setelah empat uji coba sebelumnya juga selalu menang.

"Menurutku sampai saat ini program berjalan cukup bagus. Saya sih optimis bahwa tim yang sekarang kita punya bisa bawa PSS ke level berikutnya. Menampilkan permainan yang lebih baik dari sebelum-sebelumnya," tegas Kim Kurniawan.

Baca Juga

Kans Uji Tandang

Dalam setiap uji coba yang dijalani PSS, Kim masuk ke dalam tim proyeksi inti. Trio Kim, Ze dan Jihad terus dimatangkan pelatih Seto Nurdiyantoro lewat deretan uji coba rutin.

Tak menutup kemungkinan bahwa PSS akan menjalani laga uji tandang lagi. Namun, Seto masih mencari momen yang tepat agar uji tandang lebih bermanfaat untuk jangka panjang.

Baca Juga

"Untuk uji tanding di luar Sleman saya rasa bisa saja dilakukan kembali. Akan tetapi hal tersebut harus sesuai dengan materi latihan yang diberikan," papar Seto Nurdiyantoro.

Belum diketahui tim mana yang akan jadi lawan uji coba PSS pada pekan ini. Namun yang pasti program latihan sudah berjalan seperti biasa di Lapangan Pakembinangun, Sleman.

Tak menutup kemungkinan bahwa PSS akan menjajal Borneo FC. Pemuncak klasemen sementara Liga 1 tersebut menjalani pemusatan latihan di DIY dan baru saja uji coba melawan Persis Solo.

Baca Juga
PSS SlemanKim KurniawanLiga IndonesiaLiga 1Seto NurdiyantoroLiga 1 2022-2023

Berita Terkini