x

Jelang Uji Coba vs JDT, Mantan Bek Timnas Tegaskan Kesiapan Persis Solo Menuju Liga 1

Jumat, 11 November 2022 20:02 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
Bek Persis Solo, Muhammad Abduh Lestaluhu, menegaskan kesiapan timnya jelang uji coba melawan Johor Darul Takzim (JDT) dan menuju lanjutan Liga 1.

INDOSPORT.COM - Bek Persis Solo, Muhammad Abduh Lestaluhu, menegaskan kesiapan timnya andai kompetisi Liga 1 2022/2023 dilanjutkan dalam waktu dekat. Selama enam pekan ini Laskar Sambernyawa rutin menggelar uji coba.

Persis Solo akan melakoni uji coba kesebelas selama kompetisi terhenti. Uji coba ini terbilang sangat menarik karena Persis Solo akan menghadapi Johor Darul Takzim (JDT).

Uji coba melawan jawara Liga Malaysia akan berlangsung di Stadion Sultan Ibrahim, Johor Bahru, Sabtu (12/11/22). Laga ini kemungkinan bakal dipadati suporter karena JDT memutuskan untuk menggratiskan tiket masuk.

Bagi Persis Solo, sebuah hal istimewa ketika jeda kompetisi ini mendapat kesempatan melakoni uji coba internasional. Uji coba ini sekaligus menegaskan kesiapan Persis Solo menuju Liga 1.

"Kita selalu siap karena saat beberapa tim Liga 1 libur, Persis Solo tetap mempersiapkan diri. Staf pelatih mengatur bagaimana kita tetap berkompetisi setiap pekan dengan melakukan uji coba. Makanya kita sangat siap berkompetisi kembali," kata Abduh Lestaluhu.

Baca Juga

Bagi Abduh, rentetan uji coba ini memiliki manfaat besar bagi para pemain. Sejauh ini, Abduh menyebut skuat Laskar Sambernyawa tak pernah kehilangan atmosfer kompetisi.

Adanya dua uji coba dalam satu pekan membuat semua pemain diberi kesempatan tampil. Dalam enam pekan ini, Abduh hanya absen saat tim melawat ke Jawa Timur, karena mengantarkan orang tua berangkat umrah dari Jakarta.

"Setiap pekan kita mengadakan uji coba untuk mendapatkan chemistry dan atmosfer pertandingan. Jadi kita tidak kehilangan itu (saat kompetisi terhenti). Kita selalu ready karena memang tim rutin uji coba," jelas Abduh.

Baca Juga

Jelas ketika kompetisi terhenti, kejenuhan bisa melanda setiap pemain. Apalagi kompetisi Liga 1 sudah terhenti enam pekan.

Lewat program menarik yang dijalani setiap pekan, para pemain bisa terhindar dari kejenuhan ini. Abduh menyebut, dalam sepekan Persis Solo hanya melakukan beberapa sesi latihan, kemudian uji coba.

"Pelatih pintar dalam mengatur program setiap pekan. Kita latihan beberapa hari dan uji coba. Itu membuat kita sedikit tidak bosan," papar Abduh.

Baca Juga

1. Jamuan Spesial JDT

Persis Solo akan beruji coba dengan Johor Darul Takzim (JDT), Sabtu (12/11/22).

Program ke Malaysia melengkapi usaha Persis Solo agar tim selalu siap ketika Liga 1 dilanjutkan lagi. Persis Solo mendapat hak istimewa untuk berlatih di training ground milik JDT sejak Kamis (10/11/22) lalu.

Di kota yang berbatasan dengan Singapura ini, fasilitas yang tersedia membuat para pemain Persis Solo bahagia. Abduh melalui instagramnya memperlihatkan fasilitas latihan yang digunakan Persis Solo selama di Johor Bahru.

Hal sama turut dilakukan para pemain lain, seperti Irfan Bachdim, Fabiano Beltrame, Gavin Kwan Adsit, Jaimerson Xavier hingga sang pelatih kepala, Leonardo Medina.

Tim pelatih bersama manajemen dan staf kemudian diajak JDT untuk mengunjungi setiap fasilitas klub, termasuk menunjukkan piala gelar AFC Cup 2015 lalu. JDT melalui instagram resminya mengucapkan selamat datang kepada Persis Solo.

"JDT telah menerima kunjungan dari klub Liga 1 Indonesia, Persis Solo, hari ini, 11 November 2022. Delegasi yang terdiri dari barisan pelatih dan staf telah diberi pengarahan dan dibawa mengunjungi fasilitas JDT, seperti pusat pelatihan JDT di Padang Seri Gelam dan Stadion Sultan Ibrahim di Iskandar Puteri," tulis JDT.

Baca Juga

Hadapi Lion City Sailors

Selain melawan JDT, Persis Solo juga punya agenda untuk menghadapi tim kuat Singapura, Lion City Sailors. Musim ini, Lion City Sailors ada di peringkat kedua Liga Singapura, di bawah Albirex Niigata Singapura.

Jelas dua uji coba ini akan menguji setiap lini Persis Solo, terutama sektor belakang yang dihuni Abduh Lestaluhu. Abduh sendiri menjadi sosok tak tergantikan dalam sebelas partai di Liga 1.

Baca Juga

"Semoga setelah dari Malaysia kita lebih siap lagi menghadapi kompetisi," tegas manajer Persis Solo, Erwin Widianto sebelum terbang ke Malaysia.

Total ada 26 pemain yang dibawa Persis Solo ke Malaysia. Salah satu pilar, yakni Alfath Fathier, ditinggal di Kota Solo karena tidak fit.

Baca Juga
Persis SoloTimnas IndonesiaAbduh LestaluhuLiga IndonesiaLiga MalaysiaJohor Darul Ta'zimLiga 1

Berita Terkini