x

Bedah Formasi Juventus jika Sergej Milinkovic-Savic Datang dari Lazio, Tanggalkan 3 Bek?

Minggu, 13 November 2022 21:05 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Sergej Milinkovic-Savic, pemain Lazio. Foto: REUTERS/Alberto Lingria

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Italia, Juventus serius mendatangkan gelandang Lazio, Sergej Milinkovic-Savic. Berikut formasi yang akan dipakai sang pelatih, Massimiliano Allegri.

Seperti diketahui, Juventus dikabarkan mengincar gelandang andalan Lazio, Sergej Milinkovic-Savic di tengah krisis pemain di lini tengah yang dialami.

Menurut Football Italia, Juventus dikabarkan sudah melakukan kontak dengan agen Sergej Milinkovic-Savic di Turin beberapa hari lalu.

Juventus diklaim melakukan pembicaraan serius dengan agen sang pemain, Mateja Kezman beberapa saat sebelum berduel dengan Lazio di Liga Italia.

Namun demikian, Juventus dikabarkan tak punya cukup dana untuk mendatangkan gelandang timnas Serbia ini.

Baca Juga

Presiden Lazio, Claudio Lotito menginginkan tim peminat membayar dana sebesar 100 juta euro untuk Sergej Milinkovic-Savic, yang tentu saja tak dapat dipenuhi oleh La Vecchia Signora.

Pasalnya, Lazio baru saja memberikan gelandang 27 tahun ini kontrak hingga 2024 nanti dengan gaji mencapai 4,5 juta euro per-tahun.

Baca Juga

Tentu saja, Juventus bisa mengakali hal ini jika mendatangkan Sergej Milinkovic-Savic pada bursa transfer musim panas 2023 nanti.

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri pun dapat menyiapkan formasi dan strategi yang tepat untuk mengakomodasi peran Sergej Milinkovic-Savic yang kerap kali bermain sebagai gelandang box to box.

Berikut dua formasi yang dapat digunakan oleh Massimiliano Allegri jika Juventus mendatangkan Sergej Milinkovic-Savic dari Lazio.

Baca Juga

1. 4-3-3: Milinkovic-Savic Jadi Gelandang Tengah

Sergej Milinkovic-Savic, pemain Lazio. Foto: REUTERS/Alberto Lingria

Formasi 4-3-3 merupakan cara terbaik untuk memaksimalkan peran dari Sergej Milinikovic-Savic bersama dengan Juventus.

Memang, formasi ini bukanlah pola yang kerap digunakan oleh Massimiliano Allegri sebagai pelatih Juventus.

Namun demikian, fprmasi ini akan membantu Sergej Milinkovic-Savic bermain lebih maksimal dan berperan lebih banyak untuk memperbaiki performa ruang mesin Juventus.

Dari posisi kiper, jika tidak dilakukan perubahan, maka Wojciech Szczesny akan menjadi penjaga gawang atau menggunakan Mattia Perin sebagai pelapis Juventus

Sementara, posisi empat bek inilah yang akan berubah, dengan kedatangan pemain baru, seperti Rick Karsdorp dari AS Roma atau Alvaro Odriozola dari Real Madrid.

Baca Juga

Dua pemain inilah yang kabarnya akan menggantikan posisi Juan Cuadrado sebagai bek kanan Juventus di bursa transfer Januari 2023 nanti.

Sementara itu, lini tengah akan diisi oleh Manuel Locatelli sebagai gelandang bertahan dibantu dengan pemain muda, Nicolo Faglioli atau Fabio Miretti sebagai gelandang tengah.

Baca Juga

Sementara itu, Sergej Milinkovic-Savic kemungkinan akan dimainkan sebagai playmaker dan bertugas menyalurkan bola dari lini tengah ke depan.

Kondisi ini juga akan membuat Milinkovic-Savic bisa bertukar peran dengan Paul Pogba yang bisa mengisi posisi Nicolo Faglioli dan Fabio Miretti sebagai gelandang tengah dengan peran box to box.

Sementara itu, tiga penyerang di depan akan diisi oleh dua kompatriot Milinkovic-Savic di Juventus, yaitu Filip Kostic dan Dusan Vlahovic di kiri dan tengah, serta Angel Di Maria sebagai sayap kanan.

Baca Juga

2. 3-4-3: Milinkovic-Savic Jadi Double Pivot.

Momen Sergej Milinkovic-Savic lolos dari hadangan dan menendang bola ke gawang Juventus

Formasi lain yang mungkin dapat memaksimalkan peran Sergej Milinkovic-Savic di Juventus kemungkinan adalah 3-4-3 yang jarang digunakan oleh Massimiliano Allegri.

Milinkovic-Savic dalam formasi ini akan bermain sebagai gelandang tengah berpasangan dengan satu pemain lain.

Secara umum, posisi penjaga gawang akan diisi oleh Mattia Perin dan Wojciech Szczesny secara bergantian, mengingat keduanya punya performa yang naik turun di Juventus.

Sedangkan formasi tiga bek akan diisi oleh Gleison Bremer, Leonardo Bonucci, dan Danilo sebagai trio bek yang kini diandalkan oleh pelatih Juventus, Massimiliano Allegri.

Trio bek inipun posisinya tidak berubah dan tidak terlalu banyak diganti dan belum ada pemain lain yang dirumorkan akan merapat.

Baca Juga

Sementara, lini tengah diisi oleh Sergej Milinkovic-Savic dengan beberapa pilihan di lini tengah, seperti Nicolo Faglioli, Fabio Miretti, dan Manuel Locatelli yang bertipe bertahan.

Namun demikian, Juventus bisa mengandalkan Paul Pogba dan Adrien Rabiot sebagai pengatur serangan, sembari membiarkan Sergej Milinkovic-Savic sebagai gelandang penghubung.

Baca Juga

Posisi empat pemain tengah akan dilengkapi Juan Cuadrado atau dua calon bek kanan baru, Rick Karsdorp (AS Roma) dan Alvaro Odriozola (Real Madrid).

Sementara, posisi bek sayap kiri Juventus sementara akan menjadi milik Flip Kostic atau pemain baru di posisi bek kiri.

Tiga penyerang yang dapat mengisi posisi depan Juventus dengan kedatangan Sergej Milinkovic-Savic dari Lazio  adalah Filip Kostic di posisi sayap kiri, Dusan Vlahovic di posisi penyerang, dan Angel Di Maria di posisi sayap kanan.

Baca Juga
JuventusMassimiliano AllegriLazioLiga ItaliaSergej Milinkovic-SavicBerita Liga ItaliaOne Football

Berita Terkini