x

Fikayo Tomori Gemilang di AC Milan, Timnas Inggris Harusnya Tak Bawa Dua Bek Ini di Piala Dunia 2022

Senin, 14 November 2022 18:08 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Isman Fadil
Fikayo Tomori berjalan lesu usai dikartu merah di laga AC Milan vs Chelsea (12/10/22). (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

INDOSPORT.COM – Pemain AC Milan, Fikayo Tomori kembali tampil bagus di Liga Italia pada hari Senin (14/11/22) dini hari. Dua Pemain ini harusnya tak dipanggil Timnas Inggris untuk Piala Dunia 2022.

Seperti diketahui, pemain Inggris, Fikayo Tomori kembali menunjukkan penampilan bagusnya saat turun bersama AC Milan di Liga Italia pada hari Senin (14/11/22) dini hari WIB.

Kali ini, AC Milan mengalahkan tim papan tengah, Fiorentina dengan skor tipis 2-1 dengan gol penentu dari bunuh diri Nikola Milenkovic.

Namun demikian, Fikayo Tomori mampu bermain dengan baik didampingi oleh bek muda, Malick Thiaw yang juga tampil solid di lini belakang Rossoneri.

Kondisi ini sebenarnya menjadi tamparan bagi timnas Inggris mengingat Fikayo Tomori seharusnya diberikan kesempatan berlaga di Piala Dunia.

Baca Juga

Hal ini mengingat kondisi lini belakang The Three Lions yang karut-marut bersama dengan bek-bek arahan Gareth Southgate.

Dalam skuat timnas Inggris di Piala Dunia 2022, sejumlah bek tengah dipanggil untuk mengisi lini belakang, seperti Conor Coady, Eric Dier, dan Harry Maguire yang mengisi posisi bek tengah.

Baca Juga

Selain tiga pemain ini, ada pemain Arsenal, Ben White yang belakangan jadi andalan di posisi bek tengah dan bek kanan.

Dengan penampilan Fikayo Tomori, sebenarnya ada dua pemain yang tak layak masuk ke skuat timnas Inggris di Piala Dunia 2022.

Berikut dua pemain yang seharusnya tak dipanggil Timnas Inggris di Piala Dunia 2022, mengingat penampilan menawan Fikayo Tomori di AC Milan.

Baca Juga

1. Conor Coady

Bek timnas Inggris, Conor Coady saat membela Wolverhampton Wanderers

Dari tiga bek andalan pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate ke Piala Dunia 2022, nama Conor Coady menjadi pemain pertama yang seharusnya tak dipanggil.

Secara statistik, bek Everton ini sebenarnya menjadi salah satu yang terendah dibandingkan Fikayo Tomori yang seharusnya masuk dalam skuat The Three Lions.

Bayangkan saja, soal tekel dan intersep yang menjadi atribut utama seorang pemain belakang, Coady kalah jauh dibandingkan dengan Tomori.

Menurut statistik yang ditulis oleh Whoscored, Coady hanya mencatat 0,5 tekel dan 0,5 intersepsi yang tentu saja jauh jika dibandingkan catatan 2,3 tekel dan 0,8 intersepsi milik Fikayo Tomori dengan pertandingan yang lebih banyaK.

Hanya satu catatan yang membuat Coady lebih unggul, yaitu sapuan yang mencapai 3,6 per pertandingan dibandingkan 2 milik Fikayo Tomori.

Baca Juga

Catatan ini saja sebenarnya tak lebih baik daripada Eric Dier yang kemungkinan akan diandalkan Southgate di Piala Dunia 2022.

Eric Diet mampu mencatat 1 tekel dan 1,2 intersepsi yang merupakan catatan terbaik bek timnas Inggris saat ini.

Baca Juga

Selain itu, dari segi sapuan, Dier mencetak 3,1 yang tentu lebih baik dari catatan Conor Coady bersama klub dengan jumlah pertandingan yang lebih banyak.

Tentu saja, dengan catatan ini, timnas Inggris harusnya tak memanggil Conor Coady dan lebih memilih Fikayo Tomori yang moncer bersama AC Milan.

Selain soal catatan statistik, Tomori memiliki pengalaman bertanding di level klub lebih baik daripada Coady dengan bermain di Liga Champions bersama dengan AC Milan.

Baca Juga

2. Harry Maguire

Harry Maguire, pemain Manchester United. Foto: REUTERS/Peter Powell

Pemain paling disorot ketika timnas Inggris tak memanggil Fikayo Tomori adalah bek Manchester United, Harry Maguire.

Pasalnya, Maguire merupakan pemain yang tampil cukup buruk bersama Manchester United di musim ini.

 Jika dibandingkan dengan Fikayo Tomori, Conor Coady, dan Eric Dier, Maguire memiliki catatan peran dalam bertahan yang cukup rendah.

Secara tekel, Maguire masih lebih baik daripada Coady dengan 0,6, tetapi tak lebih baik dari Eric Dier dan Fikayo Tomori yang mencetak 1 dan 2,3 per pertandingan.

Namun demikian, ada beberapa statistik yang membuat Maguire akhirnya dipanggil ke timnas Inggris, yaitu intersepsi yang lebih unggul daripada Fikayo Tomori, dengan 1,1 per pertandingan.

Baca Juga

Catatan ini sebenarnya hanya kalah daripada Eric Dier dengan 1,2 per pertandingan dan unggul dari Conor Coady.

Maguire sendiri sebenarnya masih pantas dipanggil timnas Inggris dengan statistik tersebut, tetapi kegagalan bermain di posisi inti Manchester United kemudian menjadi pertanyaan.

Baca Juga

Bek 29 tahun ini lebih terlihat sebagai pemain yang melakukan blunder, daripada pemain yang tangguh di lini belakang.

Hal inilah yang membuat Timnas Inggris layak khawatir di Piala Dunia 2022 nanti, mengingat target juara tengah dibebankan.

Kemampuan Fikayo Tomori sebagai pemain yang mendapat juara Liga Italia musim 2021/2022 bersama AC Milan lah yang seharusnya mendapat apresiasi dan bergabung ke skuat timnas Inggris di Piala Dunia 2022.

Baca Juga
AC MilanPiala Dunia 2022Timnas InggrisFikayo TomoriBerita Liga ItaliaTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini