x

Dari Belasan Hingga Puluhan Triliun, 4 Negara dengan Skuad Paling Mahal di Piala Dunia 2022

Rabu, 16 November 2022 13:01 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Berikut adalah empat negara dengan skuad paling di Piala Dunia 2022, salah satunya mencapai Rp20 triliun. REUTERS/Suhaib Salem

INDOSPORT.COM – Berikut adalah empat negara dengan skuad paling di Piala Dunia 2022, salah satunya mencapai Rp20 triliun.

Gelaran sepak bola paling akbar di dunia, yakni Piala Dunia 2022 sebentar lagi akan segera dimulai pada 20 November hingga 18 Desember mendatang.

Qatar didapuk menjadi tuan rumah dari turnamen sepak bola yang berlangsung empat tahun sekali ini. Pada edisi yang ke-22 tahun ini, Piala Dunia juga terbilang mencatatkan rekor tersendiri.

Salah satunya adalah Piala Dunia 2022 tahun ini merupakan pertama kalinya turnamen elite tersebut diselenggarakan di jazirah Arab.

Selain itu, Piala Dunia 2022 ini juga menjadi yang kedua kalinya diselenggarakan di kawasan Asia setelah Korea Selatan dan Jepang pada edisi 2002 silam.

Baca Juga

Total ada 32 negara dari berbagai benua yang sudah memastikan diri mereka lolos ke babak putaran final Piala Dunia 2022 Qatar.

Dari ke-32 negara tersebut, nantinya mereka akan dikelompokkan lagi ke dalam delapan grup yang terdiri dari Grup A hingga Grup H.

Baca Juga

Semakin mendekati bergulirnya kick-off Piala Dunia 2022, setiap negara-negara yang sudah memastikan diri lolos tersebut juga telah menunjukkan persiapannya.

Salah satunya adalah negara-negara tersebut telah mengumumkan para pemainnya yang bakal resmi mengarungi Piala Dunia 2022.

Namun, dari sekian negara yang telah mengumumkan skuadnya ternyata ada negara kontestan yang berstatus skuad termahal di Piala Dunia 2022. Negara mana saja ah itu? Berikut ulasannya melansir dari Transfermarkt.

Baca Juga

1. Deretan Negara Kontestan Piala Dunia 2022 dengan Skuad Termahal

Timnas Portugal. (Foto: REUTERS/Pedro Nunes)

4. Portugal

Negara pertama yang masuk ke dalam daftar skuad termahal Piala Dunia 2022 adalah Portugal. Tim asuhan Fernando Santos dilaporkan mempunyai total skuad yang mencapau 937 juta euro atau setara Rp15 triliun.

Tingginya harga skuad Portugal ditengarai akibat tim berjuluk Selecao das Quinas tersebut masih diperkuat para pemain-pemain bintang, seperti Cristiano Ronaldo.

Akan tetapi, ternyata sang megabintang 37 yang bertindak sebagai kapten tim bukanlah penyebab utama dari mahalnya skuad Timnas Portugal saat ini.

Nama pemain sayap AC Milan, Rafael Leao tercatat sebagai pemain berbanderol tertinggi yang ada di dalam tubuh Portugal saat ini dengan harga mencapai 85 juta Euro atau setara Rp1,36 triliun.

Stok pemain-pemain dengan harga fantastis tidak hanya sampai di situ saja seperti Joao Felix, Joao Cancelo, hingga Ruben Dias, Bernardo Silva, dan bahkan Diogo Costa. Portugal bisa lebih mahal lagi andai Diogo Jota yang cedera bisa dipanggil ke Qatar.

Baca Juga

3. Prancis

Negara dengan skuat termahal selanjutnya adalah Prancis. Sangara asuhan Didider Deschamps tersebut dilaporkan memiliki nilai keseluruhan yang mencapai 1,8 miliar Euro atau setara Rp16,1 triliun.

Mahalnya skuad Timnas Prancis didukung dengan adanya Kylian Mbappe. Sang penyerang milik Paris Saint-Germain itu sendiri saat ini memiliki nilai pasar 160 juta euro (Rp2,56 triliun).

Baca Juga

Tampil di Piala Dunia 2022 tahun ini, Les Bleus akan berusaha untuk mempertahankan gelar mereka sebagai jawara Piala Dunia setelah pada edisi tahun 2018 lalu berhasil menjuarainya.

Pada gelaran sepak bola terakbar di dunia ini, Prancis bakal bergabung bersama dengan Denmark, Tunisia, dan Australia di Grup D.

Namun, menjelang bergulirnya kick-off Piala Dunia 2022, Prancis harus memulangkan salah satu pemainnya Christopher Nkunku yang terkena cedera saat menjalani sesi latihan.

Baca Juga
 

2. The Three Lions Paling Bernilai

Timnas Inggris Piala Dunia 2022. (Foto: Reuters/Carl Recine)

2. Brasil

Bakal mengarungi Piala Dunia 2022 dengan statu sebagai unggulan, total skuad yang dimiliki Brasil dilaporkan mencapai 1,14 miliar euro yang jika dikonversi menjadi Rupiah akan menjadi 17,8 triliun.

Tingginya nilai pasar Brasil ditengarai karena mereka diperkuat nama-nama mentereng seperti Neymar, Gabriel Jesus, Richarlison, hingga Ederson.

Namun, dari semua nama-nama pemain di skuad timnas Brasil, nama Vinicius Junior dilaporkan sebagai aset dengan nilai paling menonjol.

Pemain sayap Real Madrid tersebut memiliki harga pasar yang tinggi dengan mencapai 120 juta euro atau setara Rp1,92 triliun.

Baca Juga

Mahalnya skuad yang dimiliki Brasil setidaknya harus coba dibayar tuntas dengan kemampuan mereka meraih gelar juara Piala Dunia 2022.

1. Inggris

Berstatus negara dengan skuad paling mahal di Piala Dunia 2022 berhasil diraih oleh Timnas Inggris. Harga skuad The Three Lions menembus angka 1,26 miliar euro atau setara Rp20,2 triliun.

Baca Juga

Harga yang sangat tinggi untuk sebuah tim nasional yang mayoritas skuadnya adalah pemain yang bermain di liga domestik.

Pemain Manchester City, Phil Foden merupakan pemain termahal yang ada di dalam skuad Timnas Inggris dengan nilai 110 juta euro atau Rp1,76 triliun.

Sama seperti Brasil, tingginya harga skuad yang diperoleh Timnas Inggris setidaknya harus berbanding lurus dengan prestasi mereka di Piala Dunia 2022, yakni dengan menjadi juara.

Baca Juga
InggrisPrancisPortugalBrasilPiala DuniaQatarPiala Dunia 2022Sepak BolaUpdate Piala Dunia 2022

Berita Terkini