x

Prediksi Peluang Lolos Grup G Piala Dunia 2022: Mampukah Brasil Keluar dari Kepungan Kuda Hitam?

Rabu, 16 November 2022 16:40 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berikut prediksi Piala Dunia 2022 terkait peluang negara yang bakal lolos grup G yang diisi Brasil, Serbia, Swiss, dan Kamerun.

INDOSPORT.COM – Berikut prediksi Piala Dunia 2022 terkait peluang negara yang bakal lolos grup G yang diisi Brasil, Serbia, Swiss, dan Kamerun.

Tinggal hitungan hari saja Piala Dunia 2022 akan segera begulir. Setiap negara peserta pun sudah memulai persiapannya untuk bersaing di event ini.

Dalam menyambut ajang ini, setiap negara sudah memasang target pertama mereka, yakni lolos dari babak grup ajang empat tahunan itu.

Dari 32 negara yang ada, FIFA selaku penyelenggara telah membagi setiap kontestan ke dalam delapan grup di Piala Dunia 2022.

Delapan grup itu pun menghasilkan beberapa kejutan, salah satunya adalah grup G yang dihuni oleh Brasil, Serbia, Swiss, dan Kamerun.

Baca Juga

Sejenak, grup ini terlihat tak sulit ketimbang grup-grup di Piala Dunia 2022 lainnya. Namun, grup ini punya potensi menghadirkan kejutan.

Sebab, tiga di antara empat negara yang ada di grup G punya status sebagai kuda hitam. Hanya Brasil saja yang punya status sebagai kandidat juara.

Baca Juga

Serbia dan Swiss punya status sebagai kuda hitam dari Eropa karena kiprahnya dalam beberapa tahun terakhir. Pun dengan Kamerun yang merupakan tim besar dari Afrika.

Meski banyak yang meyakini Brasil akan lolos dari grup G dengan mudah, namun tiga tim tersebut akan memberikan persaingan ketat demi menggenggam tiket ke 16 besar Piala Dunia 2022.

Melihat fakta tersebut, bagaimana peluang setiap negara di grup G untuk lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022? Berikut prediksinya.

Baca Juga

1. Brasil Punya Peluang Besar

Tim Nasional Brasil ketika menjalani pertandingan persahabatan melawan Ghana di Stade Oceane, Le Havre. REUTERS/Benoit Tessier

1. Brasil

Seperti prediksi banyak pihak, Brasil dijagokan akan melangkah mulus dari grup G dan akan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan status juara grup.

Hal ini tak lepas dari sejarah bahwa Brasil merupakan negara terkuat di Piala Dunia, di mana tim Samba telah memenangkan ajang ini sebanyak lima kali.

Selain itu Brasil datang ke Piala Dunia 2022 dengan status penghuni ranking pertama FIFA. Status ini akan membuat tim Samba kian percaya diri.

Dengan status-status tersebut, Brasil juga didukung sejarah bahwa tim Samba merupakan satu-satunya negara yang tak pernah absen di Piala Dunia dan selalu lolos sebagai pemuncak grup sejak 1982.

Sejarah dan deretan fakta ini dibarengi dengan kualitas pemain Brasil berada di atas rata-rata lawan-lawannya yang ada di grup G.

Baca Juga

2. Swiss

Dengan hadirnya prediksi Brasil yang akan memuncaki grup G, maka satu tiket tersisa akan diperebutkan oleh tiga negara lainnya, yakni Serbia, Swiss, dan Kamerun.

Swiss pun menjadi negara yang diunggulkan untuk bisa meraih tiket ke babak 16 besar menemani Brasil di Piala Dunia 2022 ini.

Baca Juga

Prediksi ini lahir karena fakta di lapangan, di mana Swiss menjadi tim Eropa selain Prancis dan Belgia yang selalu lolos ke fase gugur dalam empat ajang mayor di kancah internasional.

Dengan catatan itu, Swiss punya keahlian untuk bisa keluar dari grup apapun, meskipun grup yang diikutinya adalah grup neraka.

Selain itu, Swiss datang ke Piala Dunia 2022 dengan status mentereng, yakni mendepak Italia di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Baca Juga

2. Serbia dan Kamerun Siap Beri Kejutan

Tim Nasional Serbia ketika menjalani pertandingan UEFA Nations League melawan Swedia di Stadion Rajko Mitic, Belgrade. REUTERS/Marko Djurica

3. Serbia

Swiss pun harus mewaspadai Serbia yang akan menjadi pesaing kuat untuk merebut tiket ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 dari grup G.

Serbia sejatinya tak punya rekor bagus di Piala Dunia. Dalam tiga partisipasinya sebagai negara merdeka, mereka tak pernah lolos dari fase grup ajang ini.

Tapi, Serbia di masa sekarang berbeda dengan masa silam. Sebab, tim ini memiliki daya gedor mumpuni di lini serangnya.

Serbia memiliki Aleksandar Mitrovic yang moncer di Liga Inggris musim ini. Pun dengan Dusan Vlahovic, Luka Jovic, dan Sergej Milinkovic-Savic yang bersinar di Italia.

Dengan lini serang yang menakutkan, Serbia bisa menciptakan gol demi gol di tiga laga grup G untuk mengamankan tiket ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Baca Juga

4. Kamerun

Dibanding tiga negara lainnya di grup G, mungkin Kamerun saja yang diprediksi tak akan lolos dari babak grup dan bahkan bisa menempati posisi juru kunci.

Pasalnya, dibanding tiga negara lainnya Kamerun punya materi pemain yang kalah mentereng ketimbang Brasil, Swiss, dan Serbia.

Baca Juga

Apalagi Kamerun tak punya banyak rekam jejak di Piala Dunia. Pencapaian terbaik Indomidtable Lions sendiri adalah mencapai perempat final pada edisi 1990.

Meski diremehkan, faktanya Kamerun bisa memberikan kejutan kepada peserta grup G. Hal ini lantaran mereka punya catatan gol apik di Piala Afrika 2021 lalu, dengan mencetak 14 gol atau yang terbanyak.

Di sisi lain, Kamerun juga akan diperkuat Eric Maxim Choupo-Moting yang tengah moncer di musim ini, dengan mencetak 11 gol dan 3 assist dari 16 laga.

Baca Juga
KamerunSwissBrasilSerbiaPiala Dunia 2022One FootballTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini