x

Formasi Argentina di Piala Dunia 2022 dengan Thiago Almada dan Angel Correa, Tengah Berubah?

Jumat, 18 November 2022 18:56 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Isman Fadil
Thiago Almada, pemain incaran AC Milan

INDOSPORT.COM – Timnas Argentina tiba-tiba melakukan bongkar pasang jelang Piala Dunia 2022 dengan masuknya Angel Correa dan Thiago Almada. Berikut prediksi formasinya.

Timnas Argentina tiba-tiba melakukan bongkar pasang pemain jelang laga Piala Dunia 2022 dengan memasukkan dua pemain baru.

Nico Gonzalez dari Fiorentina mengalami cedera, sehingga pelatih timnas Argentina harus memanggil pemain baru, yaitu penyerang Atletico Madrid, Angel Correa.

Cedera di timnas Argentina kemudian berlanjut dengan keluarnya Joaquin Correa, penyerang Inter Milan yang kemudian digantikan oleh pemain Atlanta United, Thiago Almada.

Kedua pemain ini kembali masuk di tim Tango setelah masuk dalam daftar 55 pemain susunan pelatih timnas Argentina Lionel Scaloni.

Baca Juga

Namun demikian, Angel Correa dan Thiago Almada sebenarnya jarang dimainkan di timnas Argentina jelang Piala Dunia 2022, lantaran adanya megabintang Lionel Messi.

Kondisi ini membuat timnas Argentina kemungkinan akan menyesuaikan formasi, mengingat dua pemain baru ini memiliki posisi berbeda.

Baca Juga

Thiago Almada adalah seorang gelandang tengah, sementara Angel Correa adalah sayap super cepat yang bisa membuat dimensi permainan Argentina menjadi berbeda.

Tentu saja, Argentina garapan Lionel Scaloni akan menjadi berbeda, mengingat adanya pemain baru yang penting untuk tim dengan tentunya Lionel Messi sebagai poros permainan.

Berikut merupakan analisis kemungkinan formasi timnas Argentina di Piala Dunia 2022 selepas kehadiran Thiago Almada dan Angel Correa.

Baca Juga

1. 4-3-3, Thiago Almada Gelandang Tengah, Angel Correa di Sayap

Pemain Atletico Madrid, Angel Correa saat hendak mencetak gol ke gawang Cultural Leonesa

Formasi yang sangat mungkin digunakan oleh Lionel Scaloni di timnas Argentina adalah 4-3-3 yang selama ini menjadi pola dasar permainan tim.

Lionel Messi tentu akan ada dalam formasi ini, mengingat dialah poros permainan tim Tango saat ini.

Namun demikian, timnas Argentina harus menggunakan formasi baru, mengingat adanya Thiago Almada dan Angel Correa.

Timnas Argentina jelas akan mengandalkan Emiliano Martinez sebagai penjaga gawang, mengingat kiper yang satu ini adalah andalan di bawah mistar.

Kemudian, di formasi empat bek, ada nama Nahuel Molina, Cristian Romero, Lisandro Martinez, dan Nicolas Tagliafico yang selama ini menjadi andalan Lionel Scaloni.

Baca Juga

Timnas Argentina akan memasang Thiago Almada sebagai gelandang tengah dengan dibantu dua pemain, Rodrigo De Paul dan Leandro Paredes yang bertipe lebih bertahan.

Susunan gelandang ini digunakan oleh Tim Tango untuk menciptakan keseimbangan dan bisa menyerang, serta bertahan dengan sama baiknya.

Baca Juga

Lionel Messi akan tampil sebagai sayap kanan yang berarti pemain yang satu ini akan menciptakan serangan dari wilayah tersebut.

Sementara, posisi sayap kiri akan diisi oleh Angel Correa, yang memang bisa bermain dari posisi tersebut untuk membantu timnas Argentina mencipta peluang.

Posisi penyerang tengah timnas Argentina akan diisi oleh Lautaro Martinez yang menjadi satu-satunya penyerang tengah di Piala Dunia 2022 kali ini.

Baca Juga

2. 4-2-3-1, Thiago Almada Gelandang Serang dan Angel Correa Sayap Kanan

Angel Correa (kiri) merayakan golnya di laga Atletico Madrid vs Getafe (13/02/22). (Foto: REUTERS/Javier Barbancho)

Selain ditempatkan di posisi gelandang tengah, Thiago Almada juga piawai ketika ditempatkan di posisi lebih menyerang, tepatnya gelandang serang,

Pasalnya, Thiago Almada mampu mencipta serangan ketika ditempatkan di posisi tersebut dan gelandang serang merupakan posisi natural sang pemain.

Tentu saja, dalam formasi ini, Lionel Messi akan tergeser ke posisi sayap kanan untuk memberikan tempat kepada Almada.

Sementara itu, Angel Correa akan digeser ke sayap kiri untuk melengkapi 3 pemain di belakang penyerang utama.

Sebagai pelengkap, timnas Argentina akan menurunkan kiper Aston Villa, Emiliano Martinez sebagai penjaga gawang utama.

Baca Juga

Untuk posisi empat bek, Argentina bisa menurunkan Nahuel Molina sebagai bek kanan, Lisandro Martinez dan Cristiano Romero sebagai bek tengah, serta Nicolas Tagliafico di sisi kiri,

Posisi double pivot kemungkinan akan diisi oleh beberapa pemain, seperti Alexis MacAllister, Rodrigo De Paul, dan Leandro Paredes sebagai beberapa kandidat.

Baca Juga

Tentu saja, untuk posisi double pivot ini, pelatih timnas Argentina, Lionel Scaloni akan dipusingkan dengan penentuannya, mengingat ada kandidat yang bisa dimainkan di Piala Dunia 2022.

Sementara, posisi sisanya, yaitu penyerang tengah kemungkinan akan diisi oleh Lautaro Martinez sebagai penyerang murni atau Paulo Dybala sebagai false nine.

Formasi seperti ini bisa digunakan Argentina ketika menghadapi fase knock out dan menghadapi tim-tim besar di Piala Dunia 2022.

Baca Juga
ArgentinaLionel MessiAngel CorreaPiala Dunia 2022Lionel ScaloniThiago AlmadaTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini