x

3 Alasan Timnas Inggris Bisa Bantai Mudah Iran di Laga Perdana Piala Dunia 2022

Sabtu, 19 November 2022 13:36 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pertandingan pembuka Grup B Piala Dunia 2022 salah satunya adalah Inggris vs Iran. Foto: Reuters/Carl Recine.

INDOSPORT.COM - Timnas Inggris bakal menghadapi Iran di laga perdana Grup B Piala Dunia 2022. Skuad Gareth Southgate pun berpotensi menang mudah. 

Seperti diketahui, gelaran Piala Dunia 2022 akan segera bergulir pada 20 November mendatang. Para tim peserta juga telah berdatangan ke Qatar untuk menuntaskan persiapan akhir mereka jelang kick-off.

Begitu pula dengan Timnas Inggris, yang dipimpin oleh Gareth Southgate dan sang kapten tim, Harry Kane.

Sementara itu, para anggota WAGs mereka juga turut berdatangan untuk menyemangati para suami dan kekasih masing-masing. Mereka bahkan menyewa hotel di kapal pesiar mewah untuk menginap.

Nampaknya glamor adalah kata yang tepat untuk medeskripsikan Timnas Inggris, baik dari segi materi tim dengan seabrek pemain bintangnya, maupun eksistensi para WAGs yang tidak pernah luput dari perhatian.

Baca Juga

Lantas bagaimana dengan Timnas Iran?

Kontestan Piala Dunia 2022 yang satu ini memang tidak memiliki nama sebesar Timnas Inggris yang berasal dari daratan Benua Biru.

Meski demikian, Iran termasuk tim yang patut diperhitungkan lantaran berada di jajaran 20 besar ranking dunia FIFA.

Baca Juga

Laga dua tim ini pun bisa jadi partai menarik yang sayang dilewatkan pada matchday pertama grup Piala Dunia 2022.

Jelang pertandingan Grup B antara Inggris vs Iran, anak-anak asuh Gareth Southgate pun menjadi tim yang difavoritkan untuk menang.

Lantas faktor-faktor apa saja yang bisa Inggris bisa membantai mudah Iran pada hari Senin tanggal 21 November mendatang?

Baca Juga

1. Materi Pemain

Timnas Inggris untuk Piala Dunia 2022. Foto: REUTERS/Molly Darlington.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa Timnas Inggris memiliki materi pemain yang jauh lebih baik dari Timnas Iran.

Dari ranking FIFA saja, mereka juga unggul 15 peringkat di atas tim besutan Carlos Queiroz tersebut.

Selain itu, meski menuai hasil minus di UEFA Nations League, fakta bahwa The Three Lions adalah finalis Euro 2020 dan semifinalis Piala Dunia 2018 tidak akan berubah.

Kemudian hal lain yang tidak boleh dilupakan adalah catatan gemilang mereka di kualifikasi Piala Dunia 2022.

Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 39 gol berhasil mereka torehkan dan hanya kebobolan sebanyak tiga kali.

Baca Juga

Entah apa yang merasuki Harry Kane dkk saat berlaga di UEFA Nations League beberapa waktu lalu hingga terdegradasi ke Liga B.

Apalagi, Gareth Southgate juga sering bergonta-ganti formasi, membuat timnya tidak punya pakem yang jelas dari segi strategi.

Baca Juga

Jika Timnas Inggris berhasil menemukan strategi yang cocok di Piala Dunia 2022, mereka bakal jadi lawan tangguh di Grup B yang sulit ditaklukkan.

Para pemain mereka juga banyak yang berlaga di Liga Inggris, salah satu kompetisi sepak bola terbaik di dunia.

Pengalaman dan jam terbang di level kompetisi yang lebih tinggi akan membuat The Three Lions unggul nyaris di segala aspek di pertandingan Inggris vs Iran nanti.

Baca Juga

2. Dua Alasan Lainnya

Timnas Inggris untuk Piala Dunia 2022. Foto: REUTERS/Molly Darlington.

Timnas Iran Problematik

Selain soal mater pemain, Timnas Inggris juga bisa memanfaatkan kondisi Timnas Iran di Piala Dunia 2022 yang saat ini sedang problematik.

Iran belakangan memang sempat menjadi topik hangat yang dibicarakan publik sepak bola maupun olahraga dunia.

Pasalnya, Iran beberapa waktu lalu digegerkan dengan protes massal yang dipicu oleh meninggalnya seorang wanita bernama Mahsa Amini.

Ia ditangkap polisi moral lantaran diduga melanggar aturan berpakaian yang berlaku. Namun nahas, Mahsa Amini meninggal dunia saat berada di dalam tahanan.

Belum lagi, ada dugaan Iran turut mendukung invasi Rusia ke Ukraina, yang membuat imej negara ini menjadi buruk di mata publik.

Baca Juga

Bahkan, sampai ada seruan bahwa timnas mereka seharusnya didiskualifikasi dari Piala Dunia 2022, termasuk dari mantan presiden FIFA, Sepp Blatter.

Kini jelang pertandingan Inggris vs Iran, Carlos Queiroz tentu berharap timnya tidak terpengaruh apa pun yang sudah maupun masih terjadi di luar sana. Akan tetapi, The Three Lions mungkin sebaliknya.

Baca Juga

Lionel Messi Iran

Timnas Inggris mungkin patut bernapas lega, walaupun sedikit, lantaran Sardar Azmoun yang disebut-sebut sebagai Messi-nya Iran mengalami cedera.

Pemain Bayer Leverkusen tersebut tetap dibawa Carlos Queiroz terlepas dari kondisinya saat ini yang masih butuh pemulihan.

Absennya Sardar Azmoun ini pun bisa memudahkan Timnas Inggris tampil superior atas Iran, karena salah satu andalan lawan mereka ini tidak turun ke pertandingan.

Baca Juga
IranPiala Dunia 2022Timnas InggrisTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini