x

Beruntungnya Liverpool Punya Ben Doak, Berlian Asal Skotlandia yang Penuh Kilau

Sabtu, 19 November 2022 23:23 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, beruntung memiliki berlian berharga dari Skotlandia yang bernama Ben Doak. Foto: REUTERS/Phil Noble.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, beruntung memiliki berlian berharga dari Skotlandia bernama Ben Doak.

Seperti diketahui, dari masa ke masa, Liverpool sudah menelurkan banyak pemain hebat yang mentas dari akademi mereka.

Salah satunya Ben Doak, yang berpotensi jadi bintang masa depan The Reds apabila terus menunjukkan rapor bagus seiring berkembang menjadi pemain yang lebih dewasa.

Belakangan, nama Ben Doak sempat jadi perbincangan publik sepak bola berkat penampilannya yang apik di level timnas. Ia bersinar bersama Skotlandia U-21 di laga persahabatan kontra Islandia.

Remaja berusia 17 tahun itu mencatatkan assist untuk gol pembuka timnya. Meski begitu, Skotlandia  harus ikhlas kebobolan dua gol dari Kristall Mani Ingason - termasuk satu dari titik penalti.

Baca Juga

Penampilan Ben Doak di pertandingan tersebut pun mendapat ulasan positif dari para penggiat sepak bola.

Bahkan, ia sempat membuat kiper Islandia, Adam Ingi Benediktsson, kewalahan menjaga gawangnya selama pertandingan berlangsung.

Baca Juga

Setidaknya, tiga kali kesempatan Ben Doak dimentahkan begitu saja hingga gagal mencatatkan nama di papan skor.

Liverpool sendiri sudah tertarik cukup lama dengan Ben Doak sejak sang pemain masih menimba ilmu di Celtic. Ia baru mendarat di klub Liga Inggris ini pada Maret 2022.

Untuk mendatangkan berlian berharga ini, Liverpool harus membayar kompensasi ke Celtic sebesar 600 ribu poundsterling (sekitar Rp11 miliar).

Baca Juga

1. Ben Doak Pemain Muda Berkualitas

Liverpool memiliki banyak wonderkid berbakat, salah satunya asal Skotlandia, Ben Doak. Foto: PAUL ELLIS/AFP/Getty Images.

Menurut laporan Rousing the Kop yang dilansir dari The Athletic beberapa waktu lalu, Ben Doak disebut-sebut mengantongi sederet kualitas unggul sebagai pesepak bola.

Salah satunya: ia seorang pelari yang cepat dan energik. Meski tidak terlalu tinggi, tubuhnya terhitung kekar untuk remaja seusianya.

Selain kecepatan, Ben Doak disebut-sebut memiliki kemampuan dribel yang impresif serta keberanian yang tinggi.

Lalu soal skill dan kualitas, ia terbiasa beroperasi sebagai winger dan full back - sosok pemain yang serbabisa.

Sebagai informasi, Ben Doak telah digunakan di berbagai posisi berbeda sepanjang kariernya di dunia sepak bola, bahkan sebagai gelandang serang sekali pun.

Baca Juga

Sebagai informasi, Ben Doak lahir di Dairy, Skotlandia, pada tanggal 11 November 2005. Ia mengawali karier sepak bolanya sejak usia muda di sebuah klub di kampung halamannya.

Kakeknya merupakan mantan pemain bernama Martin Doak yang pernah membela salah satu klub Liga Skotlandia, Greenock Morton FC.

Baca Juga

Singkat kata, Ben Doak yang mewarisi gen sepak bola kakeknya kemudian bergabung dengan akademi Celtic, bermain di tim B, dan melakoni debut pada Desember 2021.

Saat itu, ia bermain di bawah asuhan mantan bek Aberdeen dan Hibernian, Tommy McIntyre.

Debut pertamanya untuk tim senior terjadi pada 29 Januari 2022, saat melawan Dundee United di Liga Primer Skotlandia. 

Baca Juga
 

2. Berlian Berharga Liverpool

Liverpool memiliki banyak wonderkid berbakat, salah satunya asal Skotlandia, Ben Doak. Foto: PAUL ELLIS/AFP/Getty Images.

Sekitar dua bulan kemudian, ia bergabung dengan Liverpool dan menandatangani kontrak profesional pertamanya setelah genap berusia 17 tahun.

Ben Doak dengan segala kualitas yang dimilikinya, adalah berlian berharga yang layak dipertahankan Liverpool demi skuad masa depan mereka. 

Ia bahkan mendapat pujian dari pelatihnya di Timnas Skotlandia U-21, Scot Gemmill atas penampilan yang ditunjukkan saat melawan Islandia tempo hari.

“Kami semua yakin dengan potensi yang dimiliki Ben, tapi dia harus tetap maju dan melakukannya,” ujar Scot Gemill, seperti diwartakan laman Liverpool Echo.

Sayangnya, Ben Doak harus berurusan dengan cedera setelah pertandingan tersebut.

Baca Juga

“Dia kecewa dia tidak mencetak gol dan dia berada di meja perawatan,” tambah mantan gelandang Leicester City dan Nottingham Forest tersebut.

Meski begitu, dengan usianya yang masih sangat muda, Ben Doak diharapkan bisa pulih secepatnya dan kembali main bagus untuk Liverpool.

Baca Juga

Akan tetapi, Liverpool harus pintar-pintar menjaga berliannya ini. Pasalnya, setelah tampil luar biasa untuk Timnas Skotlandia U-21, ia kabarnya menarik minat klub Liga Inggris, Nottingham Forest.

Berdasarkan laporan The Scotsman, Nottingham Forest sedang mencari cara untuk mendatangkan Ben Doak dengan status pinjaman di bursa transfer Januari mendatang.

Tentu saja, Liverpool tidak akan mudah melepas pemain potensialnya ini, bukan? Apalagi, jalannya untuk sampai ke tim senior asuhan Jurgen Klopp juga masih cukup panjang.

Baca Juga

Sumber: Liverpool Echo

LiverpoolSkotlandiaLiga Primer InggrisLiga InggrisWonderkidBerita Liga InggrisOne Football

Berita Terkini