x

Dilarang Qatar, Begini Cara Licik Suporter Selundupkan Alkohol ke Stadion di Piala Dunia 2022

Senin, 21 November 2022 11:35 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Prio Hari Kristanto
Pemain Qatar dan Ekuador berjabat tangan sebelum pertandingan pembuka Piala Dunia 2022, Minggu (20/11/22) malam WIB (REUTERS/Molly Darlington)

INDOSPORT.COM – Larangan meminum alkohol di gelaran Piala Dunia 2022 tak membuat fans kehilangan akal dengan sejumlah cara unik.

Piala Dunia 2022 menjadi salah satu kompetisi yang memiliki banyak peraturan unik di dalamnya, mengingat pelaksanaannya berada di Qatar.

Gelaran yang dilaksanakan di negara timur tengah membuat banyak peraturan baru muncul karena perbedaan budaya yang mencolok dengan negara barat.

Sejak beberapa waktu lalu, atau sebelum gelaran Piala Dunia 2022, pemerintah Qatar sudah membuat berbagai macam larangan yang kemudian memicu kontoversi di negara barat.

Pasalnya, apa yang dilarang di Piala Dunia 2022 Qatar menjadi kebiasaan di negara barat yang sebenarnya lumrah terjadi.

Baca Juga

Pemerintah Qatar dengan tegas melarang para perempuan mengenakan pakaian yang terbuka saat menonton Piala Dunia 2022.

Peraturan ini sebenarnya asing bagi para penonton dari negara barat, maupun amerika latin yang tak jarang mempertontonkan bagian tubuh mereka saat menonton gelaran Piala Dunia.

Baca Juga

Namun demikian, karena Qatar merupakan negara dengan syariat Islam, maka peraturan tak boleh mengenakan pakaian seksi pun diberlakukan.

Selain itu, Qatar sebenarnya juga melarang beberapa hal lain di gelaran Piala Dunia 2022, seperti soal LGBT yang kemudian memicu kontroversi.

Dalam peraturan ini, FIFA bahkan sempat memberikan kebijakan untuk tetap melakukan kampanye dengan mengenakan ban kapten berwarna pelangi.

Baca Juga

1. Penonton Piala Dunia 2022 Selundupkan Alkohol

Bomber Ekuador, Enner Valencia mencetak gol pertama ke gawang Qatar di Piala Dunia 2022 lewat titik penalti (REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Namun demikian, beberapa kapten tim, seperti Hugo Lloris dari timnas Prancis menegaskan akan menghormati Qatar selaku penyelenggara Piala Dunia 2022, dengan tak mengenakan atribut tersebut.

Kejadian unik lainnya justru soal larangan meminum minuman beralkohol yang kemudian membuat banyak penonton kecewa.

Piala Dunia biasanya memang identik dengan minuman beralkohol yang kerap kali dibawa para penonton sebagai teman menonton pertandingan.

Namun demikian, pemerintah Qatar membatasi minuman beralkohol, dengan alasannya lagi-lagi adalah penerapan syariat islam di negara tersebut.

Hal ini pun membuat sponsor Piala Dunia 2022 menyatakan keberatan sehingga melakukan banding pada pemerintah Qatar.

Baca Juga

Namun demikian, ada kebijakan yang menyatakan bahwa minuman beralkohol bisa beredar di pukul 18.00 hingga 01.00 dini hari waktu setempat.

Untuk mengakali peraturan ini, penonton Piala Dunia 2022 melakukan aksi unik, supaya tetap bisa minum minuman beralkohol saat menonton pertandingan.

Baca Juga

Salah satunya dengan cara menyamarkan kaleng minuman beralkohol ini dengan memberikan pelapis bergambar minuman bersoda seperti nampak di akun Twitter @gilabola_ina.

Cara ini pun dianggap unik untuk mengakali peraturan di Piala Dunia 2022, mengingat tidak diperkenankan untuk minum-minuman beralkohol.

Namun demikian, cara ini sejatinya tak patut untuk ditiru, dan seharusnya para penonton bisa menghormati peraturan di Qatar sebagai penyelenggara Piala Dunia 2022.

Baca Juga
QatarPiala Dunia 2022AlkoholUpdate Piala Dunia 2022

Berita Terkini