x

Bedah Starting XI Timnas Inggris di Piala Dunia 2022, Harry Maguire Turun?

Senin, 21 November 2022 10:01 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Prio Hari Kristanto
Berikut perkiraan starting XI timnas Inggris dalam laga perdana di Piala Dunia 2022 pada hari Senin (21/11/22) malam WIB. Foto: Reuters/Jason Cairnduff.

INDOSPORT.COM – Berikut perkiraan starting XI timnas Inggris dalam laga perdana melawan Iran di Piala Dunia 2022 pada hari Senin (21/11/22) malam WIB. Ada Harry Maguire?

Timnas Inggris akan menjalani laga perdana di Piala Dunia 2022 dengan menghadapi tim Asia, Iran pada hari Senin (21/11/22) malam WIB.

Dalam laga yang digelar di Khalifa Stadium nanti, The Three Lions memikul misi wajib menang demi memastikan satu langkah ke babak 16 besar.

Namun demikian, susunan pemain untuk laga Inggris vs Iran nanti belum muncul dan diprediksi ada pemain-pemain inti yang diturunkan.

Berikut bedah Starting XI untuk Timnas Inggris, khususnya dalam laga perdana melawan Iran di gelaran Piala Dunia 2022, juga susunan pemain yang akan diturunkan.

Kemungkinan Formasi

Baca Juga

Dalam praktiknya, Gareth Southgate konsisten menggunakan pola yang sama dalam laga-laga di sebuah turnamen, seperti Piala Dunia 2022.

Namun demikian, dalam laga perdana melawan Iran nanti, Timnas Inggris kemungkinan akan menurunkan pola yang lama, yaitu 4-3-3.

Baca Juga

Formasi inilah yang mengantar The Three Lions menuju final Piala Dunia 2018, dengan susunan pemain yang nyaris saja sama.

Hanya saja, beberapa pemain timnas Inggris kemungkinan belum akan turun dalam laga melawan Iran di Piala Dunia 2022, seperti Kyle Walker dan Trent Alexander-Arnold yang belum fit.

Kendati demikian, Timnas Inggris tetap akan turun dengan pemain-pemain terbaik dalam laga Piala Dunia 2022 melawan Iran, seperti pada uraian berikut.

Baca Juga

1. Kiper

Jordan Pickford saat merayakan kemenangan Timnas Inggris dan mengamankan tempat ketiga UEFA Nations League A. (Foto: TF-Images/Getty Images)

Dalam gelaran Piala Dunia 2022, timnas Inggris membawa tiga kiper hebat Liga Inggris, yaitu Jordan Pickford (Everton), Nick Pope (Newcastle United), dan Aaron Ramsdale (Arsenal).

Memang, belum terlihat siapa yang akan menghuni posisi bawah mistar timnas Inggris, tetapi nama Jordan Pickford kemungkinan akan jadi yang terdepan.

Pickford sendiri sempat menjadi sorotan, karena penampilannya bersama Everton di Liga Inggris tidak spesial jika dibandingkan dua pemain lainnya, yaitu Nick Pope dan Aaron Ramsdale.

Namun demikian, dalam turnamen besar, pemain dengan mental yang terbaiklah yang akan diturunkan dan Jordan Pickford sudah membuktikannya dalam gelaran Piala Dunia 2018 dan Piala Eropa 2022.

Maka, nama Jordan Pickford kemungkinan akan menjadi pilihan utama timnas Inggris dalam pertandingan perdana di grup B Piala Dunia 2022 melawan Iran.

Bek

Baca Juga

Lini belakang timnas Inggris mendapatkan gangguan jelang Piala Dunia 2022 dengan absennya sejumlah pemain, seperti Reece James dan Kyle Walker, serta Trent Alexander-Arnold yang kurang fit.

Kondisi ini tentu membuat pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate harus memutar otak untuk memainkan formasi hanya empat bek dengan komposisi pemain yang tersedia dalam laga melawan Iran.

Baca Juga

Dengan formasi ini, Timnas Inggris tentu akan menurunkan Kieran Trippier sebagai bek kanan, sementara duet Harry Maguire dan John Stones diprediksi akan jadi yang terdepan.

Sementara, bek kiri akan diisi oleh pemain Manchester United, Luke Shaw sebagai satu-satunya opsi terbaik di posisi ini.

Bek: Kieran Trippier (Newcastle United), John Stones (Manchester City), Harry Maguire, Luke Shaw (Manchester United).

Baca Juga

2. Gelandang

Declan Rice saat laga Liga Inggris antara Everton vs West Ham United

Dengan komposisi pemain yang tesedia, timnas Inggris akan menurunkan 3 gelandang, yang menjadi andalan di gelaran Piala Eropa 2020 lalu.

Sebagai poros permainan, Declan Rice akan berada di tengah untuk melapis lini belakang yang kemungkinan rawan blunder dengan hadirnya Harry Maguire di laga ini.

Dalam laga Piala Dunia 2022 melawan Iran, Declan Rice akan didampingi oleh bintang muda, Jude Bellingham yang akan tampil sebagai box to box, dilengkapi oleh Phil Fofen sebagai pengatur serangan.

Komposisi pemain ini tentu membuat timnas Inggris tampil menyerang dan siap menang dalam laga melawan Iran di Piala Dunia 2022.

Gelandang: Jude Bellingham (Borussia Dortmund), Declan Rice (West Ham), Phil Foden (Manchester City)

Penyerang

Baca Juga

Posisi lain yang belum disebutkan adalah penyerang, yang akan jadi ujung tombak timnas Inggris dalam laga melawan Iran di Piala Dunia 2022.

Dalam laga Inggris vs Iran nanti, Gareth Southgate selaku pelatih akan menurunkan Harry Kane sebagai penyerang tengah, yang sekaligus akan jadi kapten tim.

Baca Juga

Sebagai pendamping, timnas Inggris akan menurunkan dua sayap cepat, yaitu Bukayo Saka di sisi kanan dan Raheem Sterling di sisi kiri.

Memang, performa Sterling yang akan disoroti, mengingat penampilannya bersama Chelsea tak bagus-bagus amat di Liga Inggris, sehingga dalam laga Piala Dunia 2022 Inggris vs Iran diharapkan bisa membaik.

Penyerang: Bukayo Saka (Arsenal), Harry Kane (Tottenham Hotspur), Raheem Sterling (Chelsea)

Artikel ini disponsori oleh AICE Official Ice Cream untuk FIFA World Cup Qatar 2022.

Baca Juga
IranPiala Dunia 2022Gareth SouthgateTimnas InggrisHarry MaguireTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini