x

Bersih Kinclong, Potret Ruang Ganti Jepang Usai Libas Jerman di Piala Dunia 2022

Kamis, 24 November 2022 08:38 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Ruang ganti tim nasional Jepang seusai menundukkan Jerman di Piala Dunia 2022 mejadi sorotan dan viral di media sosial.

INDOSPORT.COM – Ruang ganti tim nasional Jepang seusai menundukkan Jerman di Piala Dunia 2022 mejadi sorotan dan viral di media sosial.

Jepang berhasil memberi kejutan di Piala Dunia 2022 saat melakoni partai Grup E melawan Jerman yang digelar pada Rabu (23/11/22) malam WIB.

Tak disangka-sangka skuad besutan Hansi Flick yang menjadi salah satu favorit untuk juara justru takluk 1-2 dari The Blue Samurai.

Jerman sebenarnya lebih dominan saat bermain di Khalifa International Stadium. Mereka bahkan mampu unggul lebih dulu penalti dari Ilkay Gundogan.

Namun Jepang selaku underdog di pertandingan tersebut mampu bangkit berkat serangan balik dan subtitusi jitu yang cukup efektif meredam dominasi Jerman.

Baca Juga

Skuad besutan Hajime Moriyasu mampu membalikkan keadaan lewat setelah Ritsu Doan dan Takuma Asano mencetak gol, masing-masing pada menit ke-75’ dan 83’.

Kemenangan ini mencatatkan sejarah baru bagi Jepang. Untuk pertama kalinya, mereka mampu mengalahkan Jerman yang menyandang status empat kali juara Piala Dunia.

Baca Juga

Jepang tercatat sudah tiga kali bertemu dengan Jerman, di mana mereka menelan dua kali kekalahan dan sekali imbang.

Kemenangan ini tentunya membuat para pemain Jepang larut dalam euforia, baik di atas lapangan maupun di ruang ganti seusai pertandingan.

Namun, euforia tersebut tak lantas membuat Jepang meninggalkan tradisi mereka untuk selalu rapih dan bersih saat meninggalkan ruang ganti.

Baca Juga

1. Skuad Jepang Jaga Kebersihan Ruang Ganti

Kiper Jerman Manuel Neuer terlihat sedih usai timnya kalah dari tim Jepang di Piala Dunia Qatar2022. (Foto: REUTERS/Matthew Childs)

Melansir dari akun Sportbible di Twitter, ruang ganti Jepang terlihat sangat rapi dan bersih. Tidak ada baju-baju yang bergelantungan, dan sampah berserakan.

Selain itu, mereka mengumpulkan bekas wadah makanan dan minuman di satu tempat sehingga akan memudahkan petugas kebersihan stasion saat berberes.

Bukan hanya itu, skuad Jepang juga meninggalkan kenang-kenangan di atas meja berupa origami burung, sebuah seni melipat kertas yang terkenal di Negeri Sakura.

“Jepang meninggalkan ruang ganti mereka tanpa noda setelah kemenangan Piala Dunia yang luar biasa atas Jerman. Brilian!” tulis Sportbible.

Aksi yang dilakukan para pemain Jepang ini ini juga dilakukan oleh para suporter dari negara tersebut yang hadir di Qatar untuk menyaksikan Piala Dunia 2022.

Mereka memutuskan untuk memunguti sampah di Khalifa International Stadium seusai laga panas melawan Jerman semalam.

Baca Juga

Kebiasaan fans Jepang membersihkan sampah seusai pertandingan telah lama menjadi tradisi di kalangan suporter Jepang.

Pertama kali aksi terpuji ini diketahui publik di Piala Dunia 2014 silam. Pada saat itu para pendukung Jepang yang hadir di Brasil terlihat membersihkan sampah sesuai mendukung tim mereka bertanding.

Baca Juga

Aksi bersih-bersih stadion yang dilakukan fans Jepang ini berlanjut di Piala Dunia 2022. Sebelum laga melawan Jerman ini, para pendukung Jepang yang datang di Qatar telah melakukan aksi ini di opening ceremony.

Kemenangan atas Jerman membuat Jepang membuka peluang untuk lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Maya Yoshida dan kawan-kawan saat ini memuncaki klasemen Grup E Piala Dunia 2022.

Selanjutnya, Timnas Jepang akan berhadapan dengan Kosta Rika pada matchday kedua Grup E Piaal Dunia 2022 yang digelar hari Minggu (27/11/22) sore WIB.

Baca Juga
JepangJermanPiala Dunia 2022Update Piala Dunia 2022

Berita Terkini