x

Jadi Target Ten Hag, Begini Formasi Manchester United Jika Rafael Leao Datang dari AC Milan

Senin, 28 November 2022 17:50 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Isman Fadil
Aksi Rafael Leao di laga pekan ke-15 Liga Italia antara AC Milan vs Fiorentina REUTERS/Daniele Mascolo

INDOSPORT.COM -  Raksasa Liga Inggris, Manchester United disebut menjadi peminat terbaru penyerang AC Milan, Rafael Leao. Berikut prakiraan formasinya.

Raksasa Liga Inggris, Manchester United disebut-sebut  menjadi peminat baru penyerang AC Milan, Rafael Leao.

Pasalnya, pelatih Manchester United, Erik ten Hag disebut-sebut akan memperkuat tim dengan beberapa pemain baru.

Hal ini dilakukan untuk memperbaiki posisi The Red Devils di klasemen Liga Inggris, yang belakangan tertahan di peringkat kelima.

Sebelumnya Rafael Leao  memang menjadi target banyak klub usai penampilan menawannya bersama dengan AC Milan.

Baca Juga

Ada beberapa klub yang disebut akan mendatangkan Rafael Leao, yaitu Real Madrid dan Chelsea yang mencari penyerang baru.

Namun demikian, belakangan Manchester United jadi peminat baru Rafael Leao yang belakangan melonjak harganya hingga 150 juta euro.

Baca Juga

Pasalnya, Manchester United tidak memiliki penyerang yang mumpuni, usai hengkangnya Cristiano Ronaldo secara gratis.

Tentu saja, dengan hadirnya Rafael Leao, Manchester United bisa saja mengubah formasi untuk menyesuaikan gaya bermain tim.

Berikut merupakan formasi yang kemungkinan akan digunakan klub Liga Inggris, Manchester United jika Rafael Leao datang dari AC Milan.

Baca Juga

1. Posisi Rafael Leao

Aksi Rafael Leao di laga pekan ke-15 Liga Italia antara AC Milan vs Fiorentina REUTERS/Daniele Mascolo

Posisi Rafael Leao di AC Milan adalah sayap kiri, mengingat hanya satu posisi tersebut yang kerap kali dipasang oleh Stefano Pioli.

Pasalnya, pelatih AC Milan, Stefano Pioli kerap kali menggunakan formasi yang statis dan tidak pernah mengganti posisi Leao.

Hal ini menyebabkan Rafael Leao hanya bermain di posisi sayap kiri dan tidak pernah dicoba ke posisi yang baru.

Sementara, kebutuhan Manchester United adalah penyerang tengah yang seharusnya bisa diisi dengan hadirnya pemain timnas Portugal tersebut.

Tentu saja, ada variasi yang dapat dilakukan oleh Manchester United demi memaksimalkan Rafael Leao sesuai kebutuhan taktik Erik ten Hag.

Formasi Manchester United

Baca Juga

Formasi yang kerap digunakan oleh Manchester United adalah 4-3-3 dan 4-2-3-1 yang kerap kali digunakan oleh Erik ten Hag sebagai pola permainan utama.

Namun demikian, Manchester United bisa tetap mempertahankan formasi ini, mengingat Erik ten Hag akan mempertahankan pola tersebut.

Baca Juga

The Red Devils akan memasang Rafael Leao di beberapa posisi, mengingat komposisi penyerang yang dimiliki.

Sementara, Manchester United masih memiliki Marcus Rashford, Anthony Martial, Antony, dan Anthony Elanga yang bisa dipasang di posisi penyerang dan pemain sayap.

Tentu saja adanya Rafael Leao dari AC Milan akan memperkuat lini depan Manchester United yang belakangan memburuk.

Baca Juga

2. Formasi Manchester United Bersama Rafael Leao

Aksi Rafael Leao di laga pekan ke-15 Liga Italia antara AC Milan vs Fiorentina REUTERS/Daniele Mascolo

4-3-3

Jika menggunakan formasi 4-3-3, Manchester United bisa menempatkan Rafael Leao di sayap kiri, dengan catatan Anthony Martial sebagai penyerang tengah dalam kondisi fit.

Dengan kondisi ini, maka Marcus Rashford akan duduk di bangku cadangan, sementara Antony akan diunggulkan daripada Jadon Sancho di sayap kanan.

Namun demikian, Rafael Leao bisa saja ditempatkan di posisi penyerang tengah dengan Marcus Rashford akan mengisi posisi penyerang sayap kiri.

Hal ini akan membuat Manchester United menyerang dengan cepat, karena menggunakan tipe penyerang tanpa target man.

Marcus Rashford yang akan bermain di sayap kiri bisa difungsikan sebagai target man yang mampu menanduk bola umpan silang pemain Manchester United

4-2-3-1

Baca Juga

Manchester United bisa menggunakan pola 4-2-3-1 yang kerap jadi andalan sang pelatih, Erik ten Hag dalam beberapa waktu belakangan.

Penampilan The Red Devils akan membaik jika mereka mendapatkan Rafael Leao yang dapat dimainkan sebagai penyerang tengah.

Baca Juga

Untuk formasi ini, Manchester United bisa menurunkan Bruno Fernandes sebagai gelandang serang yang akan membantu suplai bola.

Sementara, Marcus Rashford akan diturunkan di sayap kiri dan Antony akan jadi andalan di sayap kanan untuk bergerak dan menyuplai umpan silang.

Kondisi ini akan membuat Rafael Leao bisa berkonsentrasi mencetak gol sebagai rekrutan baru Manchester United

Baca Juga
Manchester UnitedAC MilanLiga Primer InggrisLiga InggrisRafael LeaoBerita Liga Inggris

Berita Terkini