x

Naik Daun Bersama Timnas Maroko, Sofyan Amrabat Cocok Merapat ke Liverpool?

Jumat, 9 Desember 2022 18:38 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Sofyan Amrabat (kiri) sedang naik daun di Piala Dunia 2022 dan kini dikaitkan dengan Liverpool. Foto: REUTERS-Carl Recine.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, dikaitkan dengan pemain Timnas Maroko yang tengah naik daun, Sofyan Amrabat.

Seperti diketahui, Timnas Maroko jadi perbincangan hangat di Piala Dunia 2022 setelah menendang Spanyol dari kompetisi.

Dengan dramatis, mereka menggondol tiket ke 16 besar setelah menang adu penalti 3-0 dari Timnas Spanyol.

Menyusul keberhasilan tersebut, tidak ayal publik pun dibuat penasaran dengan profil para pemain di skuad berjuluk Singa Atlas ini.

Nama Sofyan Amrabat pun tidak luput dari sorotan. Gelandang berusia 26 ini sekarang bermain untuk klub Liga Italia, Fiorentina.

Baca Juga

Meski bermain untuk Maroko, ia lahir di Belanda dan pernah berseragam si oranye di level U-15 dan baru berganti kostum pada tahun 2013.

Berdasarkan laporan Corriere dello Sport, Sofyan Amrabat dikaitkan dengan Liverpool yang saat ini sedang cukup sibuk mencari tambahan gelandang.

Baca Juga

Pasalnya, sejumlah stok mereka seperti James Milner, Alex Oxlade-Chamberlain, dan Naby Keita akan segera habis kontrak pada musim panas tahun depan.

Lalu ada pula para gelandang kawak yakni Jordan Henderson dan Thiago Alcantara yang dari segi usia sudah makin menua.

Lantas, apakah Sofyan Amrabat, pemuda kelahiran Huizen ini cocok mendarat di skuad Jurgen Klopp? 

Baca Juga

1. Sedang Naik Daun Bersama Timnas Maroko

Sofyan Amrabat (kiri) sedang naik daun di Piala Dunia 2022 dan kini dikaitkan dengan Liverpool. Foto: REUTERS-Carl Recine.

Sebagai pemain yang bermain di klub papan tengah Liga Italia, Sofyan Amrabat mungkin memimpikan panggung Liga Champions - panggung yang tidak dapat dihadirkan Fiorentina musim ini.

Ya, Liverpool adalah destinasi yang menggiurkan jika ia ingin merasakan permainan Liga Champions, yang musim ini sudah memasuki fase 16 besar.

Bahkan bukan tidak mungkin, Liverpool bakal bertahan di kompetisi kasta tertinggi klub-klub Eropa itu musim depan.

Meski saat ini bertengger di peringkat enam Liga Inggris 2022-2023, Jurgen Klopp punya tangan dingin yang bisa menaikkan derajat Liverpool di sisa musim ini.

Di sisi lain, nampaknya bakal sulit bagi Fiorentina untuk mencapai posisi empat besar lantaran harus bersaing dengan tim-tim seperti AC Milan, Napoli, Inter, Juventus, Lazio, bahkan Atalanta.

Baca Juga

Pindah ke Liverpool, Sofyan Amrabat pun kemungkinan besar akan mendapat kenaikan gaji, dan tidak lupa, nama yang lebih mentereng.

Rapornya bersama Maroko di Piala Dunia 2022 pun sudah cukup membuatnya layak diperebutkan di bursa transfer.

Baca Juga

Ia mendapat banyak ulasan positif dari para penggiat dan pandit sepak bola, terutama setelah membantu timnya mengalahkan Spanyol di 16 besar.

Berdasarkan data WhoScored, ia mencatatkan rata-rata 2,5 tekel; 1,5 intersep, dan 41,3 operan per laga sepanjang turnamen.

Apabila ia berhasil membawa Maroko ke semifinal, bukan tidak mungkin kepindahan dari Fiorentina untuk ‘naik kelas’ nantinya benar-benar terwujud di bursa transfer Januari.

Baca Juga
 

2. Sofyan Amrabat ke Liverpool? Nanti Dulu!

Sofyan Amrabat (kiri) sedang naik daun di Piala Dunia 2022 dan kini dikaitkan dengan Liverpool. Foto: REUTERS-Carl Recine.

Meski Liverpool bisa membawa perubahan signifikan dalam karier Sofyan Amrabat, bukan berarti ia 100 persen cocok merapat ke skuad Jurgen Klopp.

Pasalnya, Liverpool saat ini memiliki Fabio Carvalho dan Harvey Elliott yang potensinya masih harus digali lebih dalam.

Fabio Carvalho, masih kuat di ingatan, adalah pemain yang sangat diidam-idamkan Liverpool hingga akhirnya mendarat pada Juli lalu.

Sementara Harvey Elliott adalah calon bintang masa depan yang tidak kalah potensial. Ia bahkan jadi andalan Jurgen Klopp untuk mengarungi musim 2022-2023.

Ia selalu dipercaya tampil di setiap pertandingan The Reds, mencetak gol pertama di Liga Inggris dan Liga Champions musim ini, dan memenangkan penghargaan pemain terbaik klub untuk bulan Agustus.

Baca Juga

Tidak tanggung-tanggung, Harvey Elliott juga tidak keberatan jika harus menghabiskan sisa kariernya di Liverpool.

Dengan potensi yang dimiliki gelandang berusia 19 tahun tersebut, beserta sang rekan yakni Fabio Carvalho, mendatangkan Sofyan Amrabat dalam waktu dekat nampaknya bakal sulit bagi Liverpool.

Baca Juga

Jurgen Klopp bisa memilih mengembangkan bakat keduanya alih-alih mendatangkan bintang Maroko tersebut, terlepas skill-nya yang sangat menawan dan mengundang decak kagum di Piala Dunia 2022.

Hanya saja, melakukan evaluasi terlebih dahulu terhadap Sofyan Amrabat bukan hal yang buruk bagi Liverpool.

Mereka bisa mengambil keputusan setelah menimbang apakah pemain bintang Piala Dunia 2022 itu mungkin didatangkan atau tidak di bursa transfer mendatang.

Baca Juga

Sumber: givemesport.com

LiverpoolMarokoLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita Liga InggrisOne FootballSofyan Amrabat

Berita Terkini