x

Profil Josip Juranovic, Bek Menarik Piala Dunia 2022 yang Bisa Merapat ke Manchester United

Jumat, 16 Desember 2022 10:32 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pemain Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022, Josip Juranovic. Foto: REUTERS/Dylan Martinez.

INDOSPORT.COM - Bek Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022, Josip Juranovic, belakangan cukup santer dikaitkan dengan Manchester United di bursa transfer.

Laporan dari Daily Mail menyebut, pemain yang satu ini telah menarik minat Manchester United yang kemudian ingin membawanya saat musim panas 2023 nanti.

Ketertarikan terhadap Josip Juranovic ini muncul menyusul kabar akan dilepasnya Aaron Wan-Bissaka saat bursa transfer musim dingin mendatang.

Apabila Aaron Wan-Bissaka angkat kaki, persaingan di sektor bek kanan pun bisa menjadi milik Diogo Dalot dan Josip Juranovic nantinya.

Josip Juranovic, kabarnya berhasil menarik hati Erik ten Hag selama berpartisipasi di Piala Dunia 2022 di Qatar.

Baca Juga

Terlebih, Timnas Kroasia sempat tampil menggebark usai menumbangkan Brasil di perempat final - meski akhirnya gagal melaju lebih jauh lagi hingga partai puncak.

Sebelumnya, Josip Juranovic sempat buka suara soal berbagai rumor yang mengaitkannya dengan sejumlah klub papan atas di bursa transfer.

Baca Juga

Pemain Celtic tersebut mengaku tidak tertarik lantaran ingin fokus dengan Timnas Kroasia yang saat itu baru lolos ke semifinal Piala Dunia 2022.

“Saya telah meminta agen saya untuk tidak mengirim [kabar] apa pun, karena saya tidak tertarik,” ucapnya seperti pernah diwartakan The Sun.

Namun kini setelah Timnas Kroasia gagal ke final dan akan bertarung untuk perebutan tempat ketiga, akankah Josip Juranovic mulai memikirkan tawaran-tawaran yang datang kepadanya, termasuk dari Manchester United?

Baca Juga

1. Dikaitkan dengan Manchester United, Sukses di Celtic

Pemain Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022, Josip Juranovic. Foto: REUTERS/Dylan Martinez.

Josip Juranovic saat ini berstatus pemain Celtic yang mendarat di klub ini pada tahun 2021 lalu. Saat itu, ia mendarat dari klub Polandia, Legia Warsaw, dengan nilai transfer 2,5 juta poundsterling.

Bersama The Hoops, bek kanan yang kini berusia 27 tahun ini sudah merasakan gelar Liga Skotlandia 2021-2022 dan membantu timnya bertengger di puncak klasemen musim 2022-2023.

Ya, sampai tulisan ini dibuat, Celtic memang masih menguasai puncak klasemen Liga Skotlandia atau Scottish Premier League 2022-2023 dengan 42 poin.

Mereka unggul lumayan jauh dari sang rival, Rangers, yang berada di peringkat 2 dan telah melakoni satu pertandingan lebih banyak.

Tidak ayal, pencapaian Celtic pada 2022-2023 sejauh ini pun menambah nilai positif dalam rapor Josip Juranovic.

Baca Juga

Selain itu, sang pemain juga memenangkan Piala Liga Skotlandia musim lalu setelah menekuk tipis wakil Edinburgh, Hibernian, dengan skor 2-1.

Selama bersergam The Hoops, Josip Juranovic telah mencatatkan 50 penampilan dan mencetak enam gol meski berposisi sebagai bek.

Baca Juga

Menurut laporan Daily Star, untuk mendatangkan pemain kelahiran Zagreb ini, Manchester United mungkin harus menyiapkan dana 17 juta poundsterling atau sekitar Rp283 miliar.

Pasalnya, Josip Juranovic diberi kontrak berdurasi lima tahun saat pertama bergabung dengan Celtic pada 2021. Kesepakatan itu pun mengikatnya sampai Juni 2026.

Selain Manchester United, Barcelona kabarnya juga tertarik pada bek Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022 ini sebagai salah satu alternatif jika gagal memboyong Diogo Dalot.

Baca Juga
 

2. Sepak Terjang dan Perjalanan Karier Menuju Celtic

Pemain Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022, Josip Juranovic. Foto: REUTERS/Dylan Martinez.

Walaupun Timnas Kroasia gagal melaju ke final Piala Dunia 2022, eksistensi dan sepak terjang Josip Juranovic tidak ikut hilang ditelan bumi.

Kehebatannya masih tertangkap mata publik, bahkan membuat matan pemain Manchester United, Gary Neville, tidak tahan untuk tidak berkomentar.

“Benar-benar brilian. Juranovic luar biasa saat maju ke depan, menunjukkan bahwa ia adalah seorang full-back modern,” ujarnya kepada ITV.

“Ia tidak hanya memberi servis untuk serangan, tetapi juga berkontribusi di dalamnya. Dia ‘hidup’ dan esksis sepanjang turnamen (Piala Dunia 2022) untuk sisi kanan Timnas Kroasia,” tambah Gary Neville lagi.

Saat bermain ke depan, Josip Juranovic lebih suka mengumpan bola dari area yang lebih dalam. Ia juga memiliki kelincahan dan kecepatan saat harus mengejar pemain di lapangan.

Baca Juga

Sekilas Perjalanan Karier hingga ke Celtic

Jauh sebelum bergabung dengan Celtic, Josip Juranovic mengawali kariernya bersama klub papan bawah Kroasia, Dubrava.

Ia sempat dikirim ke NK Croatia Sesvete selama dua bulan sebelum melakukan debut senior bersama Dubrava di kasta ketiga sepak bola Kroasia pada musim 2012-2013.

Baca Juga

Sepak terjang Josip Juranovic yang makin menanjak kemudian menarik minat HNK Hajduk Split yang tidak butuh waktu lama untuk mempromosikannya dari tim B ke tim utama.

Ia lalu hengkang dari HNK Hajduk Split ke Legia Warsawa, dan mendarat di Celtic usai memenangkan Ekstraklasa Liga Polandia 2020-2021.

Kini setelah penampilannya yang cukup mencolok bersama Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022, Josip Juranovic berpeluang merantau lagi. Kali ini ke Inggris bersama Manchester United.

Baca Juga

Sumber: Daily Mail, The Sun

Manchester UnitedKroasiaPiala DuniaPiala Dunia 2022One FootballProfil Piala Dunia 2022

Berita Terkini