x

Prediksi Line-up Argentina vs Prancis di Final Piala Dunia 2022, Perubahan Besar Tercipta!

Minggu, 18 Desember 2022 17:38 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Prediksi pertandingan antara Argentina vs Prancis (Final Piala Dunia Qatar 2022).

INDOSPORT.COM – Menerka susunan pemain yang akan tersaji di final Piala Dunia 2022 Argentina vs Prancis. Bagaimana dengan Starting Line Up yang akan ditampilkan kedua tim?

Final Piala Dunia 2022 sudah berada di depan mata. Dua negara besar yakni Argentina dan Prancis akan saling bertarung memperebutkan trofi Jules Rimet, sebutan trofi Piala Dunia.

Duel Argentina vs Prancis ini sendiri akan tersaji di Lusail Stadium, Qatar. Total 80 ribu pasang mata akan memadati stadion terbesar di ajang ini, Minggu (18/12/22) pukul 22.00 WIB.

Dalam perjalanannya ke final, Argentina mampu mengalahkan Kroasia dengan skor 3-0 di babak semifinal, Rabu (14/12/22) lalu.

Sedangkan Prancis juga berhasil menundukkan tim kuda hitam, Maroko, dengan skor 2-0 di babak empat besar, Kamis (15/12/22).

Baca Juga

Dalam menatap laga final Piala Dunia 2022 ini, baik Argentina dan Prancis sama-sama ingin mengakhirinya dengan gelar juara.

Argentina ingin merengkuh gelar pertamanya sejak 36 tahun lalu, atau sejak terakhir kali menjuarai Piala Dunia pada tahun 1986 silam.

Baca Juga

Sedangkan Prancis ingin menyamai kiprah Brasil di final kali ini sebagai negara yang menjuarai Piala Dunia secara Back to Back usai merengkuhnya pada 2018 lalu.

Karena punya ambisi menjadi juara, baik Argentina dan Prancis diyakini akan menurunkan skuad terbaiknya sejak menit pertama pertandingan.

Dengan materi bintang yang dimilki keduanya, bagaimana perkiraan Starting Line Up yang akan dimainkan di final Piala Dunia 2022 Argentina vs Prancis?

Baca Juga

1. Argentina Gunakan Formasi 3 Bek?

Selebrasi para pemain Timnas Argentina di Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Carl Recine).

Menghadapi laga hidup mati kontra Prancis, Lionel Scaloni selaku pelatih Argentina akan memilih bermain aman untuk menghadang lawannya.

Mengetahui Prancis bermain melebar untuk mengancam pertahanan, besar kemungkinan pelatih berusia 44 tahun itu akan menggunakan formasi tiga bek.

Formasi tiga bek bukanlah hal yang asing bagi Scaloni. Hal ini terbukti pada laga kontra Belanda di babak perempatfinal Piala Dunia 2022.

Saat itu, Scaloni menggunakan formasi 3-5-2, di mana tiga bek ini akan berubah menjadi lima bek, guna melawan permainan ekplosif Belanda yang mengandalkan Wing Back-nya.

Mengingat Belanda dan Prancis punya kesamaan dengan mengandalkan lebar lapangan dan memanfaatkan winger-winger cepatnya, formasi ini pun kemungkinan akan dimainkan oleh Scaloni.

Baca Juga

Dengan formasi 3-5-2, tiga bek yang akan digunakan Scaloni adalah Cristian Romero, Lisandro Martinez, dan bek kawakan Nicolas Otamendi.

Tiga bek ini akan dipagari oleh Enzo Fernandez, Rodrigo De Paul, dan Alexis Mac Allister, serta diapit dua Wing Back yakni Nahuel Molina di kanan dan Marcos Acuna di kiri untuk naik turun lapangan.

Baca Juga

Sedangkan lini serang akan diisi duet Lionel Messi dan Julian Alvarez yang telah mengoleksi total sembilan gol sepanjang Piala Dunia 2022 ini.

Dengan taktik itu, kurang lebih begini susunan pemain yang akan digunakan Argentina di laga final Piala Dunia 2022 kontra Prancis:

Prediksi susunan pemain Timnas Argentina di final Piala Dunia 2022 kontra Prancis. (Foto: createformation)
Baca Juga

2. Rotasi Bikin Prancis Adopsi False 9?

Selebrasi para pemain Timnas Prancis di Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Matthew Childs).

Prancis tampaknya tak akan membuat banyak perubahan dalam formasinya, meski Didier Deschamps selaku pelatih diharuskan merotasi pemainnya.

Rotasi ini dilakukan karena sebagian pemain Prancis mengalami flu jelang final Piala Dunia 2022. Sehingga, pemain yang fit akan dimasukkan.

Salah satu rotasinya yang akan terlihat adalah di sektor depan, yakni Marcus Thuram yang akan menggantikan Olivier Giroud.

Giroud yang telah mengoleksi empat gol di Piala Dunia 2022 ini, harus dicadangkan karena kondisi fisiknya akibat flu, sesuai laporan yang beredar belakangan ini.

Meski jadi pengganti Giroud, Marcus Thuram tak akan menempati posisi nomor 9 begitu saja. Besar kemungkinan Deschamps akan memainkannya sebagai winger kiri.

Baca Juga

Lalu pemain nomor 9 yang biasa ditempati Giroud akan digantikan oleh Kylian Mbappe. Ditempatkannya sang megabintang sebagai penyerang tengah memungkinkan Deschamps memainkan taktik False 9.

Mbappe akan diberi kebebasan untuk menjelajah Final Third dan menjadi penarik lawan untuk memberikan ruang bagi Ousmane Dembele, Marcus Thuram, dan Antoine Griezmann mencetak gol.

Baca Juga

Dengan formasi ini, tugas Griezmann pun akan bertambah. Selain menciptakan peluang dan membantu pertahanan, ia juga harus bisa menjadi penyerang lubang yang menciptakan gol.

Dengan taktik ini, kurang lebih begini susunan pemain yang akan digunakan Prancis di laga final Piala Dunia 2022 kontra Argentina:

Prediksi susunan pemain Timnas Prancis di final Piala Dunia 2022 kontra Argentina. (Foto: createformation)
Baca Juga
ArgentinaPiala DuniaDidier DeschampsPiala Dunia 2022Tim Nasional PrancisUlasan TaktikLionel ScaloniOne Football

Berita Terkini