x

Diperebutkan Man United, Bayern Munchen, dan Inter Milan, Mana Klub yang Cocok untuk Yann Sommer?

Kamis, 22 Desember 2022 18:41 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
YYann Sommer dikabarkan menjadi bahan rebutan bagi Manchester United, Bayern Munchen, dan Inter Milan pada bursa transfer musim dingin juga panas. (Foto: TF-Images/Getty Images)

INDOSPORT.COM - Yann Sommer dikabarkan menjadi bahan rebutan bagi Manchester United, Bayern Munchen, dan Inter Milan pada bursa transfer musim dingin juga panas.

Kiper berusia 34 tahun itu memang pantas masuk dalam radar banyak klub besar mengingat ia adalah salah satu pemain top Eropa di posisinya.

Kemampuan Sommer di bawah mistar kemungkinan besar kerap luput dari perhatian publik karena ia hanya memperkuat Borussia Monchengladbach yang notabene bukan kesebelasan raksasa.

Namun Sommer adalah penjaga gawang utama di negaranya, Swiss, dengan 80 caps dalam dua dekade terakhir.

Sejak datang ke Liga Jerman dari FC Basel menuju Gladbach pada 2014 silam, ia dianggap sebagai salah satu bintang top.

Baca Juga

Itu karena Yann Sommer bisa membawa Borussia Monchengladbach tiga kali finis di empat besar. Ia juga memegang rekor sebagai kiper dengan jumlah penyelamatan terbanyak (19) dalam satu laga liga Jerman.

Meski statusnya belum bisa disejajarkan dengan legenda-legenda Die Fohlen seperti Jupp Heynckes atau Allan Simonsen, namun tidak dapat diragukan lagi jika ia adalah salah satu pemain paling berpengaruh di Borussia-Park era modern.

Baca Juga

Maka dari itu Sommer perlu berhati-hati dalam memilih pelabuhan selanjutnya jika benar tidak ingin memperpanjang kontrak dengan Gladbach yang akan habis pada akhir 2022/2023.

Bila kariernya masih panjang, mungkin ia dapat bermain hingga enam tahun lagi dan tentunya siapapun tidak akan mau merasakan enam tahun yang sia-sia dalam sepakbola.

Berikut ini kami jabarkan alasan apa yang membuat Yann Sommer cocok atau bahkan pantas menolak tawaran bergabung dari Manchester United, Bayern Munchen, atau Inter Milan.

Baca Juga

1. Bisa Digusur Neuer di Bayern

Kiper Swiss, Yann Sommer

1. Bayern Munchen

Opsi terbaik menurut kami bagi Yann Sommer setelah meninggalkan Borussia Monchengladbach mungkin adalah Bayern Munchen.

Bertahun-tahun berkarier di Jerman namun tidak pernah menjadi juara kompetisi apapun tentunya menyakitkan bagi Sommer dan masalah itu bisa dihapus dengan bergabung bersama Die Roten.

Bayern saat ini tengah mencari kiper baru untuk menggantikan Manuel Neuer yang mengalami cedera tangan yang tidak mengizinkannya kembali sebelum 2022/2023 berakhir.

Memang saat ini masih ada kandidat lain yang tengah diseleksi seperti Emi Martinez, Keylor Navas, Dominik Livakovic, Yasssine Bounou, hingga Alexander Nubel namun Sommer dipertimbangkan dengan serius.

Sommer tidak perlu beradaptasi dengan lingkungan baru terlalu keras meski jelas ada perbedaan antara Bayern dan Gladbach namun kompetisinya jelas sama.

Baca Juga

Di Allianz Arena, Sommer juga bisa merasakan kompetisi elite seperti Liga Champions lebih sering dan bahkan berkesempatan besar menjadi juara.

Nilai minus dengan menerima pinangan Bayern Munchen adalah tidak ada garansi posisinya akan digeser oleh Neuer setelah pulih nanti.

Baca Juga

Neuer adalah anak emas di klub tersebut dan menjabat sebagai kapten sehingga sepertinya sulit untuk tetap menjaga pos 'nomor 1' bagi siapapun yang menjadi pelaksana tugasnya setelah ini.

2. Manchester United

Kendati sudah memiliki David de Gea namun Manchester United masih ingin menambahkan Yann Sommer ke divisi kiper mereka.

Oleh manajer Erik ten Hag, De Gea dianggap bagus namun tidak cukup spesial untuk bisa menjadi shot stoper utama bagi The Red Devils.

Baca Juga

2. Minati Liga Inggris

Yann Sommer

Juru taktik asal Belanda tersebut ingin punya penjaga gawang yang tidak hanya piawai dalam menggagalkan peluang lawan namun juga membantu build up serangan.

Sommer diklaim lebih baik dalam hal tadi dan tawaran pun sudah sempat dilayangkan pada Borussia Monchengladbach pada bursa transfer musim panas lalu.

Sayang proposal itu ditolak karena terlalu murah. Sang pemain pun juga enggan angkat koper ke Old Trafford karena belum ada jaminan menjadi pemain reguler di sana.

Walau demikian Sommer rumornya masih menyimpan mimpi untuk merumput di Liga Inggris meski tidak lagi muda.

Kebetulan dalam tempo enam bulan lagi De Gea akan menjadi free agent dan tidak akan United beri perpanjangan kontrak andai tidak mau menurunkan gaji.

Baca Juga

Kesempatan itu bisa dimanfaatkan oleh Yann Sommer untuk akhirnya resmi berbaju Manchester United.

3. Inter Milan

Ketimbang Bayern Munchen atau Manchester United, Inter Milan sepertinya yang paling sabar dalam rencana mereka mendapatkan Yann Sommer.

Baca Juga

La Beneamata hanya mau mengkontrak sang kiper secara cuma-cuma alias menutup ospi pembelian pada bursa transfer musim dingin nanti.

Giuseppe Meazza memang tidak sedang dalam situasi darurat penjaga gawang mengingat Andre Onana baru menjalani musim debutnya usai direkrut dari Ajax Amsterdam awal 2022/2023 ini.

Begitu juga Samir Handanovic yang masih setia bersama Inter Milan kendati kian mendekati usia kepala empat.

Yann Sommer akan cocok di sini mengingat status kiper utama bisa ia dapatkan relatif lebih muda tanpa terhalang suatu kondisi layaknya di Manchester United atau Bayern Munchen.

Baca Juga
Manchester UnitedBayern MunchenInter MilanBorussia MonchengladbachYann Sommer

Berita Terkini