x

Catatan Elkan Baggott usai Gillingham FC Kalah dan Terbenam di Dasar Klasemen: Tetap Oke!

Selasa, 27 Desember 2022 14:24 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Pemain Timnas Indonesia, Elkan Baggott mencatatkan penampilan ciamik meski Gillingham menelan kekalahan dan terbenam di dasar klasemen League Two. REUTERS/David Klein

INDOSPORT.COM – Pemain Timnas Indonesia, Elkan Baggott mencatatkan penampilan ciamik meski Gillingham menelan kekalahan dan terbenam di dasar klasemen League Two (kasta keempat Liga Inggris) musim ini.

Gillingham FC menelan kekalahan 0-1 dari Colchester United dalam pertandingan pekan ke-23 League Two 2022-2023 yang berlangsung di Priestfield Stadium, Selasa (27/12/22) dinihari WIB.

Elkan Baggott dimainkan sebagai starter oleh pelatih Gllingham FC, Neil Harris. Menjaga benteng pertahanan The Gills, Baggott berduet dengan Max Ehmer.

Pertandingan itu sendiri berlangsung imbang. Kedua tim sama-sama jual beli serangan. Kedua tim sama-sama mencatatkan tujuh tembakan, dan dua di antaranya mengarah ke gawang.

Apes bagi Gillingham, gawang yang dikawal Jake Turner kebobolan pada menit ke-26. Adalah Junior Tchamadeu, si pencetak gol yang membuat Colchester unggul 1-0 terlebih dulu.

Baca Juga

Tak ada tambahan gol lagi yang tercipta dari kedua kubu hingga peluit panjang di akhir pertandingan, dengan Gillingham FC akhirnya takluk di tangan Colchester dengan skor 1-0.

Kekalahan ini memperpanjang penderitaan Elkan Baggott dkk. di League Two. Pasalnya, Gillingham FC sudah puasa kemenangan sejak sepuluh pertandingan belakangan.

Baca Juga

Rentetan kekalahan ini membuat Gillingham FC semakin terbenam di dasar klasemen sementara League Two  dengan mendulang 14 poin dari 24 peserta.

Kondisi ini membuat Gillingham FC menjadi tim terburuk dan terancam terdegradasi ke kasta kelima Liga Inggris atau National League.

Terlepas dari kekalahan  Gillingham ini, Elkan Baggott mencatatkan penampilan apik. INDOSPORt mengupas performa bek berusia 20 tahun berikut ini:

Baca Juga

1. Statistik Elkan Baggott 90 Menit

Pemain Gillingham FC, Elkan Baggott sedang berusaha berduel di udara melawan Wolverhampton Wanderers di Carabao Cup.

Elkan Baggott dinilai bermain cukup cemerlang meski Gillingham FC menelan kekalahan. Data daro

Sofascore mencatat bahwa Elkan Baggott memiliki rating 6,9, tertinggi ketiga di The Gills setelah Shaun Williams (7,1), dan Mikael Mandron (7.0).

Rating yang cukup apik ini dibuktikan dengan performa Elkan Baggott selama menjaga benteng pertahanan Gillingham FC setelah kebobolan pada menit ke-26.

Gillingham FC sendiri bermain sedikit bertahan karena tim tuan rumah menguasai bola lebih sering dengan persentase 58 persen.

Meski sama-sama mencatatkan tujuh tembakan dengan 2 di antaranya mengarah ke gawang, namun Gillingham hanya kehilangan 2 lainnya dengan 3 tembakan diblok pemain Colchester.

Baca Juga

Dari sisi pertahanan, Elkan Baggott tercatat melakukan dua sapuan, dan 3 kali intersep dan sekali lakukan tekel ke pemain lawan.

Selain itu, pemain keturunan Inggris-Indonesia tersebut memenangkan 3 dari empat percobaan rebutan bola dan memenangkan satu dari tiga percobaan duel udara.

Baca Juga

Namun, Elkan Baggott sempat 16 kali kehilangan penguasaan bola, dengan dia terkena foul sekali selama pertandingan tersebut.

Tidak hanya membantu lini pertahanan, Elkan Baggott  berkontribusi dalam menyuplai bola. Dari 50 sentuhan bola, dia sukses mengumpan dengan akurasi 63 persen.

Selain itu, Elkan Baggott sekali sukses mencatatkan sekali umpan kunci yang menjadi ancaman ke gawang Colchester.

Umpan ini berupa sundulan kepada Mikael Mandron pada menit ke-48, tapi sayangnya tidak membuahkan hasil.

Baca Juga

2. Baggott 'Menangis' saat Timnas Indonesia Pesta Gol

Elkan Baggott, Jordi Amat dan Marc Klok Berlatih Bersama Timnas Indonesia

Dari semua upaya yang dia lakukan, Elkan Baggott ternyata sempat memperoleh peluang untuk menyamakan skor. Ini terjadi pada empat menit jelang laga berakhir.

Sayangnya, sundulan Elkan Baggott menyambut umpan Alexander MacDonald tidak menemui sasaran.

Hilangnya peluang tersebut membuat Elkan Baggott dkk gagal menghadirkan kesan bagis bagi pemilik baru klub, mengingat tiga hari lalu sebagian besar saham Gillingham dibeli oleh Brad Galinson.

Hasil ini sangat bertolak belakang dengan raihan yang dicapai Timnas Indonesia pertandingan kedua Piala AFF 2022 melawan Brunei 2022 yang dilangsungkan beberapa jam sebelumnya, Senin (26/12/22) dinihari WIB.

Baca Juga

Timnas Indonesia tanpa diperkuat Elkan Baggott memetik kemenangan besar 7-0 atas Brunei Darussalam untuk memperbesar kans lolos ke babak semifinal.

Selanjutnya, Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand di pertandingan ketiga fase grup A yang akan berlangsung pada Kamis (29/12/22.

Sementara itu, Elkan Baggott dan kawan-kawan masih menyisakan satu pertandingan untuk tahun ini sebelum mengarungi 2023, yakni saat tandang ke markas Sutton United, Jumat (30/12/22) dini hari WIB.

Baca Juga
Liga InggrisBola InternasionalElkan BaggottPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar NegeriBerita Liga InggrisBerita Timnas IndonesiaLeague TwoGillingham FC

Berita Terkini