x

Mikel Arteta Full Senyum! Wonderkid Ukraina Blak-blakan Kirim Kode Gabung Arsenal

Selasa, 27 Desember 2022 17:40 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Mykhaylo Mudryk dikabarkan akan segera merumput bersama Arsenal dalam asuhan Mikel Arteta. (Foto: REUTERS/Russell Cheyne)

INDOSPORT.COM - Misi raksasa Liga Inggris (Premier League) Arsenal mendatangkan wonderkid Timnas Ukraina, Mykhaylo Mudryk perlahan mulai menemui titik terang.

"Suka sama suka" seolah menjadi kalimat yang tepat bagi tim besutan Mikel Arteta dengan Mykhaylo Mudryk dalam geliatnya bursa transfer pemain bulan Januari 2023.

The Gunners julukan Arsenal digadang-gadang bertekad mendaratkan Mykhaylo Mudryk ke Emirates Stadium. Bahkan, pihaknya rela menggelontorkan dana sampai 55 juta euro.

Sedangkan pemain internasional Ukraina itu juga memberikan respon positif. Terbaru, Mudryk secara blak-blakan kirim kode "Iya" untuk bisa bergabung dengan The Gunners di musim depan.

Hal ini terlihat melalui Instastory Mykhaylo Mudryk yang menampilkan dirinya menonton langsung gaya bermain Arsenal saat menghadapi West Ham, Selasa (27/12/22) dini hari WIB.

Unggahan Mykhaylo Mudryk yang menonton laga Arsenal. (Foto: Instagram@ mmudryk10)
Baca Juga

Dalam tayangan laga tersebut, Arsenal berhasil unggul sementara 2-1 atas The Irons, sebelum pada akhirnya menutup pertandingan dengan skor 3-1.

Mikel Arteta sendiri menanggapi dengan santai dan penuh harapan, momen canggung tersebut diketahui dari unggahan Fabrizio Romano akun Twitter-nya.

Baca Juga

Secara tersirat pelatih asal Spanyol ini menyampaikan bahwa ada harapan Mykhaylo Mudryk bisa bergabung bersama Arsenal dan mampu bisa berkontribusi dengan rekan satu tim.

"Semoga kami memberikan pertunjukan (sepak bola) yang kepada semua orang dengan game ini," ujarnya.

Sebelumnya, Mykhaylo Mudryk sempat mendapat tawaran bermain di sejumlah klub besar eropa. Namun, ia menolak dan memilih Arsenal.

Baca Juga

1. Rela Tola Tawaran Klub Besar, Demi Arsenal

Mykhaylo Mudryk, pemain Shakhtar Donetsk sempat mendapatkan tawaran dari Real Madrid. Foto: REUTERS/Violeta Santos Moura

Perburuan tanda tangan kontrak Mykhaylo Mudryk bukan hanya dilakukan oleh Arsenal sepanjang bursa transfer pemain bergulir.

Terdapat sejumlah klub raksasa eropa yang mengincar bintang Shakhtar Donetsk tersebut. Di antaranya ada Manchester United dan Real Madrid.

Mudryk mulai membetot perhatian klub besar setelah mendapat kepercayaan untuk bermain di tim utama Shakhtar Donetsk pada musim 2021/2022.

Tercatat, pemain berusia 21 tahun ini berhasil membukukan 12 gol dan 17 assist dari 37 laga yang dimainkan bersama Donetsk.

Meski mendapat sejumlah tawaran dari sejumlah klub raksasa eropa, rupanya Mykhaylo Mudryk secara gamblang mengungkapkan lebih tertarik ke Arsenal.

Baca Juga

Alasannya, Real Madrid memberikan tawaran kepada bintang Donetsk itu untuk menjadi pemain cadangan, sedangkan bersama Arteta, ia berpeluang bermain sebagai starter.

"Jika ada opsi untuk menjadi pemain cadangan di Real Madrid atau starter di Arsenal, saya mungkin lebih pilih Arsenal," ucapnya dalam sebuah wawancara bersama Vlada Sedan di YouTube.

Baca Juga

Kendati demikian, dirinya masih menunggu kejelasan dari Arsenal yang ingin memboyongnya dari Shakhtar Donetsk.

Deretan tawaran di klub besar tersebut, tidak lepas dari performa apik Mykhaylo Mudryk selama bermain di Shakhtar Donetsk.

Di umurnya yang baru menginjak 22 tahun, perolehan prestasi pemuda Ukraina ini tak bisa dianggap remeh. Simak ulasan perjalanan karir sepak bola Mudryk berikut.

Baca Juga

2. Profil Mykhaylo Mudryk

Mykhaylo Mudryk, pemain Shakhtar Donetsk. Foto: REUTERS/Violeta Santos Moura

Mykhaylo Petrovych Mudryk atau lebih dikenal sebagai Mudryk lahir di Ukraina pada 5 Januari 2001.

Ia mulai mengawali karir sepakbolanya dengan bergabung tim junior Metalist Kharkiv pada tahun 2010.

Mykhaylo Mudryk mulai bergabung dengan ke akademi Shakhtar Donetsk pada tahun 2016. Di sini, bakatnya mulai terkuak dan gaya bermain di tengah lapangan semakin matang.

Dua tahun berselang, Mudryk mulai mendapat kesempatan bermain dengan tim senior Ukraina dalam laga kontra Olimpik Donetsk di Piala Ukraina.

Kelincahan dan ketenangan saat menggiring bola seolah menjadi khas yang muncul dari wonderkid Ukraina sangat mirip dengan gaya bermain Luka Modric.

Baca Juga

Tak elak, dirinya mendapat julukan sebagai Neymar-nya Timnas Ukraina, dan publik membandingkan Mykhaylo Mudryk dengan sejumlah legenda sepak bola.

Performanya semakin ciamik saat ia debut di ajang Liga Champions. Kala itu Shakhtar Donetsk berhasil mempermalukan RB Leipzig dengan skor 4-1, salah satu gol dicetak oleh Mudryk.

Baca Juga

Dari total laga yang dilakoni di Liga Champions, ia berhasil membukukan 3 gol dan 2 assist. Permainannya semakin mentereng di kancah liga domestik.

Mykhaylo Mudryk tercatat menorehkan 4 gol dan lima assist hanya dalam tujuh penampilan di Liga Primer Ukraina.

Vibes Mykhaylo Mudryk seolah menari-nari dalam mengolah kulit bundar di lapangan, menjadi daya jual di bursa transfer musim ini.

Sehingga tak heran banyak klub besar melakukan penawaran ke Shakhtar Donetsk untuk mendatangkan pemain berjersey no. 10 di Donetsk tersebut.

Baca Juga
Real MadridArsenalUkrainaShakhtar DonetskMikel ArtetaLiga InggrisOne FootballMykhaylo Mudryk

Berita Terkini