x

4 Pemain Thailand yang Bakal Jadi Mimpi Buruk Timnas Indonesia di GBK, Termasuk Eks Man City

Rabu, 28 Desember 2022 11:22 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Mulai dari Teerasil Dangda hingga Theerathon Bunmathan, lima pemain Thailand diprediksi bakal menjadi mimpi buruk Timnas Indonesia saat pertandingan Piala AFF.

INDOSORT.COM – Mulai dari Teerasil Dangda hingga Theerathon Bunmathan, lima pemain Thailand diprediksi bakal menjadi mimpi buruk Timnas Indonesia saat pertandingan Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia akan menjamu Thailand pada lanjutan Grup A  Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (29/12/22) pukul 16.30 WIB.

Pertandingan ini diprediksi akan berlangsung alot mengingat Indonesia dan Thailand sama-sama memperebutkan posisi puncak klasemen Grup A.

Timnas Indonesia saat ini menduduki posisi kedua di klasemen Piala AFF 2022 dengan tabungan 6 poin hasil kemenangan dua laga, tetapi kalah dalam selisih gol dari Thailand yang berada di puncak dengan poin sama.

Thailand jelas bukan lawan mudah bagi Indonesia. Skuad berjuluk 'Gajah Perang' itu kereap merepotkan skuad Garuda baik di Piala AFF maupun di ajang lainnya.

Baca Juga

Kendati Thailand saat ini tanpa pemain andalannya, Chanathip Songkrasin, di Piala AFF 2022 kali ini, beberapa pemain mereka tetap bakal menjadi ancaman bagi skuad Indonesia.

Misalnya, Teerasil Dangda dan Theerathon Bunmathan yang tampil memukau sejak laga pembuka termasuk saat Thailand melumat Filipina dengan skor 4-0.

Baca Juga

Bahkan, pelatih Filipina, Josep Ferre, mengakui betapa mengerikannya Teerasil sebagai penyerang dan Theerathon sebagak bek sekaligus kapten Thailand ini.

“Teerasil dan Theerathon membuat perbedaan untuk Thailand saat ini. Kami mencoba bertahan dengan baik di babak kedua. tapi kalah penalti Itu dianggap penalti yang mudah,” kata Ferre dilansir Thairath, Senin (26/12/22).

Selain Teerasil Dangda dan Theerathon Bunmathan, ada tiga pemain Thailand lainnya yang berpotensi mengancam Indonesia seperti yang akan dipaparkan INDOSPORT berikut ini:

Baca Juga

1. 1. Teerasil Dangda

Dua bintang Thailand, Teerasil Dangda dan Theerathon Bunmathan.

Teerasil Dangda masih menjadi momok menakutkan bagi Indonesia dalam beberapa edisi Piala AFF. Bukan hanya itu, dia jadi top skor sepanjang masa dengan koleksi 22 gol di turnamen level Asia Tenggara.

Pemain yang pernah membela klub Liga Inggris, Manchester City, tersebut juga tampil cemerlang di Piala AFF 2022 kali ini.

Dua gol yang dicetak ke gawang Filipina menempatkannya di daftar top skor sementara Piala  AFF 2022 bersama Faisal Halim (Malaysia) dan Kenshiro Daniels (Filipina).

Selain itu, Teerasil Dangda juga mencetak assist untuk gol Adisak Kraisorn di menit 57 saat Thailand menghancurkan Filipia.

2. Adisak Kraisorn

Adisak Kraison juga merupakan salah satu striker andalan Thailand di Piala AFF 2022. Selain mampu mencetak gol, dia juga pantai membuka ruang dan memecah konsentrasi lawan.

Baca Juga

Kemampuan Adisak Kraison ini membantu Teerasil Dangda leluasa mencetak gol dan bahkan menciptakan peluang emas berbuah gol di area lawan.

Sejauh ini, Adisak sudah mengemas  satu gol di Piala AFF 2022. Adisak menyumbang gol saat Thailand membantai Filipina dengan skor 4-0.

Baca Juga

3. Peeradol Chamratsamee 

Peeradol Chamratsamee satu ini memang tak menjadi starter dalam dua laga pembuka Thailand di Piala AFF 2022. Namun kehadirannya sebagai pemain pengganti cukup menjadi pembeda untuk Gajah Perang.

Gelandang 30 tahun ini bisa mencetak dua gol di turnamen ini. Torehan itu tercipta saat Thailand membantai Brunei Darussalam 5-0.

Bisa dibilang, Peeradol Chamratsamee  merupakan kartu AS yang disimpan Alexandre Polking. Bukan tidak mungkin, dia bakal dimainkan sebagai starter saat melawan Timnas Indonesia untuk menunjukkan kejeniusannya di lini tengah.

Baca Juga

2. 4. Bordin Phala

Duel pemain Vietnam dengan Thailand. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Gelandang yang juga bermain sebagai winger kiri ini mencetak satu gol untuk Thailand di Piala AFF 2022. Terlepas dari gol ini, Bordin Phala memiliki kecepatan yang patut diwaspadai Timna Indonesia.

Pemain berusia 28 tahun tersebut kerap menusuk daerah pertahanan lawan dengan skill individu. Tak jarang dia mengobrak-abrik lini pertahanan lawan di sisi kanan.

Ini bakal menjadi tugas berat yang akan dijalani Asnawi Mangkualam, karena dia bertugas menyisir lapangan dari sisi kanan untuk membangun serangan.

Jika Bordin Phala tak dijaga dengan baik, dia bisa saja menciptakan gol atau juga memberi assist untuk rekannya. Untuk itu, lini pertahanan Timnas Indonesia harus mewaspadai pemain satu ini.

4. Theerathon Bunmathan

Bek kiri yang juga menjadi kapten Timnas Thailand ini selalu jadi langganan mimpi buruk para penggawa Timnas Indonesia.Total Theerathon sudah membuat tiga assist di Piala AFF 2022.

Sejatinya, Theeraton sendiri masih diragukan tampil lawan Indonesia lantaran dia mengalami cedera otot paha saat melawan Filipina.

Jika Theerathon Bunmatan absen di laga ini, Timnas Indonesia tetap harus mewaspadai semua pemain Thailand lainnya, termasuk Weerathep Pomphan.

Weerathep Phompan sudah dua kali bertemu dengan tim Garuda dan dari dua pertemuan itu, Pomphan mencetak satu gol ke gawang Indonesia. Gol inilah yang pernah memupus asa Timnas Indonesia di ajang SEA Games 2021 pada Mei 2022 lalu di Vietnam.

ThailandTeerasil DangdaTheerathon BunmathanTimnas IndonesiaTimnas ThailandBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2022

Berita Terkini