x

INDOSPORT Rewind 2022: Berakhirnya Era Abramovich di Chelsea hingga Argentina Juara Piala Dunia

Rabu, 28 Desember 2022 08:17 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Sederet momen penting dan menarik dari kancah sepak bola internasional tersaji sepanjang tahun 2022, termasuk Timnas Argentina yang memenangkan Piala Dunia 2022. Foto: REUTERS-Kai Pfaffenbach.

INDOSPORT.COM - Sederet momen penting dan menarik dari kancah sepak bola internasional tersaji sepanjang tahun 2022, termasuk Timnas Argentina yang memenangkan Piala Dunia 2022.

Sejak awal tahun, para penggemar sudah disajikan tontonan menarik dari lapangan hijau ketika Sadio Mane membawa Senegal juara Piala Afrika.

Kemudian ada pecahnya konflik Rusia-Ukraina yang sedikit banyak juga berpengaruh terhadap dunia si kulit bundar.

Ya, hari demi hari terus berlalu, dan sepak bola masih jadi tontonan menarik masyarakat dunia hingga penghujung tahun 2022 ini.

FIFA pun berhasil menyelesaikan agenda Piala Dunia 2022 di Qatar pada bulan Desember, walaupun ada sejumlah konflik yang terjadi sepanjang turnamen.

Baca Juga

Isu pekerja migran sampai LGBT, memang sempat mewarnai pelaksanaan Piala Dunia 2022. Namun untung saja, acara berjalan lancar hingga akhir dan menelurkan Timnas Argentina sebagai juaranya.

Dengan segala keunikannya, Piala Dunia di Qatar menjadi event yang menarik di penghujung 2022, mengingat biasanya kompetisi akbar empat tahunan ini digelar saat musim panas dan bukan di Timur Tengah.

Baca Juga

Selain momen-momen tersebut di atas, tidak ketinggalan perjalanan liga-liga top Eropa seperti Inggris, Spanyol, dan Italia yang tidak pernah berhenti menjadi daya pikat publik sepak bola dunia.

Mulai bulan Desember ini, mereka akan kembali melanjutkan jadwal yang tertunda akibat jeda Piala Dunia 2022.

Nah, sembari menyambut kembalinya liga-liga top Eropa jelang 2023, mari mengingat apa-apa saja yang telah terjadi di kancah sepak bola internasional sepanjang tahun 2022. 

Baca Juga

1. Januari-Juni

Sadio Mane merayakan kemenangan Timnas Senegal di Piala Afrika awal tahun ini. FOTO: REUTERS/Mohamed Abd El Ghany.

Senegal Juara Afrika 

Pertarungan Senegal vs Mesir menjadi sorotan utama di final Piala Afrika pada Februari lalu. Saat itu, Sadio Mane dan Mohamed Salah yang menjadi rekan setim di Liverpool harus berhadapan sebagai musuh.

Laga pun berlangsung ketat dan memaksa kedua tim melakoni babak perpanjangan waktu hingga adu penalti, karena skor di waktu normal hanya menunjukkan angka 0-0.

Senegal pun tampil sebagai juara setelah memenangkan penalti dengan kedudukan 4-2. Di tengah keberhasilan tersebut, Bouna Sarr jadi satu-satunya eksekutor yang gagal menjalankan tugasnya.

Konflik Rusia-Ukraina

Awal tahun 2022 juga menorehkan catatan tersendiri bagi seluruh manusia di muka bumi ini. Konflik yang pecah antara Rusia-Ukraina memengaruhi sejumlah sektor kehidupan, tidak terkecuali sepak bola.

Peristiwa ini membuat nasib sejumlah pesepak bola asing yang berlaga di Liga Rusia jadi terombang-ambing, bahkan membawa petaka bagi pemilik Chelsea, Roman Abramovich.

Baca Juga

Chelsea Dijual

Menyusul konflik Rusia-Ukraina, Roman Abramovich pun melepas Chelsea pada 27 Februari 2022. Lalu pada 31 Mei, konsorsium Todd Boehly dkk. resmi menjadi pemilik baru The Blues.

AS Roma Juara UEFA Conference League

AS Roma dan Jose Mourinho menciptakan sejarah di UEFA Conference League dengan menasbihkan diri sebagai juara di edisi perdana kompetisi ini pada 2021-2022, pada 26 Mei lalu

Baca Juga

Di final, mereka menekuk tipis Feyenoord melalui gol semata wayang Nicolo Zaniolo. Sementara itu, Chris Smalling menggondol predikat Man of the Match.

Real Madrid Juara Liga Champions

Momen penting lainnya yang tidak kalah menarik sepanjang paruh musim 2022 adalah Real Madrid yang menjuarai Liga Champions pada bulan Mei.

Satu gol dari Vinicius Jr sudah cukup bagi Real Madrid untuk memastikan trofi Liga Champions ke-14 mereka jatuh dalam genggaman. Di sisi Liverpool harus gigit jari karena jumlah gelar mereka mentok di angka 6.

Baca Juga

2. Juli-Desember

Penyerang Real Madrid, Karim Benzema, saat memenangi trofi Ballon d'Or. Foto: Reuters/Benoit Tessier.

Karim Benzema Raih Ballon d’Or

Paruh musim kedua 2022 menjadi catatan spesial bagi mesin gol Real Madrid, Karim Benzema, yang berhasil menggondol trofi Ballon d’Or pertamanya sepanjang karier.

Seperti Luka Modric di edisi 2018, pentolan Timnas Prancis tersebut juga memutus dominasi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo selama lebih dari satu dekade terakhir.

Cristiano Ronaldo Bikin Geger

Memiliki nama besar di jagat sepak bola, mudah saja bagi Cristiano Ronaldo untuk muncul di headline surat kabar maupun pemberitaan daring - dengan berbagai sepak terjangnya sehari-hari.

Saat gaya rambutnya saja bisa jadi bahan gunjingan, CR7 justru melakukan tindakan yang jauh lebih heboh yakni membahas kehidupannya di Manchester United.

Sempat dikabarkan ingin angkat kaki dari Old Trafford, tidak lama kemudian ia malah membuat geger dengan wawancaranya bersama Piers Morgan.

Baca Juga

Buntut dari segala drama tersebut, sang megabintang akhirnya berpisah jalan dengan Manchester United dan dikabarkan akan merapat ke klub Arab Saudi, Al-Nassr.

Maroko Kuda Hitam di Piala Dunia 2022

Timnas Maroko menjelma sebagai tim kuda hitam di Piala Dunia 2022 yang berhasil membawa nama Afrika sampai ke semifinal.

Baca Juga

Meski pada akhirnya gugur, mereka adalah fenomena tersendiri di Qatar yang tidak bisa dilupakan begitu saja tahun ini.

Argentina Juara Piala Dunia 2022

Lionel Messi akhirnya bisa mewujudkan impiannya mengangkat trofi Piala Dunia setelah membawa Timnas Argentina juara di Qatar.

Piala Dunia bukan hanya penutup yang manis untuk kaleidoskop sepak bola internasional 2022, tetapi juga untuk La Pulga yang mungkin akan pensiun dalam beberapa tahun ke depan. 

Baca Juga
Real MadridCristiano RonaldoChelseaLionel MessiKarim BenzemaAS RomaKaleidoskopSenegalBola Internasional

Berita Terkini