x

PSV vs AC Milan, Panggung Adu Cerdas Ruud van Nistelrooy dan Stefano Pioli

Jumat, 30 Desember 2022 19:27 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Ruud van Nistelrooy dan Stefano Pioli akan berjumpa di laga PSV vs AC Milan, Sabtu (31/12/22) dini hari WIB. Foto: Reuters/Daniele Mascolo.

INDOSPORT.COM - Pertandingan uji coba PSV vs AC Milan akan menjadi panggung unjuk gigi dua juru taktik, Ruud van Nistelrooy dan Stefano Pioli.

Saat ini, keduanya berhasil membawa tim masing-masing bertengger di papan atas klasemen liga. PSV Eindhoven ada di posisi tiga Eridvisie sedangkan AC Milan di posisi dua Serie A.

Dengan catatan ini, mereka pun dituntut tampil maksimal lantaran akan menyambut lanjutan liga yang sempat vakum karena Piala Dunia 2022.

Selama jeda turnamen akbar FIFA tersebut, PSV Eindhoven dan AC Milan memang menyibukkan diri dengan laga-laga uji coba.

PSV Eindhoven menjalani partai yang lebih sedikit dari AC Milan, mengingat mereka hanya menghadapi tim asal Polandia, Rakow Czestochowa, dan berhasil menang dengan skor 4-2.

Baca Juga

Di sisi lain, agenda AC Milan lebih beragam karena berpartisipasi di ajang Dubai Super Cup 2022, yang mempertemukan mereka dengan Arsenal dan Liverpool.

Dari dua pertandingan tersebut, anak-anak asuh Stefano Pioli tampil kurang stabil usai kalah di tangan Arsenal dan Liverpool.

Baca Juga

Namun di sisi lain, Sandro Tonali dkk berhasil memenangkan sesi adu penalti setelah waktu normal di laga kontra Liverpool.

Kini jelang PSV vs AC Milan, baik Ruud van Nistelrooy maupun Stefano Pioli punya tugas besar dengan timnya masing-masing.

Nama yang pertama, harus memikirkan matang-matang strategi apa yang sebaiknya ia ambil setelah pemain andalannya, Cody Gakpo, dibajak Liverpool.

Baca Juga

1. Tugas Ruud van Nistelrooy dan Stefano Pioli

Ruud van Nistelrooy, pelatih PSV Eindhoven. Foto: REUTERS/Matthew Childs.

Apalagi, pemain muda Timnas Belanda itu juga berstatus pemain kunci di skuad PSV Eindhoven dan tampil mencolok di Piala Dunia 2022.

Kepergian Cody Gakpo pun bak kehilangan yang sangat besar bagi kubu Rood-witten. Mereka seperti melepas anak yang sudah dewasa, setelah mendidiknya sejak kecil.

Tidak ayal, PSV Eindhoven sampai menitipkan pesan manis penuh makna kepada Liverpool, habitat baru yang bakal disinggahi Cody Gakpo nantinya.

“Cody Gakpo, ForeverEindhovenaar. Tolong jaga dia, Liverpool,” tulis PSV Eindhoven melalui laman Twitter mereka.

Terlepas dari perpisahan berbau melo dan sentimental tersebut, Ruud van Nistelrooy harus segera mempersiapkan tim tanpa kehadiran penyerang berusia 23 tahun tersebut.

Baca Juga

Di kubu seberang, Stefano Pioli juga tidak kalah sibuk dari Ruud van Nistelrooy jelang pertandingan PSV vs AC Milan.

Ia pun punya PR besar dalam meracik susunan pemain ketika ada beberapa amunisi yang saat ini belum tersedia.

Baca Juga

Laman MilanNews mengabarkan, Ciprian Tatarusanu akan berada di bawah mistar gawang alih-alih Antonio Mirante.

Selain itu, Olivier Giroud masih harus memulihkan kondisi dan beradaptasi lagi dengan tim usai pulang dari Piala Dunia 2022.

Ante Rebic memang bisa dipasang sebagai ujung tombak, namun Stefano Pioli mungkin akan pusing saat memilih splaymaker. Dengan situasi saat ini, ia punya dua opsi: Charles De Ketelaere atau Brahim Diaz. 

Baca Juga
 

2. Sekilas tentang Ruud van Nistelrooy dan Stefano Pioli

Ruud van Nistelrooy, pelatih PSV Eindhoven. Foto: REUTERS/Matthew Childs.

Ruud van Nistelrooy tergolong baru menangani PSV Eindhoven. Ia menggantikan Roger Schmidt sejak awal musim 2022-2023 ini.

Sebelumnya, mantan pemain Manchester United ini sudah cukup berpengalaman di dunia manajerial setelah terjun sebagai asisten di Timnas Belanda.

Ia pernah bekerja sama dengan Guus Hiddink seiring penunjukan sang pelatih membesut Timnas Belanda setelah Piala Dunia 2014.

Di PSV Eindhoven sendiri, Ruud van Nistelrooy bukan sosok yang asing. Ia sudah pernah bekerja di tim U-17, U-19, dan reserve sebelum menangani tim senior saat ini.

Pertandingan PSV vs AC Milan pun akan menjadi ujian lumayan baginya untuk membuktikan diri di luar Eredivisie.

Baca Juga

Melawan tim dari luar negeri adalah tantangan tersendiri bagi pelatih yang baru saja membawa PSV menjuarai Johan Cruyff Shield tersebut.

Di final, Cody Gakpo dkk menumpas perlawanan Ajax dengan skor 5-3 dan raihan ini pun menjadi awal yang baik bagi Ruud van Nistelrooy di awal kariernya sebagai pembesut tim senior Rood-witten.

Baca Juga

Ia akan berhadapan dengan Stefano Pioli, pelatih yang awalnya dipandang sebelah mata, namun bisa membawa AC Milan juara Serie A Liga Italia untuk pertama kalinya setelah 11 tahun.

Sebagai informasi, pertandingan PSV vs AC Milan bakal berlangsung pada Sabtu (31/12/22) mulai pukul 00.15 WIB.

Partai ini bisa disaksikan melalui aplikasi resmi AC Milan, namun terbatas di sejumlah negara seperti Italia, Norwegia, Belanda, Armenia, dan MENA (Timur Tengah dan Afrika Utara). 

Baca Juga

Sumber: MilanNews, Sempre Milan, acmilan.com

AC MilanRuud van NistelrooyPSV EindhovenStefano PioliBola InternasionalAC Milan NewsOne Football

Berita Terkini