x

3 Gelandang yang Bisa Dibidik Liverpool dengan Rp3,7 Triliun Usai Dipermalukan Brentford

Selasa, 3 Januari 2023 10:51 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Manajer Liverpool, Jurgen Klopp. Foto: REUTERS/Satish Kumar.

INDOSPORT.COM - Pertandingan Liga Inggris Brentford vs Liverpool, Selasa (03/01/23) menjadi batu sandungan anak-anak asuh Jurgen Klopp untuk bersaing di papan atas klasemen.

Mereka dipermalukan The Bees lewat tiga gol yang masing-masing diciptakan oleh Bryan Mbeumo, Yoane Wissa, satu hadiah cuma-cuma dari Ibrahima Konate.

Hasil ini pun membuat Liverpool untuk sementara tertahan di luar lima besar dengan 28 poin dari 17 pertandingan.

Namun terlepas dari urusan angka-angka di klasemen, Jurgen Klopp nampaknya punya PR lain yang tidak kalah penting.

Pertandingan Brentford vs Liverpool bak sebuah alarm bagi pelatih asal Jerman tersebut untuk segera memperbaiki lini tengahnya yang bermasalah.

Baca Juga

Isu ini sejatinya bukan hal baru lagi di Liverpool, mengingat dalam beberapa waktu terakhir mereka memang sering dikabarkan akan mendatangkan gelandang baru di bursa transfer.

Bahkan, legenda The Reds yakni Jamie Carragher sampai buka suara, dan berharap mantan klubnya tersebut mau mengelontorkan 200 juta poundsterling (sekitar Rp3,7 triliun) untuk belanja di bursa transfer.

Baca Juga

Seperti diwartakan express.co.uk, sosok yang akrab disapa Carra tersebut menilai, banyak pemain di skuad The Reds saat ini yang sudah mulai menua.

Bahkan, ia turut membandingkan situasi Liverpool dengan dua rival Liga Inggris mereka, Chelsea dan Manchester United.

Carra menganggap, dua raksasa tersebut sejuah ini hanya jalan di tempat dan kurang berkembang. The Blues dan The Red Devils juga kesulitan bersaing memburu takhta juara Liga Inggris. 

Baca Juga

1. Liverpool yang Berburu Gelandang

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, mungkin harus mencari tambahan gelandang di bursa transfer. Foto: REUTERS/Satish Kumar.

Untuk itu, demi menyongsong masa depan yang lebih baik, Carra berharap klub bisa mendatangkan pemain-pemain baru, terutama untuk sektor gelandang.

Menurut perhitungannya, Liverpool mungkin butuh Rp3,7 triliun lantaran para anggota skuad seperti James Milner, Naby Keita, dan Alex Oxlade-Chamberlain bisa hengkang dalam waktu dekat.

Di sisi lain, sejumlah gelandang yang saat ini jadi andalan Jurgen Klopp seperti Thiago Alcantara, sering dilanda cedera. Sementara itu, Jordan Henderson dan Fabinho juga perlu pelapis.

Nah, dengan uang Rp3,7 triliun seperti yang disebut oleh Carra, kira-kira siapa gelandang yang bisa didatangkan Jurgen Klopp?

Belakangan, Liverpool sudah beberapa kali dikaitkan dengan gelandang-gelandang potensial dari klub liga Eropa.

Baca Juga

Jude Bellingham

Jude Bellingham adalah nama pertama di daftar ini, mengingat ia sudah jadi idaman Liverpool sejak berbulan-bulan lalu.

Dari rumor yang santer beredar, pemain muda Borussia Dortmund tersebut bisa merapat di bursa transfer musim panas mendatang.

Baca Juga

Namun bukan tidak mungkin. ia akan datang Januari ini karena kebutuhan Liverpool terhadap sektor gelandang yang agak mendesak.

Hanya saja, untuk mendatangkan Jude Bellingham bukan misi yang mudah bagi The Reds. Pasalnya, gelandang berusia 19 tahun ini juga diminati banyak klub top Benua Biru termasuk Real Madrid.

Selain itu, nilai sang pemain pun terus meningkat. Banyak yang menilai, bahkan Jurgen Klopp sendiri, bahwa Jude Bellingham adalah pemain yang dewasa untuk dibandingkan rekan-rekannya yang seusia.

Baca Juga
 

2. Selain Jude Bellingham

Gelandang Brighton yang bisa dilirik Liverpool, Moises Caicedo. Foto: REUTERS-Ian Walton.

Moises Caicedo

Jika Jude Bellingham bernilai cukup tinggi, konon mencapai 140 juta euro atau sekitar Rp2,3 triliun, Moises Caicedo mungkin jadi opsi yang lebih hemat.

Di usianya yang saat ini telah menginjak 21 tahun, gelandang Brighton tersebut bernilai 38 juta euro (Rp465,8 miliar) menurut catatan Transfermarkt.

Harga pemain asal Ekuador ini juga terus meningkat seiring penampilannya di Piala Dunia 2022 akhir tahun lalu.

Di sisi lain, eksistensinya di level klub pun kerap diandalkan para manajer Brighton mulai dari Graham Potter hingga sekarang Roberto de Zerbi.

Enzo Fernandez

Tidak hanya Jude Bellingham, Enzo Fernandez juga sangat santer dikaitkan dengan Liverpool, apalagi setelah Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Akan tetapi, kesempatan untuk mendatangkan gelandang Argentina berusia 21 tahun tersebut justru makin sulit saja di mata Liverpool.

Bahkan, belakangan juga tersiar kabar bahwa kampiun Liga Inggris 2019-2020 ini sudah menyerah dari perburuan sang pemain.

Baca Juga

Enzo Fernandez, yang diklaim bernilai 55 juta euro (Rp914 miliar) ini, justru dikabarkan mendekat ke klub London, Chelsea.

Peluangnya untuk bergabung dengan The Blues pun terbuka cukup lebar lantaran mereka kabarnya berani membayar Benfica Rp2,1 triliun untuk memboyong Enzo Fernandez.

Tentu patut dinanti apakah Liverpool memang benar-benar mundur dari pengejaran ini? Bisa jadi, jawabannya akan segera tersedia dalam beberapa waktu ke depan. 

Baca Juga

Sumber: express.co.uk, transfermarkt

LiverpoolJurgen KloppLiga Primer InggrisJamie CarragherLiga InggrisBrentfordBerita Liga InggrisOne Football

Berita Terkini