☰
x

Rumor Transfer Liga 1: Gustavo Tocantins Berpotensi ke Barito, Ada yang Mau CLBK?

Kamis, 5 Januari 2023 14:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Djadjang Nurdjaman dan Gustavo Tocantins di Persikabo 1973. Gustavo kini dirumorkan ke Barito Putera pada bursa transfer Liga 1 2022-2023. Foto: Zainal Hasan/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Bursa transfer Liga 1 Indonesia 2022-2023 akan segera dibuka. Perburuan pemain asing cukup menarik, apalagi Barito Putera berani melakukan bongkar pasang.

Sudah banyak pemain asing yang rumornya mulai dihubungi oleh Barito Putera di bursa transfer musim ini. Ada yang pengalaman main di Liga 1, ada juga yang masih baru.

Namun, posisi tersebut umumnya adalah pemain yang berposisi di lini depan hingga gelandang. Sebab, Barito sudah memiliki bek asing tangguh, yakni Renan Alves.

Dari lini depan, baru-baru ini dirumorkan Barito Putera mulai membuka opsi untuk penyerang Persikabo, Gustavo Tocantins.

Pasalnya, pelatih Rodney Goncalves dikatakan lebih tertarik untuk memakai striker asal Brasil, guna memudahkan ia berkomunikasi sebagai sesama Brazilian.

Baca Juga

Hal ini menegaskan rumor sebelumnya, bahwa Barito Putera ingin mendatangkan Ezechiel N'Douassel dari Bhayangkara FC, yang diketahui merupakan pemain Chad.

Rumor kedekatan Barito Putera dengan Gustavo Tocantins diunggah oleh akun IG @bolabaru07 yang memang rutin merilis rumor transfer Liga 1 dan tim luar negeri.

Baca Juga

"Rumor transfer! Gustavo Tocantins dari Persikabo 1973 ke Barito Putera," tulisnya.

Transfer ini mungkin saja akan terwujud, sebab di kubu Persikabo sendiri sedang ada pergantian di struktur kepelatihan, dan bisa berpengaruh pada materi pemain yang ada.

Namun, Gustavo Tocantins bukanlah satu satunya striker yang dirumorkan tengah didekati Barito Putera. Ada pula penyerang asal Brasil, Jhon Cley yang sudah dihubungi.

Baca Juga

1. Saddam Hi Tenang Mau CLBK?

Skuat Barito Putera di Liga 1 2022, jelang menghadapi Rans Nusantara FC.

Selain pemain asing, Barito Putera juga terus bergerilya untuk mencari pemain lokal terbaik yang bisa mengangkat tim dari jerat degradasi, pada ajang Liga 1 2022-2023.

Setelah sebelumnya melepas empat pilar, yakni Ambrizal Umanailo, Luthfi Kamal, Yogi Hermawan dan Rendy Saputra, manajemen Barito nampaknya sudah membidik pemain baru.

Ada pun pemain yang dimaksud sudah cukup akrab dengan penggawa Laskar Antasari. Ia adalah Saddam Hi Tenang.

Saddam Hi Tenang adalah pemain yang dipinjamkan oleh RANS Nusantara FC di putaran kedua Liga 1 2021-2022, dibawa oleh Rahmad Darmawan ke Barito Putera.

Tampil dalam 10 laga, tujuh kali sebagai starting line up, Saddam Tenang mampu mengawal lini pertahanan Barito dengan baik dan lepas dari zona merah.

Baca Juga

Kemudian, ketika Rahmad Darmawan kembali ke Rans Nusantara FC musim ini, ia turut membawa serta Saddam Hi Tenang sebagai penggawa The Prestige Phoenix.

Meski kualitasnya sudah teruji, mampu menyelamatkan Barito dari degradasi di musim lalu, tetapi RD tak memberi banyak jam terbang untuk Saddam bersama Rans FC.

Baca Juga

Saddam Hi Tenang baru tampil dalam 10 laga musim ini, dan ia lebih sering masuk sebagai pemain cadangan di babak kedua. Hanya dua kali ia menjadi starting line up.

Nampaknya, hal itu adalah alasan kuat bagi Saddam Tenang untuk mencari tantangan baru, dan salah satu pilihannya adalah tim yang sudah ia kenal baik, Barito Putera.

Namun, sampai hari ini belum ada rilis resmi, baik dari pihak Rans Nusantara FC maupun Barito Putera mengenai kontrak Saddam Tenang di lanjutan Liga 1 2022-2023.

Baca Juga
Bursa TransferBarito PuteraLiga IndonesiaLiga 1Berita TransferBerita Bursa TransferBerita Liga 1Transfer PemainLiga 1 2022-2023

Berita Terkini