x

5 Pemain Timnas Indonesia yang Bakal Jadi Kunci Bungkam Vietnam dan Lolos Final Piala AFF

Senin, 9 Januari 2023 15:24 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam menghadapi timnas Indonesia akan digelar pada Senin (09/01/23) malam ini dan hanya satu tim yang bisa ke final.

INDOSPORT.COM - Leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam menghadapi timnas Indonesia akan digelar pada Senin (09/01/23) malam ini dan hanya satu tim yang bisa ke final.

Setelah berimbang tanpa gol di pertemuan pertama yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Tim Garuda dan The Golden Star Warriors bakal habis-habisan mempertahankan gengsi di My Dinh Stadium.

Lini pertahanan timnas Indonesia sepertinya masih akan jadi tumpuan utama untuk leg kedua nanti meski para penyerang juga bakal diharapkan bisa bersinar demi mencuri gol tandang.

Sukses mendapatkan cleansheet alias nirbobol kedua di gelaran Piala AFF 2022 semakin menunjukkan koneksi Jordi Amat cs sudah kian matang.

Berikut ini adalah lima pemain yang kami prediksi bisa menjadi pembeda bagi timnas Indonesia saat menghadapi Vietnam dalam partai hidup mati.

Baca Juga

1. Fachrudin Aryanto

Penampilan yang pantas ditunjukkan sebagai kapten telah Fachrudin Aryanto pamerkan di leg pertama vs Vietnam dan diharapkan sang defender 33 tahun dapat mengulanginya malam ini.

Dicatat dari Lapangbola, bek yang dipanggil dari Madura United itu bisa mengumpulkan empat tekel, 10 potongan, dan dua sapuan yang membuat gawang Nadeo Argawinata tetap perawan.

Baca Juga

Distribusi Fachrudin pun sangat baik meski di sisinya ada ball-playing defender papan atas dalam diri Jordi Amat.

Total 46 operan dengan akurasi 85% bisa diukirnya. Tidak heran jika kemudian namanya kemudian keluar sebagai man of the match versi Lapangbola.

Sangat disayangkan karena usianya sudah semakin tua. Ke depannya timnas Indonesia masih akan sangat membutuhkan sosok pemimpin seperti Fachrudin.

Baca Juga

1. 2. Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan

Kedewasaan semakin bisa ditunjukkan oleh Marselino Ferdinan kala dipercaya sebagai starter di leg pertama timnas Indonesia vs Vietnam.

Dalam debutnya di Piala AFF level senior, sang gelandang 18 tahun sudah bisa mencadangkan pemain-pemain yang lebih tua dan berpengalaman seperti Ricky Kambuaya, Syahrian Abimanyu, Witan Sulaeman, dan Egy Maualana Vikri.

Penampilannya tidak mengecewakan meski Merah-Putih lebih banyak menunggu. Wonderkid milik Persebaya Surabaya itu jadi salah satu pemain yang paling sering dilanggar oleh lawan sebanyak empat kali.

Marselino juga sempat melepas dua tembakan, dua tekel, satu potongan, dan bahkan satu duel udara sukses.

Kreativitasnya jelas dibutuhkan lagi di leg kedua. Andai bisa kembali tampil apik di bawah tekanan, dalam waktu dekat mungkin ia akan bisa semakin menarik perhatian klub dari Thailand, elite Asia, dan bahkan Eropa.

Baca Juga

3. Yakob Sayuri

Keputusan Shin Tae-yong untuk mendudukkan Egy, Witan, dan Saddil Ramdani sekaligus di bench demi menempakan Yakob Sayuri di starting XI leg pertama sempat dipertanyakan.

Namun hasilnya tidak buruk. Winger versatile yang dipanggil dari PSM Makassar itu tampil begitu eksplosif dari sayap kanan.

Baca Juga

Dua tembakan tepat sasaran dari lima percobaan bisa dikumpulkan oleh pemain yang lebih akrab disapa Yassa tersebut.

Tidak ketinggalan, kontribusinya dalam membantu pertahanan pun juga patut diacungi jempol.

Yassa tidak ragu untuk melakukan tekel dan juga blok. Kepandaiannya dalam membaca arah bola pun bisa membuatnya sekali mengeksekusi intersepsi.

Baca Juga

2. 4. Rizky Ridho

Jordi Amat

Layaknya pemain-pemain timnas Indonesia lain, Rizky Ridho pun patut dipuji dalam kesigapannya dalam mengamankan jantung pertahanan.

Lapangbola mengklaim jika bek belia 21 tahun itu adalah pemain terbanyak yang melakukan sapuan sebanyak lima kali di leg pertama Indonesia vs Vietnam.

Piala AFF 2022 jadi kesempatan bagi Ridho untuk membuktikan diri jika dirinya masih lebih dari sekedar pantas menjadi starter bagi Shin Tae-yong.

Padahal pos bek tengah adalah salah satu titik dimana persaingan internal paling ketat terjadi dengan adanya Fachrudin Aryanto, Jordi Amat, dan Elkan Baggott.

Ridho tidak kalah jago dalam memainkan peran sebagai bek sekaligus plyamaker. Ketenangan serta pengambilan keputusan yang baik membuatnya bisa melepas 32 operan berhasil di leg pertama yang hanya kalah dari Fachrudin.

Baca Juga

5. Jordi Amat

Meski debutnya di Piala AFF 2022 melawan Kamboja bagi sebagian pihak dianggap tidak mengesankan, namun Jordi Amat bisa menunjukkan kualitas sebenarnya kala jumpa dengan Vietnam.

Pengalaman serta tekhnik yang ia dapatkan selama merumput di Eropa begitu terlihat. Terutama dalam mengeksekusi long ball yang bisa menjadi senjata ampuh dalam skema yang mengandalkan serangan balik.

Baca Juga

Salah satu percobaannya bisa menjadi key pass bagi Yako Sayuri meski sang rekan kemudian gagal untuk menaklukkan kiper Van Lam Dang dari jarak dekat.

Amat akan jadi salah satu pemain yang akan mendapat garansi starter dari Shin Tae-yong apabila tidak terhalang dari cedera.

Kehadiran pemain naturalisasi kelahiran Spanyol itu akan jadi kunci sukses bagi timnas Indonesia untuk menyingkirkan Vietnam dan menjuarai Piala AFF untuk kali pertama.

Baca Juga
VietnamTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalFachrudin AryantoTimnas VietnamYakob SayuriMarselino FerdinanBerita Timnas IndonesiaRizky RidhoJordi AmatPiala AFF 2022

Berita Terkini