x

5 Pemain Top yang Kini Melatih Klub Championship, Ada Legenda Manchester United

Selasa, 10 Januari 2023 10:49 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Michael Carrick.

INDOSPORT.COM - Divisi Championship memang kasta kedua sepak bola Inggris. Namun ternyata kompetisi ini menjadi destinasi favorit untuk pemain-pemain top, siapa saja mereka?

Dengan nama besar para pemain top, memang cukup mudah untuk bisa melatih di klub kasta kedua seperti Championship. 

Baca Juga

Hal ini bukanlah sesuatu yang baru, kita pernah ingat Wayne Rooney, yang dulu pernah melatih Derby County, klub yang juga jadi pelabuhan terakhir dalam karirnya. 

Sebelum pensiun pada Januari 2021 lalu, Derby County menunjuk Rooney sebagai manajer interim mereka sejak November 2020. 

Per 14 Januari 2021, striker legendaris Inggris itu ditunjuk secara resmi sebagai manajer Derby County secara permanen. 

Baca Juga

Dia bertahan sebagai pelatih kepala klub Championship itu hingga musim panas 2022, sebelum menerima pinangan klub MLS DC United. 

Tidak hanya Rooney, di musim 2022/2023 ini, klub-klub Divisi Championship juga menunjuk para pemain top. Berikut 5 pemain top yang melatih klub Championship. 

5. Paul Ince

Paul Ince bisa dibilang gelandang bertahan legendaris yang cukup dikenal ketika membela Manchester United. Dia pensiun pada 2007 silam. 

Baca Juga

Eks gelandang legendaris ini mulai meniti karir sebagai pelatih ketika masih bermain untuk Macclesfield Town. Setelah itu, dia mulai menangani beberapa klub Inggris. 

Sejak awal musim 2022/23, Reading menjadi klub beruntung yang merasakan tangan dingin Ince sebagai pelatih. 


1. 4. Kolo Toure

Vincent Kompany mengangkat trofi Piala Liga Inggris

Kolo Toure dikenal sebagai bek legendaris yang membela beberapa klub Liga Inggris dengan berbagai gelar bergengsi pernah diraihnya. 

Klub terakhirnya Celtic, juga menjadi tempatnya memulai karir kepelatihan pada 2017 lalu. Dia juga sempat menjadi asisten pelatih Brendan Rodgers di Leicester City pada 2019 lalu. 

Baca Juga

Barulah pada November 2022 kemarin, Kolo Toure resmi menerima pinangan menjadi pelatih kepala Wigan Athletic yang meramaikan divisi Championship. 

Toure punya tugas berat karena Wigan kini masih terpuruk di zona degradasi klasemen sementara Divisi Championship musim ini. 

3. Jon Dahl Tomasson

Jon Dahl Tomasson merupakan penyerang top yang pernah membela beberapa klub elite Eropa. Namanya semakin dikenal dengan kiprahnya membela AC Milan. 

Baca Juga

Pada 2011, dia mengumumkan pensiun sebagai pemain di klub asal Belanda Feyenoord Rotterdam. Di tahun yang sama, dia menerima tawaran menjadi asisten pelatih di Excelsior Rotterdam. 

Setelah menjadi pelatih beberapa klub Eropa, dia kini melatih Blackburn Rovers sejak awal musim 2022/2023. Kinerjanya sebagai pelatih cukup lumayan dengan Blackburn kini bertengger di papan tengah Championship. 

2. Vincent Kompany

Vincent Kompany bisa dibilang merupakan legenda Manchester City, bahkan dia sempat menjadi kapten klub. Dia memutuskan pensiun pada 2020 di klub masa kecilnya, RSC Anderlecht. 

Baca Juga

Selepas pensiun, Anderlecht mempercayakan posisi pemain sekaligus pelatih kepada Kompany. Hingga musim panas 2022, dia akhirnya meninggalkan Anderlecht. 

Sejak awal musim 2022/2023, dia kembali ke Inggris untuk melatih Burnley yang menargetkan tiket promosi ke Liga Inggris musim depan. Bersama Kompany, kini The Clarets ada di puncak klasemen sementara Divisi Championship.


2. 1. Michael Carrick

Manager sementara Man United, Michael Carrick

Gelandang legendaris Manchester United, Michael Carrick resmi menjadi pelatih kepala klub kasta kedua Inggris, Championship, Middlesbrough sejak akhir Oktober 2022. 

Saat dirinya ditunjuk, klub memang sedang terpuruk di urutan ke-21 klasemen sementara. Yang membuat klub harus memecat pelatih sebelumnya. 

Carrick sendiri memutuskan pensiun sebagai pesepak bola di tahun 2018 dan kemudian melanjutkan kariernya sebagai pelatih saat menjadi staff pelatih Jose Mourinho di Manchester United.

Baca Juga

Tak ingin buru-buru mencari pengganti Ole Gunnar Solskjaer, pihak Manchester United kemudian menunjuk Michael Carrick sebagai pelatih interim.

Namun kinerjanya sebagai pelatih interim dinilai cukup baik, namun manajemen Setan Merah belum mau memberinya kontrak permanen sebagai manajer.

Sejak dilepas Man United, klub selanjutnya adalah Middlesbrough. Sejauh ini, kiprah Carrick sebagai pelatih Middlesbrough cukup luar biasa. Klub berhasil mendongkrak posisi hingga urutan kelima di klasemen sementara Divisi Championship.

Manchester UnitedKolo ToureVincent KompanyMichael CarrickLiga Inggris

Berita Terkini