x

Liga Inggris: 4 Opsi Pengganti Jurgen Klopp Jika Posisi Liverpool Tak Terkatrol Naik

Selasa, 17 Januari 2023 20:53 WIB
Penulis: Khairul Ma'arif | Editor: Prio Hari Kristanto
Tampil jeblok di Liga Inggris musim 2022/23, nama Jurgen Klopp kin dalam ancaman empat pelatih papan atas. (Foto: REUTERS/Phil Noble)

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool terjebak dalam tren negatif usai anak asuh Jurgen Klopp itu alami kekalahan 0-3 dari Brighton Hove and Albion.

Saat ini, memang belum ada tekanan atau saran agar Jurgen Klopp angkat kaki sebagai pelatih Liverpool karena tren kekalahan yang dialaminya dirasa masih dapat diperbaiki.

Selain itu, karena Jurgen Klopp mendapat apresiasi publik Anfield Road sebab ia telah meraih empat trofi bergengsi selama melatih Liverpool.

Namun sikapnya yang masam dan hasil pertandingan Liverpool yang memburuk, mengganti Jurgen Klopp tidak dapat dikesampingkan, mengingat musim amburadul The Reds saat ini.

Sebenarnya, musim lalu, Jurgen Klopp membawa rasa optimisme untuk mencetak sejarah Liverpool. Hal ini karena musim lalu pelatih asal Jerman itu berpeluang meraih empat gelar sekaligus atau quadruple.

Baca Juga

Liverpool di bawah asuhan Jurgen Klopp musim lalu masih berada di papan atas Liga Inggris dan mampu bersaing di kompetisi klub Eropa, Liga Champions.

Perbedaan mencolok pada musim ini Liverpool telah berubah dari buruk menjadi lebih buruk dan kekalahan telak 3-0 pada Sabtu lalu dari Brighton jelas merupakan rekor terendah baru.

Baca Juga

Kekalahan tersebut juga membuat Jurgen Klopp kesal dan muak karena kondisi pemainnya banyak yang cedera dan tidak dapat leluasa merekrut pemain pada bursa transfer Januari ini.

Hal ini menegaskan fakta bahwa The Reds tidak punya uang untuk bersaing dengan beberapa rival di Liga Inggris yang dapat jor-joran mendatangkan pemain.

Jika Liverpool terus alami tren kekalahan, perpisahan dengan Jurgen Klopp bisa saja terjadi. Mantan pelatih Mainz itu sepertinya terkena kutukan tujuh musim, setelah sebelumnya mengalami cobaan serupa di Borussia Dortmund.

Baca Juga

1. Empat Opsi Pelatih untuk Manajemen

Thomas Tuchel saat laga final Liga Champions antara Manchester City vs Chelsea

Jika Jurgen Klopp memang harus diberhentikan sebagai pelatih Liverpool, ada empat nama rujukan yang memang pantas menggantikan posisi Klopp.

Nama pertama ialah Mauricio Pochettino yang saat ini berstatus free agent setelah meninggalkan Paris Saint-Germain pada akhir musim lalu menyusul kegagalannya menjuarai Liga Champions.

Pelatih asal Argentina itu salah satu peracik strategi sepak bola yang bagus dalam permainan yang ditujukan jika melatih tim. Pochettino akan menjadi pengganti Klopp yang bagus.

Nama kedua ialah Luis Enrique. Banyak yang meragukannya saat ditunjuk menjadi pelatih Barcelona pada 2014, tapi Enrique membungkam kritik dengan mengantarkan klub meraih trible winners.

Liverpool dapat menjadikan Enrique sebagai suksesor yang saat ini belum menangani tim manapun, tetapi kurangnya pengalaman Liga Inggris dapat diperhitungkan untuk menjadikannya sebagai pelatih.

Baca Juga

Nama ketiga ialah Thomas Tuchel yang sama-sama seperti Klopp berasal dari Jerman dan pernah menjadi pelatih dua klub Liga Jerman di awal karier, yaitu Mainz dan Borussia Dortmund.

Saat ini, Thomas Tuchel, juga seperti Enrique dan Pochettino yang belum memiliki tim yang dilatih usai dipecat Chelsea pada September 2022.

Baca Juga

Nama terakhir, tentunya sang legenda hidup Liverpool, Steven Gerrard, yang bisa saja diplot untuk menggantikan Jurgen Klopp.

Sebelumnya, Gerrard melatih Aston Villa. Namun ia dipecat pada awal musim karena hasilnya tidak memuaskan, tetapi pelatih asal Inggris ini berhasil membawa Rangers juara Liga Skotlandia.

Namun, Liverpool harus mewaspadai jika menunjuk Gerrard sebagai pelatih karena Manchester United dan Chelsea telah memilih legenda klub Ole Gunnar Solskjaer dan Frank Lampard sebagai pelatih, namun tidak ada yang mampu memenuhi harapan di klub masing-masing.

Baca Juga
LiverpoolSteven GerrardJurgen KloppLuis EnriqueMauricio PochettinoThomas TuchelLiga InggrisJadwal Liga Inggris

Berita Terkini