x

Yann Sommer Direbut Bayern Munchen, 4 Kiper Ini Cocok Digaet Man United Gantikan David de Gea

Kamis, 19 Januari 2023 15:29 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Manchester United kembali melewatkan target besar mereka di bursa transfer musim dingin 2023 usai Yann Sommer direbut oleh Bayern Munchen.

INDOSPORT.COM - Manchester United kembali melewatkan target besar mereka di bursa transfer musim dingin 2023 usai Yann Sommer direbut oleh Bayern Munchen.

Padahal mereka sudah menginginkan kiper 33 tahun asal Swiss itu untuk menjadi penggusur David de Gea dari starting XI pada musim 2023/2024 mendatang.

Rencananya United hendak merekrut Sommer sebagai free agent dari Borussia Monchengladbach saat 2022/2023 berakhir namun kemudian Bayern bergerak lebih cepat.

Tidak seperti The Red Devils, Die Roten memilih untuk menebus sisa kontrak sang pemain dengan mahar 8 juta Euro dan akhirnya kepindahan dari Borussia Park menuju Allianz Arena pada Januari ini juga.

Yann Sommer padahal sangat dibutuhkan oleh Manchester United untuk memperkuat sektor penjaga gawang mereka yang butuh pemain dengan arketipe yang lebih modern seperti mampu terlibat dalam pembangunan serangan alih-alih hanya menghalau tembakan lawan.

Baca Juga

David de Gea, opsi terbaik Setan Merah saat ini memang sudah menunjukkan tanda-tanda perkembangan dengan lebih sering melepas umpan baik pendek maupun panjang.

Di Liga Inggris 2022/2023, Squawka mencatat De Gea telah 25,8 operan per 90 menit yang 13,3 diantaranya adalah umpan jarak jauh. Jauh lebih banyak dari musim sebelumnya yang tidak hanya menunjukkan volume yang lebih sedikit namun juga akurasi yang lebih buruk.

Perbandingan statistik David de Gea dalam dua musim terakhir.
Baca Juga

Hanya saja bagi Erik ten Hag, manajer United, merasa jika kedatangan satu kiper di bursa transfer dengan kaliber top ke Old Trafford akan membawa banyak nilai positif.

Tidak hanya memicu persaingan internal yang lebih ketat, progres sukses di bawah rezimnya pun akan berjalan lebih cepat.

Mengingat Yann Sommer kini sudah tidak lagi bisa digaet, maka kami menyarankan agar Manchester United berpaling pada empat nama berikut ini yang punya sejumlah kelebihan untuk dipertimbangkan.

Baca Juga

1. 1. David Raya

Kiper Brentford, David Raya. Foto: REUTERS/David Klein.

Lepas musim promosi yang brilian di 2021/2022, Brentford kembali tampil mempesona di Liga Inggris 2022/2023 dan David Raya adalah salah satu pemain kunci mereka.

Manchester United akan sangat dimaklumi apabila mengalihkan pandangan mereka dari Yann Sommer pada stopper berpaspor Spanyol 27 tahun itu karena selain sudah punya cukup pengalaman di negeri Raja Charles, statistiknya pun sangat apik.

Dari semua kandidat yang kami tawarkan, Raya paling sering melepas umpan per 90 menit dengan 37,7 kali. Sebagian besar berjarak jauh (25,2) dan tingkat ketepatannya pun tinggi (10,8).

Meski demikian Raya tetap jago dalam tugasnya sebagai kiper berkat 4,3 penyelamatan yang ia buat. Rataan sukses save-nya pun terbilang luar biasa di angka 74,31% yang lagi-lagi membuatnya paling unggul.

Mantan penggawa Blancburn Rovers tersebut saat ini masih terikat kontrak sampai 2024. Transfermarkt memprediksi harga pasarannya adalah 22 juta Euro namun dapat dipastikan The Bees baru akan mau melegonya dengan nominal yang lebih tinggi lagi.

Baca Juga

2. Alexander Nubel

Sebelum akhirnya membeli Yann Sommer, Bayern Munchen sempat mempertimbangkan untuk memanfaatkan tenaga Alexander Nubel yang kini tengah mereka pinjamkan ke AS Monaco.

Bukan sebuah keanehan karena ia masih relatif muda (26 tahun) dan punya cukup talenta. Kiper berkebangsaan Jerman itu juga menunjukkan tanda jika dirinya punya potensi untuk berkembang menjadi kiper modern yang hebat.

Baca Juga

Apabila dibandingkan dengan David de Gea, Nubel yang juga melepas sekitar 25 operan tiap tampil punya akurasi lebih baik karena hanya 7,2 umpannya saja yang meleset dari sararan.

Ketepatan long ball dari jebolan akademi Paderborn itu juga jadi yang paling baik (50,93%) di antara keempat kandidat stopper anyar United.

Hanya saja jika memang hendak memboyong Nubel, maka United harus bersabar hingga bursa transfer musim panas 2023 tiba karena Monaco belum tentu mau melepasnya lebih dini dari kontrak semula.

Baca Juga

2. 3. Dean Henderson

Dean Henderson dan David De Gea

Salah satu nama yang paling sering menjadi bahan perdebatan di kalangan fans Manchester United adalah Dean Henderson. Banyak yang percaya jika ia pantas menjadi kiper reguler di Old Trafford namun sebagian lain meragukan itu.

Terlepas dari itu semua, boleh dikatakan penampilan Henderson bersama Nottingham Forest selaku penggawa pinjaman sejauh ini di 2022/2023 cukup mengesankan.

The Tricky Trees memang masih berusaha lari dari zona degradasi Liga Inggris namun alumni akademi Setan Merah itu bak oase di padang pasir.

Berkat enam cleansheet, Henderson tidak kalah dalam hal menjaga keperawanan gawangnya dari kandidat lain. Empat kali menggagalkan penalti juga semakin membuatnya pantas menepuk dada. Hanya ia dan Nubel yang punya statistik demikian di daftar ini.

Dari 355 percobaan umpan panjang, akurasi 32,39% memang terlihat tidak terlalu baik apabila Manchester United hendak mencari upgrade namun tidak ada salahnya jika Erik ten Hag memberinya kesempatan untuk sekali lagi membuktikan diri.

Baca Juga

4. Diogo Costa

David Raya dan Alexander Nubel memang terlihat sangat menjanjikan namun di mata kami Diogo Costa adalah target paling ideal yang bisa diburu. Kebutulan Manchester United pun sudah sempat dihubungkan dengan bintang FC Porto tersebut.

Tidak seperti Yann Sommer ataupun tiga opsi lain, Costa masih masuk dalam kategori kiper muda karena baru berusia 23 tahun. Posturnya terbilang agak mungil untuk berdiri di bawah mistar (186 cm) namun itu bisa ditutupinya dengan statistik brilian.

Baca Juga

Jumlah percobaan umpannya (33,7) hanya kalah dari Raya namun soal akurasi ialah yang nomor satu (76,4%). Untuk umpan jarak jauh memang Raya masih unggul namun dengan latihan bisa membuat Costa mengejar.

Terbukti dengan hanya ada 7,6 umpan meleset saja dari 13,8 percobaan operan panjang penggawa timnas Portugal itu. Rasio nirbobol (0,5) serta kemasukannya (0,7) juga sangat istimewa sehingga siapapun yang mendapatkannya di masa depan akan beruntung.

Manchester United diprediksi perlu merogoh saku dalam-dalam untuk mendapatkan Costa karena kontraknya bersama Porto masih berlaku hingga Juni 2027. Hanya saja resiko ini harusnya sudah disadari ketika melewatkan Yann Sommer.

Statistik David Raya, Alexander Nubel, Dean Henderson, dan Diogo Costa jika dibandingkan dengan David de Gea
Baca Juga
Bursa TransferManchester UnitedDavid de GeaYann SommerBerita Bursa TransferDean HendersonDavid Raya

Berita Terkini