x

Coach Justin Bicara Kriteria Calon Ketum PSSI: Tidak Harus Ngerti Bola, Tapi ...

Jumat, 20 Januari 2023 13:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Pengamat sepak bola, Justinus Lhaksana alias Coach Justin ikut bicara soal kriteria calon ketua umum PSSI.

INDOSPORT.COM - Pengamat sepak bola, Justinus Lhaksana alias Coach Justin ikut bicara soal kriteria calon ketua umum PSSI. Ia berharap ada pemimpin baru di federasi.

Pendaftaran bakal calon petinggi PSSI sudah resmi ditutup pada Senin (18/1/23). Ada lima bakal calon ketum, 19 bakal calon waketum, dan 83 bakal calon anggota Exco.

Adapun daftar calon Ketua Umum PSSI yang telah terdaftar di KP adalah La Nyalla Mattalitti, Erick Thohir, Arif Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, dan juga Fary Djami Francis.

Beberapa dari mereka sudah pernah berkiprah di PSSI, tetapi ada juga wajah baru yang belum memiliki andil di federasi sepak bola nasional, seperti Erick Thohir.

Sebagai pengamat sepak bola, Coach Justin berharap PSSI selanjutnya dipimpin oleh orang baru, tidak masalah jika ia tidak mengerti bola, asal punya skill manajerial.

Baca Juga

"Pendapat gue pribadi, jujur ya, siapapun yang jadi ketua, untuk gue nggak begitu penting," blak-blakan Justinus Lhaksana alias Coach Justin melalui Youtube-nya.

"Tapi yang jauh lebih penting adalah gue ingin pengurus-pengurus yang datang ini, pengurus baru yang belum ngerti sepak bola, belum pernah aktif di PSSI," ujarnya.

Baca Juga

Coach Justin menuturkan, Ketua Umum PSSI tidak harus mengerti sepak bola, hal itu bisa diwakilkan oleh Direktur Teknik, dan beberapa posisi tertentu di bidang teknis.

"Orang selalu bilang, (pengurus PSSI) harus orang bola yang paham. Enggak, mengelola PSSI adalah orang-orang yang harus punya skill manajerial, nggak perlu (paham) bola."

"Orang yang paham bola adalah orang yang di bagian teknis, Dirtek, pelatih, manajer kalau bisa. Bahkan manajernya Timnas nggak perlu ngerti-ngerti amat (soal bola)."

Baca Juga

1. Erick Thohir vs La Nyalla, Siapa Pilihan Coach Justin?

Justinus Lhaksana alias Coach Justin bicara soal kriteria calon ketua umum PSSI.

Meski demikian, Coach Justin juga langsung menegaskan bahwa seorang Ketua Umum PSSI tetap harus mau belajar, agar dapat membawa federasi menjadi lebih baik.

Hal yang paling utama, Ketua Umum PSSI harus bisa bernegosiasi, mencari sponsor, sehingga kelangsungan industri sepak bola nasional bisa lebih maju dan berkelanjutan.

"Ketua nggak perlu (paham), karena sepak bola itu hanya produk yang bisa dipelajari, yang penting infrastrukturnya, terutama administrasi, itu yang harus diberesin."

"Salah satu contoh adalah cara mencari duit, karena kita sering dengar, baru-baru ini saja Liga 2 dan Liga 3 dibubarkan karena gak ada dana," bongkar Coach Justin lagi.

Berdasarkan penuturan tersebut, Coach Justin nampaknya lebih condong pada sosok Erick Thohir, Menteri BUMN yang digadang-gadang 'dapat restu Presiden'.

Baca Juga

"Yang bisa menyelamatkan sepak bola Indonesia itu ya RI 1, karena RI 1 punya segala instrumen untuk membantu mengangkat sepak bola Indonesia."

"BUMN bisa membantu, karena dalam olahraga, sepak bola kita belum menjadi industri, mungkin kurang menarik, jadi perlu picuan dari BUMN. Kebetulan Erick Thohir Menteri BUMN," jelas Coach Justin lagi.

Baca Juga

"Mereka punya dana, kalau dibandingkan dengan sepak bola kita, klub pro itu kecil. Kalau (dana) bisa digunakan untuk klub Liga 1, Liga 2 dan Liga 3, itu sangat membantu."

Di sisi lain, Coach Justin juga menjelaskan bahwa ia pernah bekerja sama dengan La Nyalla Mattalitti, saat ia masih menjabat di PSSI.

Coach Justin menegaskan jika ia tak punya pengalaman buruk dengan sosok La Nyalla, bahkan Ketua DPD RI itu pernah membantu Timnas Futsal Indonesia besutan Coach Justin, dengan uang pribadi La Nyalla.

Baca Juga
PSSIErick ThohirLanyalla MattalittiJustinus LhaksanaLanyallaExco PSSILiga IndonesiaKongres Pemilihan Ketum PSSIKongres PSSIKetua Umum PSSICoach Justin

Berita Terkini