x

Bedah Kualitas Ilias Akhomach, Pemain Gratisan Barcelona yang Diincar AC Milan pada Musim Panas 2023

Jumat, 27 Januari 2023 16:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pemain muda Barcelona, Ilias Akhomach melepaskan tembakan ke gawang Mallorca, Senin (03/01/22).

INDOSPORT.COM – Mengupas kualitas Ilias Akhomach, pemain gratisan dari Barcelona yang masuk radar AC Milan untuk didatangkan di musim panas 2023 mendatang.

Raksasa Liga Italia (Serie A), AC Milan, kembali melanjutkan usahanya memperkuat skuad dengan mengincar pemain murah nan berkualitas.

Terbaru, muncul laporan bahwa klub berjuluk Rossoneri itu berusaha mendatangkan pemain muda milik Barcelona, yakni Ilias Akhomach.

Pemain berusia 18 tahun ini masuk radar AC Milan dikarenakan situasi kontraknya. Saat ini kontraknya sendiri akan habis pada Juni 2023 mendatang.

Dari laporan yang beredar, pihak Barcelona sendiri sudah mencoba menyodorkan kontrak baru kepada wonderkidnya tersebut.

Baca Juga

Alih-alih diterima, tawaran itu mendapat penolakan dari Ilias Akhomach dan agennya karena menganggap tawaran Barcelona tak sesuai dengan permintaannya.

Usut punya usut, penolakan diberikan Akhomach karena tawaran yang diberikan Barcelona memiliki nilai yang terlalu kecil baginya.

Baca Juga

Meski demikian, pihak Barcelona belum menyerah dan akan mencoba membujuknya agar mau meneken kontrak baru.

Karena situasi yang tak menentu itu, AC Milan pun akan berusaha membujuk Akhomach agar mau merapat ke San Siro di bursa transfer musim panas nanti.

Dengan ketertarikan ini, bagaimana sejatinya kualitas Ilias Akhomach, sehingga AC Milan kepincut memboyongnya jika kontraknya habis dengan Barcelona?

Baca Juga

1. Dianggap Talenta Anyar La Masia

Pemain muda Barcelona, Ilias Akhomach melepaskan tembakan ke gawang Mallorca, Senin (03/01/22).

Ilias Akhomach sendiri dianggap sebagai salah satu talenta terbaik dan terbaru yang dimiliki Barcelona dari akademinya, La Masia.

Pemain yang lahir pada 16 April 2004 silam itu merupakan pemain yang telah menimba ilmu di akademi Barcelona sejak lama.

Sejak usia muda, Akhomach telah membela Barcelona. Karena bakatnya itu, ia pun cepat naik kelas, yakni saat menembus Barcelona B di usia yang baru 16 tahun pada 2020 lalu.

Bahkan tak butuh waktu lama, Akhomach mendapat debutnya bersama tim utama Barcelona, tepatnya pada tahun 2021 lalu.

Saat itu Xavi yang baru menggantikan Ronald Koeman, memberikan debut padanya yang baru berusia 17 tahun kala menghadapi Derby Catalan melawan Espanyol pada 20 November 2021.

Baca Juga

Sejak debutnya itu, Akhomach pun beberapa kali ikut latihan tim utama dan mendapat kesempatan bermain di laga lainnya di kancah Liga Spanyol kala melawan Mallorca pada Januari 2022.

Selain itu ia juga tampil bagi Barcelona di ajang Copa del Rey kala melawan Linares di putaran ketiga, di mana Akhomach tampil selama 45 menit.

Baca Juga

Nahasnya, pasca laga kontra Linares itu nama Akhomach tak lagi terlihat di skuad utama Barcelona. Terlebih lagi sejak Blaugrana mendatangkan banyak pemain bintang di musim panas 2022.

Akhomach yang berposisi sebagai winger pun harus kalah bersaing dari Raphinha dan Ousmane Dembele di skuad utama Barcelona.

Hal ini membuat AC Milan mencoba mendatangkannya karena akan berstatus gratisan. Lalu, bagaimana kualitas Ilias Akhomach?

Baca Juga

2. Kualitas Ilias Akhomach

Pemain muda Barcelona, Ilias Akhomach melepaskan tembakan ke gawang Mallorca, Senin (03/01/22).

Tak banyak data yang membahas mengenai kualitas Ilias Akhomach secara detail. Tapi ada beberapa catatan dibuatnya kala masih bermain bagi tim utama Barcelona di musim 2021/22 lalu.

Saat tampil sebanyak dua kali bagi Barcelona di kancah Liga Spanyol 2021/22 lalu, Akhomach menorehkan sedikit catatan menarik.

Sebagai winger, ia mampu menunjukkan kreativitas dan ketajamannya dengan mencetak Expected Goals (xG) dan Expected Assist (xA) dengan nilai total 0,67 per 90 menit.

Expected Goals (xG) adalah nilai yang menentukan sebuah peluang yang didapatkan pemain untuk menjadi gol. Sedangkan Expected Assist (xA) adalah nilai untuk menentukan peluang yang dibuat pemain sehingga berbuah assist.

Meski punya xG dan xA mumpuni, Akhomach tak mampu mencetak sebiji gol ataupun assist bagi Barcelona. Meski begitu, catatan ini cukup membuktikan kualitasnya.

Akhomach pun tergolong pemain yang tak takut melepaskan tembakan, di mana ia punya rasio tembakan tepat sasaran sebesar 50 persen dengan rataan 1,45 tembakan ke gawang per 90 menit.

Meski terkesan egois, nyatanya Akhomach adalah pemain yang bertipe ‘Team Player’. Terlihat bahwa ia juga kerap terlibat dalam permainan timnya, dengan memiliki akurasi operan 81,8 persen dari 55 percobaan per 90 menit.

Selain itu, sebagai winger juga Akhomach memiliki kemampuan dribel mumpuni dengan rasio kesuksesan sebesar 33,3 persen.

Catatan-catatan ini cukup menjanjikan untuk pemain yang baru berusia 18 tahun, mengingat masih ada ruang dan waktu bagi Ilias Akhomach untuk berkembang dan menjadi winger andal di masa depan.

Bursa TransferBarcelonaAC MilanIn Depth SportsOne Football

Berita Terkini