x

7 Pemain Naturalisasi Tim Nasional Italia yang Jadi Andalan, Ada yang Juara Piala Dunia

Senin, 13 Februari 2023 22:06 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Mauro Camoranesi dan Goran Sablic di laga Juventus vs Dynamo Kiev, Liga Champions 2002/03.

INDOSPORT.COM - Ternyata tim nasional Italia juga doyan melakukan naturalisasi untuk skuatnya, berikut 7 pemain naturalisasi yang jadi andalan Gli Azzurri, bahkan salah satu pernah juara Piala Dunia. 

Proses naturalisasi merupakan program yang dijalankan sebuah negara, dalam konteks ini, untuk tim nasional sepak bola negara tersebut. 

Baca Juga

Program ini dilakukan untuk menggantikan kewarganegaraan seorang pemain yang punya garis keturunan sesuai negara tujuannya. 

Proses naturalisasi biasanya berrujua untuk menambah kekuatan sebuah tim nasional. Seperti itu juga yang dilakukan Italia, yang beberapa pemain di antaranya cukup sesuai harapan.

Ternyata tim nasional berjuluk Gli Azzurri itu melakukan proses naturalisasi sejak lama, bahkan sudah hampir dua dekade silam. 

Baca Juga

Terdapat 7 pemain naturalisasi dalam sejarah sepak bola tim nasional Italia, yang cukup diandalkan. Siapa sajakah mereka?

7. Gabriel Paletta

Gabriel Paletta merupakan salah satu pemain yang lahir di Argentina dan kemudian dinaturalisasi pada pertengahan 2014 lalu. 

Dia bahkan sudah memainkam debutnya di timnas senior Italia ketika menghadapi Spanyol jelang Piala Dunia 2014. Paletta juga menjadi bagian dari skuat Gli Azzurri untuk Piala Dunia edisi tahun tersebut. 

Baca Juga

6. Cristian Ledesma

Masih pemain yang lahir dari Argentina yang menjalani proses pergantian kewarganegaraan ke Italia seperti Paletta. Namanya adalah Cristian Ledesma. 

Gelandang kelahiran 1982 itu pernah mengenyam pendidikan di akademi Boca Juniors dan juga Frosinone. Dia mendapat paspor Italia pada 2008 namun kalau saing dengan gelandang hebat lainnya. 


1. 5. Thiago Motta

Jorginho, pemain Chelsea. Foto: REUTERS/Andrew Boyers

Thiago Motta menjadi salah satu pemain naturalisasi yang cukup diandalkan oleh Timnas Italia. Dia merupakan gelandang yang lahir di Brasil pada 28 Agustus 1982 silam.

Sebelum mendapatkan paspor warga negara Italia, dia bahkan sempat membela Brasil di dua pertandingan level U-23. Dia melakukan debutnya untuk Italia pada pertengahan 2011 silam. 

Baca Juga

Hingga akhir karirnya, Thiago Motta mencatat sebanyak 30 pertandingan untuk Italia di level turnamen, termasuk Euro 2012, Piala Dunia 2014 dan Euro 2016.

4. Jorginho

Selanjutnya adalah Jorginho, yang merupakan pemain kelahiran Brasil namun membela Timnas Italia senior sampai sekarang. 

Dia mendapat debutnya di tim senior Gli Azzurri pada Maret 2016 untuk laga persahabatan kontra Spanyol dan Jerman. 

Baca Juga

Hingga pada Euro 2020 lalu, Jorginho punya peran penting dalam kesuksesan Italia menjadi juara turnamen. 

Sampai sekarang, gelandang yang baru gabung Arsenal ini, sudah mencatat 46 penampilan untuk timnas Italia di berbagai turnamen. 

3. Pablo Osvaldo

Pablo Osvaldo adalah salah satu pemain kelahiran Argentina yang punya garis keturunan Italia. Kakek buyutnya orang Marche Italia yang pindah ke Argentina pada abad ke-19. 

Baca Juga

Sejak usia belia meniti karir di Italia, Osvaldo pun memilih meninggalkan paspor Argentina miliknya. Hingga akhirnya dia dipanggil pertama kali bela Italia pada akhir 2011. 

Sejak saat itu, mantan striker AS Roma dan Juventus ini mencatat 14 penampilan untuk Gli Azzurri hingga pensiun pada 2020 lalu. 


2. 2. Eder Citadin Martins

Mauro Germán Camoranesi.

Eder Citadin Martins merupakan pemain yang lahir di Brasil namun punya darah orang Italia dari kakeknya. Eder sempat tenar kala membela Inter Milan pada 2016-2018 lalu. 

Dia pertama kali membela Italia di ajang resmi pada 2015 lalu, dengan total 26 penampilan hingga tahun 2017. 

Perannya di Gli Azzurri terlihat ketika Euro 2016 berlangsung. Dia mencetak satu gol masing-masing ke gawang Swedia dan Spanyol. 

Baca Juga

1. Mauro Camoranesi

Mauro Camoranesi adalah salah satu pemain naturalisasi yang cukup berjasa untuk tim nasional Italia. Ternyata, dia adalah pemain kelahiran Argentina. 

Dia lahir pada 4 Oktober 1976 di Kota Tandil, Argentina. Dia jugalah yang menjadi pemain naturalisasi di awal 2000-an. Karena menjadi yang pertama, dia sempat mendapat banyak kritikan. 

Tapi semua kritikan orang-orang memuai begitu saja melihat peran besar Camoranesi ketika Italia menjadi juara Piala Dunia 2006 silam.

ItaliaThiago MottaEder MartinsDani OsvaldoBola InternasionalJorginho

Berita Terkini