x

Indra Sjafri Senang SEA Games 2023 Tanpa Pemain Senior, Bocorkan 6 Nama untuk TC

Selasa, 28 Februari 2023 20:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Indra Sjafri soal melatih Timnas U-23 di SEA Games 2022.

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri, menyebut ada regulasi baru untuk cabang olahraga sepak bola di SEA Games 2023, yakni tanpa pemain senior. Hal itu justru membuatnya senang.

Setelah rapat dengan Komite Olimpiade Indonesia (NOC) pekan lalu, Indra Sjafri mengatakan pemain yang boleh didaftarkan adalah kelahiran 2001-2023. Berbeda dengan SEA Games edisi sebelumnya yang memakai dua pemain senior.

Tapi, situasi tersebut dikatakan menguntungkan. Indra Sjafri tak perlu repot-repot memilih pemain senior di posisi mana yang harus dibawa ke SEA Games tahun ini di Kamboja. 

Dengan demikian, pelatih yang juga direktur teknik PSSI itu bisa lebih fokus melakukan seleksi terhadap pemain muda. Indra Sjafri bisa leluasa memilih tanpa khawatir bersinggungan dengan pemain senior. 

"Setelah saya review dengan KOI, ada perkembangan baru bahwa SEA Games tahun ini tak boleh ada senior. Jadi hanya U-22, kelahiran 2001 sampai 2003," kata Indra Sjafri, Selasa (28/2/23).

Baca Juga

"Itulah nanti kami kolaborasikan. Kemarin masih bikin dengan dua senior kan, tapi mulai hari ini lupakan semua karena tanpa senior. Sebenarnya itu lebih baik menurut saya," imbuhnya.

"Lebih baik tanpa senior karena sebagai pelatih, saya tidak perlu lagi memikirkan ada senior, siapa yang akan kami ambil untuk dua senior itu. Jadi, saya akan fokus untuk menyiapkan pemain yang satu kelompok usia," tambah Indra Sjafri.

Baca Juga

Setelah mendapat informasi terbaru, Indra Sjafri mulai bergerilya mencari pemain impian. Dia akan lakukan meeting dengan pelatih klub Liga 1 karena sebagian besar pemain incaran sedang berkompetisi.

Pelatih berusia 60 tahun itu tidak ingin ada konflik dengan klub Liga 1 2022-2023 yang pemainnya dipanggil ke timnas Indonesia U-23. 

Baca Juga

1. Target Emas

Logo SEA Games 2023.

Pasalnya, Indra Sjafri berencana lakukan pemusatan latihan mulai awal Maret hingga keberangkatan ke SEA Games 2023 yang digelar pada 5-17 Mei di Kamboja. 

"Sebelum bikin road map, saya berdiskusi ke mereka (pelatih klub). Ada dua yang akan didiskusikan, nama-nama yang bermain reguler kira-kira kapan bisa bergabung. Itulah yang menjadi topik utama," jelasnya.

"Tentu kan bukan pekerjaan saya sendiri, kan klub tempat para pemain dibina dan dilatih, jadi selayaknya saya mengadakan komunikasi dengan pelatih klub," sambung Indra Sjafri.

"Dalam rangka itu (klub protes banyak pemain dipanggil ke timnas) kami berdiskusi karena agenda timnas ke depan semakin padat. Selain SEA Games, nanti pada 20-28 Maret ada FIFA match day," tandasnya.

Baca Juga

Pada tahap awal pemusatan latihan, Indra Sjafri mengatakan akan ada 34 pemain yang dipanggil. Ada pun bocoran pemain yang dipanggil seleksi timnas Indonesia U-23 adalah Husna Al Malik dari Persikabo 1973.

Lalu ada pemain klub Liga 2, Airlangga Mutamasiqdina, Malik Prayitno, Mohammad Haykal Al Hafiz dari Persikab Bandung. Berikutnya ada Muhammad Fadhil Adhitya Aksah (PSKC Cimahi) dan Nick Numberi (FC Bekasi City).

Secara umum, Indra Sjafri menjelaskan, pemain yang bakal dipanggil ke SEA Games 2023 adalah dari skuat timnas U-20 yang sebelumnya disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2021 yang kemudian batal beraksi karena pandemi Covid-19.

Baca Juga

Elkan Baggott, Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta hingga Pratama Arhan menjadi nama-nama incaran Indra Sjafri ke Kamboja. Komunikasi sudah dibangun PSSI untuk klub terkait.

Target Indra Sjafri adalah juara SEA Games 2023. Ia ingin menuntaskan rasa penasaran setelah hanya dapat medali perak di SEA Games 2019 di Filipina.

Indra SjafriSEA GamesTimnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaLiga IndonesiaBola IndonesiaBerita Timnas IndonesiaOne FootballSEA Games 2023

Berita Terkini