x

Shin Tae-yong Bahas Nasib 3 Pemain Naturalisasi Pasca-Batalnya Piala Dunia U-20

Sabtu, 1 April 2023 19:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Presiden Joko Widodo bertemu Timnas Indonesia U-20 pasca batalnya piala dunia U-20.

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, mengaku belum mengetahui nasib tiga pemain naturalisasi pasca-batalnya Piala Dunia U-20 2023 di Tanah Air. Mereka yang dimaksud adalah Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Justin Hubner.

Sebelumnya, PSSI telah mengajukan naturalisasi untuk tiga pemain muda blasteran Indonesia-Belanda itu. Prosesnya bahkan sudah disetujui oleh DPR RI melalui rapat paripurna.

Berkas Rafael, Justin dan Ivar tengah diproses di Setneg dan sebentar lagi diteruskan ke Kemenkumham, lalu tinggal menunggu jadwal pengambilan sumpah jadi WNI. 

Ketiganya memang dipersiapkan untuk membela timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2023. Mereka adalah pilihan langsung pelatih Shin Tae-yong.

Tapi, dengan batalnya Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia, nasib mereka bertiga pun dipertanyakan. Shin Tae-yong juga mengaku belum mengetahui informasi terbaru. 

Baca Juga

Tapi, juru taktik berusia 52 tahun itu berharap Rafael, Justin dan Ivar tetap menjadi WNI dan bermain untuk skuad Garuda. Kualitas ketiganya sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas permainan timnas Indonesia.

"Jujur ya belum ada laporan apa-apa tentang pemain naturalisasi seperti apa, tapi saya berharap tiga pemain ini tetap menjadi WNI untuk membela timnas Indonesia," imbuh Shin Tae-yong.

Baca Juga

Ivar Jenner diketahui lahir pada 10 Januari 2004 dan kini bermain untuk tim U-21 Jong Utrecht, sedangkan Justin Hubner pada 14 September 2003, dan sedang meniti karier di klub Inggris, Wolverhampton Wanderers.

Sementara itu, Rafael Struick lahir 27 Maret 2003. Dia berposisi sebagai penyerang untuk klub kasta kedua Liga Belanda, ADO Den Haag. 

Akan tetapi, belakangan Justin Hubner mendapat panggilan untuk membela timnas Belanda U-20. Dia dimainkan di laga uji coba melawan Prancis U-20 pada 25 Maret silam.

Baca Juga

1. Justin Hubner

Presiden Joko Widodo bertemu Timnas Indonesia U-20 pasca batalnya piala dunia U-20.

Khusus masalah Justin, Shin Tae-yong telah berkomunikasi langsung dengan pemain Wolverhampton U-21 itu. Dia disebut menyatakan tetap mau menjadi WNI dan membela skuat Garuda. 

"Bisa terjadi masalah seperti ini karena proses naturalisasi kurang cepat. Tapi saya telepon langsung Justin dua hari lalu, dia masih niat dan mau menjadi WNI," tutur Shin Tae-yong beberapa hari lalu. 

Baca Juga

Shin Tae-yong mengaku tak masalah dengan panggilan Justin Hubner ke Belanda U-20. Yang terpenting adalah PSSI tetap melanjutkan proses naturalisasi agar bek tengah itu tetap bisa membela timnas Indonesia.

Baca Juga

"Jadi walaupun dipanggil Belanda, tak masalah yang penting kami tetap melanjutkan proses naturalisasi dan saya percaya dia akan datang ke timnas Indonesia," jelas Shin Tae-yong.

Piala Dunia U-20Timnas IndonesiaLiga IndonesiaBola IndonesiaPiala Dunia U-20 2023Ivar JennerBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongJustin Quincy HubnerOne Football

Berita Terkini