x

Liga Champions: Dianggap Berat Sebelah, UEFA Bekukan Wasit Laga AC Milan vs Napoli

Sabtu, 15 April 2023 16:05 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Isman Fadil
Untungkan AC Milan di leg pertama babak perempat final Liga Champions kontra Napoli, UEFA ‘singkirkan’ wasit Istvan Kovacs.

INDOSPORT.COM – Untungkan AC Milan di leg pertama babak perempat final Liga Champions kontra Napoli, UEFA ‘singkirkan’ wasit Istvan Kovacs.

Sejumlah fans Napoli sebelumnya kecewa dan sudah mengajukan gugatan perwakilan kelompok kepada wasit Istvan Kovacs serta UEFA sekaligus menuntut ganti rugi 150 juta euro (Rp 2,4 triliun).

Usut punya usut, UEFA dan Kovacs dinilai fans Partenopei telah melanggar prinsip keadilan olahraga dalam leg pertama babak perempat final Liga Champions kontra AC Milan.

Tindakan hukum juga ditempuh oleh asosiasi Noi Consumatori dan Napoli Club Maradona yang dibantu oleh pengacara Angelo Pisani dan sekelompok rekannya.

Mereka bersikukuh bahwa performa wasit berpaspor Romania, Istvan Kovacs, melanggar prinsip keadilan olahraga dengan menguntungkan Rossoneri dalam kemenangan 1-0 di leg pertama.

Baca Juga

“Kami tengah menyiapkan gugatan perwakilan kelompok dan meminta ganti rugi sebesar 150 juta euro pada UEFA, Aleksandar Ceferin, dan Marchetti.”

“Wasit di San Siro berpotensi menghancurkan mimpi seluruh kota, melukai (perasaan) jutaan fans yang cinta pada olahraga ini yang rela menghabiskan ribuan Euro untuk dekat dengan tim kesayangan mereka.”

Baca Juga

“UEFA tidak bisa memperlakukan Napoli dan Naples dengan cara seperti ini.”

UEFA tampaknya juga menanggapi keluhan fans Napoli sehingga mereka segera bertindak cepat untuk menyelesaikan masalah.

UEFA pada akhirnya ‘menyingkirkan’ wasit Istvan Kovacs setelah menguntungkan AC Milan di laga leg pertama babak perempat final Liga Champions di San Siro.

Baca Juga

1. UEFA Larang Kovacs Pimpin Laga di Eropa

Selebrasi pemain AC Milan, Ismael Bennacer bersama Davide Calabria di laga leg pertama Liga Champions antara AC Milan vs Napoli pada Kamis (13/04/2023). (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

UEFA dilaporkan sudah memutuskan untuk mencoret wasit Istvan Kovacs dari sisa pertandingan Eropa musim 2022/2023 ini setelah menunjukkan kinerja kontroversial dalam kemenangan AC Milan atas Napoli di Liga Champions.

Laga perempat final Liga Champions antara AC Milan dan Napoli itu memang sudah memanas baik dalam maupun di luar lapangan, belum ditambah keputusan ‘ngawur’ yang dibuah oleh wasit Istvan Kovacs.

Dalam keputusannya, Kovacs tak menghukum Rafael Leao yang menghancurkan bendera sudut dengan tendangan keras.

Selain itu, wasit berusia 38 tahun itu mengusir Andre-Frank Zambo Anguissa setelah menerima kartu kuning kedua dan mengganjar kartu kuning Kim Min-jae.

Dengan demikian, pria asal Korea Selatan itu tidak bisa tampil di leg kedua Liga Champions karena harus menjalani hukuman akumulasi kartu yang mana hal itu merugikan bagi Napoli.

Baca Juga

AC Milan pun sebetulnya juga tak kalah apes lantaran Rossoneri tidak mendapatkan hadiah penalti yang seharusnya bisa diberikan pada mereka.

Meski kedua belah pihak tampak dirugikan oleh keputusan wasit asal Romania itu, Napoli-lah yang paling dirugikan dalam keputusan ini.

Baca Juga

Oleh karena itu, menurut laporan jurnalis Italia bernama Luca Cerchione, UEFA telah memutuskan bahwa Kovacs tidak akan menjadi pengadil di lapangan lagi di pertandingan Eropa hingga akhir musim.

Sekadar informasi, Istvan Kovacs sudah memimpin lima pertandingan Liga Champions musim ini, termasuk kala Real Madrid membantai Liverpool 2-5 di Anfield Stadium.

Laga leg kedua babak perempat final Liga Champions antara Napoli vs AC Milan akan digelar pada Rabu (19/04/2023) pukul 02:00 WIB) di Stadion Diego Armando Maradona.

Baca Juga

Sumber: Football Italia

Liga ChampionsUEFAAC MilanNapoli

Berita Terkini