x

Gebrakan Erick Thohir, Tak Ada Ampun untuk Pelaku Match Fixing dan Suporter Rusuh!

Rabu, 19 April 2023 17:55 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
Ketum PSSI, Erick Thohir mengunjungi Stadion Jakabaring Palembang untuk persiapan Piala Dunia U-20. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, akan menerapkan peraturan tegas dalam kompetisi sepak bola Indonesia. Dia menegaskan tak ada ruang untuk pelaku pengaturan skor maupun suporter rusuh.

Untuk mewujudkannya, Erick sudah berkomunikasi dengan seluruh jajaran Exco PSSI. Bahkan, ia mengatakan hukuman-hukuman tegas sudah disiapkan.

Salah satunya adalah memaksa klub yang terlibat pengaturan skor untuk langsung degradasi. Serta pelakunya mendapat hukuman larangan seumur hidup.

Hukuman tegas untuk klub-klub bukan cuma seputar pengaturan skor. Tindak tanduk suporter rusuh bisa berakibat pemangkasan poin terhadap klub yang bersangkutan.

Baca Juga

“Saya sudah bicara dengan PT LIB dan Exco. Saya ingin pengurangan poin ke depan (rusuh suporter), jadi kalau ada sebuah kejadian di lapangan," ujarnya.
 
"Kalau match fixing langsung degradasi saja. Wasit, pemain, atau siapa pun terlibat hukum seumur hidup," cetus Erick Thohir.

Baca Juga

Bukan tanpa alasan Erick menerapkan hukuman tegas ini. Sebab, dia ingin seluruh suporter juga memiliki rasa memiliki terhadap klub yang mereka dukung.

“Tapi kalau ada problem lain seperti kemarin (rusuh suporter), kembali, dikurangi saja poinnya. Supaya klub dan suporter merasa punya tanggung jawab yang sama. Kan kalau klubnya kurang poin, rugi," jelasnya. 

Baca Juga

1. Belum Final

Ketum PSSI, Erick Thohir. (Foto: PSSI)

Namun, Erick Thohir menegaskan keputusan ini masih belum final lantaran harus ada pembicaraan lebih detail dengan beberapa pihak terkait.

Baca Juga

“Biar punya tanggung jawab sama-sama. Pihak keamanan punya tanggung jawab, klub punya tanggung jawab, sahabat-sahabat suporter harus jadi bagian juga. Kita harus saling jaga," jelas Erick Thohir.

Baca Juga

"Kasihan juga kalau suporter sudah mati-matian membela timnya, tiba-tiba ada hal yang tidak diinginkan. Kalau poinnya dikurangi, jadi apa? Tentu hal yang tidak diinginkan oleh suporter. Ini salah satunya, tapi belum jadi keputusan," pungkasnya.

PSSIErick ThohirSuporterPengaturan Skor Pertandingan (match fixing)Liga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2022-2023One Football

Berita Terkini