x

Termasuk Rekor AC Milan, 8 Catatan di Luar Nalar dan 'Mustahil' yang Terjadi di Sepak Bola!

Minggu, 23 April 2023 09:30 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Rekor-rekor yang tak disangka bisa terjadi di sepak bola, bisa saja tercipta di olahraga ini, salah satunya rekor AC Milan.

INDOSPORT.COM – Sepak bola dikenal dengan banyak rekor. Bahkan, rekor-rekor yang tak disangka bisa terjadi, bisa saja tercipta di olahraga ini.

Dewasa ini, sepak bola selalu identik dengan rekor dan juga statistik menyusul perkembangannya yang pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Rekor-rekor dan statistik-statistik ini kemudian menjadi sebuah fakta-fakta menarik yang bahkan bisa membuat orang tercengang.

Baca Juga

Bahkan, rekor-rekor dan statistik yang bikin tercengang ini melibatkan banyak klub populer dan tokoh-tokoh besar di dunia sepak bola.

Berikut INDOSPORT sajikan sederet catatan mencengangkan yang biasanya yang pernah terjadi di sepak bola, tetapi benar-benar terjadi.

Baca Juga

1. AC Milan Juara dengan Mencetak 36 Gol

Rekor yang diyakini tak bisa terulang lagi adalah catatan apik AC Milan yang berhasil menjadi juara Liga Italia dengan hanya memasukkan 36 gol dalam 34 laga.

Uniknya, catatan itu hanya unggul satu gol dari Udinese dan Atalanta yang harus terdegradasi ke Serie B usai duduk di peringkat ke-16 dan ke-17.

AC Milan bisa juara dengan torehan itu karena juga memiliki jumlah kebobolan sedikit, yakni 15 gol dari 34 pertandingan di Serie A 1993/94.

Baca Juga

2. Dundee United Punya Rekor 100 Persen atas Barcelona

Tak ada yang meragukan kapasitas Barcelona sebagai tim besar di dunia. Bahkan, hampir seluruh tim dunia yang bertemu dengan Blaugrana bisa tumbang.

Tapi dari seluruh tim di dunia ini yang pernah mereka hadapi, Barcelona tak bisa mengalahkan tim asal Skotlandia, Dundee United.

Bahkan Dundee United mampu mencetak 100 persen kemenangan atas Barcelona dalam empat pertemuan, yakni di ajang Liga Europa pada musim 1966/67 dan 1986/87.

Baca Juga

1. Rekor 'Mustahil' Lainnya

Jose Mourinho saat membela Inter Milan

3. Jose Mourinho Tak Pernah Kalah di Kandang dalam 9 Tahun

Jose Mourinho adalah pelatih yang selalu mengutamakan kemenangan dalam pertandingan, terutama saat bermain di laga kandang.

Karena kepiawaiannya itu, Mourinho punya rekor mentereng yakni tak terkalahkan di laga kandang selama 9 tahun lamanya, yakni dari 2002 hingga 2011.

Selama 9 tahun itu, ia menukangi FC Porto, Chelsea, Inter Milan, dan Real Madrid, di mana rekornya hancur bersama El Real kala dibekuk Sporting Gijon.

Baca Juga

4. Timo Werner Lebih Tajam di Liga Champions ketimbang Ronaldo

Timo Werner dianggap sebagai penyerang Flop atau gagal bagi Chelsea, karena banyak membuang-buang peluang di muka gawang.

Meski dibilang Flop, Timo Werner punya catatan gol lebih baik ketimbang striker legendaris Brasil, Ronaldo, di kancah Liga Champions.

Di Liga Champions, Timo Werner telah mencetak 17 gol, unggul tiga gol atas Ronaldo. Bahkan, nama pertama bisa merengkuh gelar itu, gelar yang tak didapat oleh eks Barcelona dan Real Madrid tersebut.

Baca Juga

5. Mark Hughes Bermain 2 Kali Sehari

Di sepak bola Eropa, sulit menemukan pemain yang bermain di level profesional sebanyak dua kali dalam satu hari. Namun, Mark Hughes pernah melakukan hal itu.

Eks penyerang Manchester United ini melakukannya pada November 1987. Saat itu, ia bermain bagi Wales melawan Cekoslovakia. Setelah pertandingan, ia terbang ke Jerman.

Sesampainya di Jerman, ia langsung ke stadion untuk membela Bayern Munchen. Karena telat datang, ia bermain di babak kedua.

Baca Juga

2. Di Luar Nalar

Rooney dan Ronaldo.

6. Cetak 4 Gol di Laga yang Berakhir 2-2

Mencetak satu gol di sebuah pertandingan sepak bola terbilang biasa. Tapi seorang Chris Nicholl bisa mencetak 4 gol dalam satu laga yang berakhir dengan skor 2-2.

Hal itu terjadi pada Maret 1976. Kala itu ia bermain bagi Aston Villa yang berhadapan dengan Leicester City.

Di awal laga, ia membuat Leicester unggul dua gol atas Aston Villa karena gol bunuh dirinya. Beruntung bagi The Villas, Chris Nicholl bisa menyamakan kedudukan lewat dua golnya.

7. Cristiano Ronaldo Cetak Gol Lebih Banyak di Kepala 3 Ketimbang Gol Wayne Rooney

Wayne Rooney merupakan salah satu penyerang tajam yang mampu mencetak 366 gol sepanjang kariernya di dunia sepak bola.

Tapi, torehan itu masih kalah dari seorang Cristiano Ronaldo yang mampu mencetak total 376 gol saat dirinya menginjak usia 30 tahun.

Dengan kata lain, seluruh gol di karier Rooney yang belasan tahun, mampu dikalahkan Cristiano Ronaldo dalam waktu 8 tahun saja di usianya yang kini 38 tahun.

8. Philipp Lahm Tak Pernah Buat Pelanggaran Setahun Penuh

Sebagai seorang bek, wajar rasanya jika pelanggaran dilakukan oleh seorang pemain. Namun, Philipp Lahm mencetak rekor di luar nalar.

Dari September 2014 hingga Oktober 2015, Lahm yang berposisi sebagai bek kanan, tak pernah membuat satu pelanggaran pun di lapangan.

Tak mengherankan jika dirinya menjadi salah satu pemain yang tak pernah diusir dari keluar lapangan karena ia jarang melanggar lawan.

Cristiano RonaldoPhilipp LahmBarcelonaJose MourinhoWayne RooneyBayern MunchenAC MilanRonaldoMark HughesRooney-RonaldoDundee UnitedBola InternasionalTimo WernerTRIVIASepak BolaOne Football

Berita Terkini