x

5 Catatan Unik Pasca Man City Hajar Arsenal: De Bruyne Jadi Momok The Gunners

Kamis, 27 April 2023 14:13 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Manchester City menunjukkan kedigdayaannya kala membungkam Arsenal di pekan ke-33 Liga Inggris (Premier League) 2022/23, Kamis (27/04/23).

INDOSPORT.COM – Manchester City menunjukkan kedigdayaannya kala membungkam Arsenal di pekan ke-33 Liga Inggris (Premier League) 2022/23, Kamis (27/04/23).

The Cityzens, julukan Man City, mampu mengalahkan pesaingnya dalam perebutan juara Liga Inggris 2022/23 itu dengan skor 4-1.

Di laga yang berlangsung di Stadion Etihad tersebut, Man City mampu unggul cepat atas Arsenal berkat gol Kevin De Bruyne di menit ke-7.

Keunggulan itu kemudian digandakan oleh John Stones jelang babak pertama bubaran lewat tandukannya memanfaatkan tendangan bebas De Bruyne.

Lalu di babak kedua, pemain berpaspor Belgia itu kembali menunjukkan magisnya dengan mencetak gol ketiga Man City di menit ke-54.

Baca Juga

Arsenal pun kemudian sempat memperkecil kedudukan lewat Rob Holding di menit ke-86. Akan tetapi, Manchester City mampu menutup laga lewat gol telat Erling Haaland di masa Injury Time.

Kemenangan 4-1 membuat tim besutan Pep Guardiola itu pun memangkas jarak poin dengan Arsenal yang duduk di puncak klasemen, dengan perbedaan hanya dua poin saja.

Baca Juga

Hanya saja, Man City masih punya tabungan dua laga lebih sedikit dari Arsenal. Jika mampu meraih satu kemenangan dari dua tabungan laga itu, The Cityzens pun akan duduk di puncak.

Dengan tujuh laga tersisa, Man City pun berpeluang menutup musim dengan gelar juara Liga Inggris untuk kali ketiga secara beruntun.

Di balik kemenangan meyakinkan Manchester City atas Arsenal ini, ada sederet catatan unik yang tercipta. Apa saja catatan unik tersebut? Berikut rangkuman INDOSPORT.

Baca Juga

1. Kryptonite Arsenal Bernama De Bruyne

Gelandang Manchester City, Kevin De Bruyne, merayakan golnya ke jala Arsenal dalam pertandingan Liga Inggris, Kamis (18/06/20).

1. Kevin De Bruyne Momok Arsenal

Kevin De Bruyne benar-benar menjadi momok Arsenal. Tak hanya di musim ini, melainkan juga sepanjang karier pemain asal Belgia itu.

Di musim ini, De Bruyne telah mencetak 3 gol dan 2 assist dari dua pertemuan dengan Arsenal di Liga Inggris, atau selalu berkontribusi gol setiap bertemu The Gunners.

Dalam kariernya, Arsenal juga menjadi lawan favorit De Bruyne. Tercatat pemain berusia 31 tahun ini telah mencetak 8 gol ke gawang Arsenal dari 19 pertemuan dengan mengantongi 14 kemenangan.

Baca Juga

2. De Bruyne Ungguli Messi

Berkat satu assist yang dibuatnya ke gawang Arsenal, Kevin De Bruyne mampu mengungguli Lionel Messi sebagai pencetak assist terbanyak di 5 liga top Eropa musim 2022/23 ini.

Satu assist yang ia buat di laga kontra Arsenal, membuat eks penggawa Chelsea dan Wolfsburg ini total sudah mencetak 18 assist di kancah liga, unggul atas Messi yang baru mencetak 15 assist.

Bahkan jika ditotal di musim 2022/23 ini, De Bruyne tetap unggul dengan total 24 assist, ketimbang Messi yang baru mencetak 19 assist.

Baca Juga

3. De Bruyne Lampaui Beckham

Tak hanya mengalahkan Messi, Kevin De Bruyne juga mengalahkan legenda sekelas David Beckham di Liga Inggris soal gol dan assist.

Berkat gol dan assistnya ke gawang Arsenal, De Bruyne telah mencetak 63 gol dan 101 assist sejak merumput di Liga Inggris pada 2013 atau selama 8,5 tahun.

Sedangkan Beckham yang notabene dicap sebagai Playmaker terbaik di Liga Inggris hanya mampu mencetak 62 gol dan 80 assist saja selama 11 tahun berkarier di kompetisi itu.

Baca Juga

2. Haaland Tak Ketinggalan

Erling Haaland saat laga Liga Inggris antara Manchester City vs Manchester United

4. Erling Haaland Sang Pemecah Rekor

Berkat satu golnya ke gawang Arsenal di menit-menit akhir, Erling Haaland menjadi pencetak gol terbanyak dalam satu musim Liga Inggris dengan format 38 pertandingan dengan 33 gol.

Sebelumnya, catatan terbaik dalam sejarah Liga Inggris dengan format 38 pertandingan dipegang oleh Mohamed Salah pada musim 2017/18 dengan 32 gol.

Selain itu, 33 gol yang dibuat Haaland membuatnya menyamai catatan Jorge Robledo di musim 1951/52 sebagai pemain non-British yang mampu mencetak 33 gol dalam satu musim kompetisi.

5. Man City Pecundangi Arsenal

Kemenangan atas Arsenal di pekan ke-33 ini menambah panjang daftar kedigdayaan Manchester City atas tim asal London Utara itu.

Berkat kemenangan 4-1 itu, Man City arahan Pep Guardiola telah memenangkan 12 pertemuan terakhirnya dengan Arsenal di ajang Liga Inggris.

Jika ditarik ke belakang, maka Man City mampu menang atas Arsenal di Liga Inggris sejak tahun 2017, dengan agregat skor fantastis, yakni 33-5.

ArsenalManchester CityKevin De BruyneIn Depth SportsErling Braut HaalandOne Football

Berita Terkini