x

Manajer Timnas Indonesia U-22 Ungkap Kronologi Kena Bogem Staf Timnas Thailand

Rabu, 17 Mei 2023 12:36 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Manajer Timnas Indonesia U-22, Sumardji jadi sorotan saat laga final SEA Games 2023 lawan Thailand, Selasa (16/05/23) malam di National Olympic Stadium, Phnom Penh.

INDOSPORT.COM - Manajer timnas Indonesia U-22, Sumardji, jadi sorotan saat laga final SEA Games 2023, Selasa (16/05/23) malam di National Olympic Stadium, Phnom Penh. Dia tertangkap kamera dipukul oleh staf Thailand.

Timnas U-22 memang berhasil menang 5-2 atas Thailand dan berhak mendapatkan medali emas cabor sepak bola SEA Games 2023. Tapi, sempat terjadi kericuhan saat laga semalam.

Dari tayangan televisi terlihat official Thailand lalukan selebrasi dengan 'menyerang' bench Timnas U-22 saat berhasil samakan skor jadi 2-2 pada tambahan waktu babak kedua. Setelah dilerai, suasana kemudian kondusif.

Namun, saat Indonesia berhasil balikan keadaan jadi 3-2 pada babak pertama extra time, staf dan beberapa pemain Timnas Thailand kembali berubah. Bahkan kubu lawan memukul manajer Timnas U-22 hingga memar di bagian bibir.

Sumardji tidak menyangka akan mendapat perlakuan seperti itu. Padahal, niatnya adalah untuk menenangkan situasi agar tidak terjadi kericuhan karena official Thailand terpancing emosinya karena selebrasi Timnas Indonesia U-22.

Baca Juga

"Jadi tadi itu pada saat kita membalikkan keadaan, dari 2-2 lalu 3-2, ofisial semuanya pada lari ke bench-nya Thailand," buka Sumardji.

"Karena ofisial semua lari, anak-anak juga, ceritanya membalas (selebrasi) Thailand waktu samakan 2-2. Begitu membalas ke sana, saya sampaikan jangan, tapi rupanya tiba-tiba dari belakang saya dipukul. Begitu dipukul, langsung jatuh saya," ceritanya.

Baca Juga

Akibat kejadian itu, wasit asal Oman, Matar Ali kemudian dengan tegas memberikan kartu merah kepada kiper Thailand, Rakyart dan bek Timnas U-22, Komang Teguh serta untuk dua staff  Thailand.

Yang mengejutkan, Sumardji bahkan juga harus ikut terkena kartu merah dari wasit karena dianggap ikut terlibat keributan.

Meski demikian, Sumardji mengatakan tidak dendam terhadap perlakuan official Thailand. Dia menilai, pertandingan berlangsung dalam tensi tinggi sehingga semuanya tidak bisa mengontrol emosi.

Baca Juga

1. Perjuangan Tidak Sia-sia

Manajer Timnas Indonesia U-23, Sumardji memberi wejangan jelang laga SEA Games 2019 melawan Singapura.

Pria yang juga polisi berpangkat Kombes itu menilai perjuangannya tidak sia-sia karena Indonesia berhasil meraih medali emas. Itu mengakhiri puasa gelar selama 32 tahun.

"Tapi itu bagi saya, sudahlah tidak apa-apa. Namanya juga perjuangan, membutuhkan pengorbanan," tuturnya.

"Saya juga berterima kasih, mungkin kalau bench mereka tidak emosi dengan saya dan yang lain, mungkin tak terjadi seperti ini," sambung Sumardji.

"Tapi sekali lagi, ini adalah berkat dan Rahmat dari yang kuasa, memberikan anugerah kepada kita setelah 32 tahu  kita susah mendapatkan, hari ini, malam ini kita dapat emas," tambahnya.

Sumardji tak lupa berterima kasih ke suporter yang hadir langsung, Ketum PSSI dan Kapolri yang telah mengizinkannya mendampingi Timnas U-22 di SEA Games 2023. Dia persembahkan gelar juara itu untuk semua yang mendukung perjuangan skuad Garuda Muda, baik lewat doa dan hadir di stadion. 

Baca Juga

"Terkhusus saya, terima kasih ke Kapolri yang sudah menugaskan saya untuk menjadi pembawa Timnas U-22 di SEA Games. Pesan beliau agar menjaga mental anak-anak dari menit awal datang sampai hari ini, mental anak-anak terjaga dengan baik," jelasnya.

"Makasih juga kepada Ketum yang telah beri support luar biasa kepada tim ini," tuntas Sumardji.

Baca Juga

Pertandingan semalam berlangsung dramatis dan menguras energi. Indonesia sempat unggul 2-0 di babak pertama berkat gol Ramadhan Sananta ('21 dan 45+4).

Tapi, Thailand berhasil samakan kedudukan jadi 2-2 di babak kedua lewat aksi Anan Yodsangwal ('65) dan Yotsakorn Burapha ('90+8).

Setelah melalui perpanjangan waktu 2x15 menit, Timnas U-23 kemudian berbalik unggul 5-2 setelah Irfan Jauhari ('92), Fajar Fathurrahman ('106) dan Beckham Putra ('120) mencetak gol tambahan.

Baca Juga
Timnas U-22Bola InternasionalTimnas ThailandTimnas Indonesia U-22Kombes Pol SumardjiSEA Games 2023

Berita Terkini