x

3 Keuntungan yang Didapat AC Milan jika Berhasil Gaet Loftus-Cheek dari Chelsea

Jumat, 19 Mei 2023 15:13 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Raksasa Liga Italia, AC Milan, telah mengadakan pembicaraan untuk menggaet Ruben Loftus-Cheek dari Chelsea untuk bursa transfer musim panas nanti.

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Italia, AC Milan, telah mengadakan pembicaraan untuk menggaet Ruben Loftus-Cheek dari Chelsea untuk bursa transfer musim panas nanti.

Dilaporkan oleh juru transfer ternama, Gianluca Di Marzio dan Fabrizio Romano, tim berjuluk Rossoneri itu sudah mengajak klub asal London Barat itu untuk bernegosiasi.

AC Milan dikabarkan akan memenuhi permintaan Chelsea untuk pemain berusia 27 tahun tersebut saat bursa transfer musim panas dibuka.

Dalam laporan lebih lanjut, pihak Loftus-Cheek pun dikabarkan tertarik untuk menyusul mantan rekannya, Fikayo Tomori, ke kota Milano.

Dengan adanya ketertarikan dari sang pemain, usaha tim Italia itu untuk memboyongnya pada musim panas nanti pun terbuka lebar.

Baca Juga

Terlebih AC Milan sudah meminati jasa Ruben Loftus-Cheek sejak lama, yakni sejak 2022 lalu. Bahkan Rossoneri sudah beberapa kali mengajukan penawaran kepada Chelsea.

Namun pihak Chelsea enggan melepasnya karena masih membutuhkan jasa jebolan akademinya tersebut untuk mengarungi musim ini.

Baca Juga

Kini impian AC Milan untuk mendapatkannya hampir menjadi kenyataan. Apalagi Chelsea pun dikabarkan terbuka untuk melegonya.

Tim berjuluk The Blues itu terbuka melego Loftus-Cheek karena diancam aturan Financial Fair Play (FFP) usai belanja besar-besaran sepanjang tahun 2022 hingga 2023 ini.

Jika AC Milan berhasil mendapatkan Ruben Loftus-Cheek dari Chelsea di musim panas nanti, ada beberapa keuntungan yang bakal didapatkan tim yang juga berjuluk Il Diavolo Rosso itu. Apa saja?

Baca Juga

1. Bakal Untung Besar

Ruben Loftus-Cheek menjaga penguasaan bola.

1. Murah Meriah

Keuntungan pertama yang didapatkan AC Milan adalah keuntungan secara finansial, di mana Ruben Loftus-Cheek memiliki harga yang murah.

Dilaporkan dari berbagai sumber, Chelsea kabarnya hanya akan mematok harga sekitar 20 juta euro (Rp322 miliar) untuk pemainnya itu.

Angka tersebut terbilang murah karena beberapa faktor. Faktor pertama adalah kontraknya yang akan berakhir pada Juni 2024, atau setahun lagi.

Lalu faktor kedua adalah secara usia. Dengan harga 20 juta euro, AC Milan bakal mendapatkan pemain yang tengah berada di usia emasnya dan punya pengalaman segudang.

Dengan dua pertimbangan itu, AC Milan akan merasa diuntungkan dari sisi finansial yang memang menjadi kendala Rossoneri dalam belanja pemain.

Baca Juga

2. Pemain Versatile

Dengan harga 20 juta euro itu, AC Milan tak hanya mendapatkan gelandang berbakat, melainkan juga pemain yang punya kemampuan menempati beragam posisi.

Loftus-Cheek memang lebih banyak dikenal sebagai gelandang Box to Box atau gelandang nomor 8, yang andal sebagai Carriers dari area pertahanan ke area lawan.

Baca Juga

Sepanjang kariernya, Loftus-Cheek ternyata bisa dipasang sebagai Wing Back, gelandang bertahan, dan juga pernah mencicipi posisi sebagai penyerang saat masih ditukangi Jose Mourinho.

Dengan kemampuan itu, Loftus-Cheek bisa mengisi kekurangan AC Milan di beberapa sektor selain gelandang, baik itu winger kanan ataupun bek kanan yang memang menjadi kekurangan Rossoneri musim ini.

Kemampuannya dalam melakukan dribel dan menjaga penguasaan bola akan memberikan banyak opsi bagi Stefano Pioli dalam mengotak-atik formasi AC Milan.

Baca Juga

2. Kualitas Pemain

Ruben Loftus-Cheek saat laga Liga Champions antara Chelsea vs AC Milan

3. Kualitas Loftus-Cheek

Sejak kepergian Franck Kessie, AC Milan tak punya gelandang Box to Box mumpuni, yang bisa membuat perubahan dengan permainannya.

Loftus-Cheek pun bisa menjadi pengganti sepadan baginya, mengingat ia punya catatan yang bahkan jauh lebih baik dari Kessie di AC Milan.

Dilansir dari FBRef, Loftus-Cheek merupakan gelandang Box to Box murni yang andaln dalam meng-Carries atau membawa bola dari areanya ke area lawan.

Kemampuan dribelnya ini membuatnya mencatatkan 2,02 Shot Creating-Actions, atau peluang berbuah tembakan.

Lalu dalam hal akurasi operan, Loftus-Cheek punya akurasi operan sebesar 85,9 operan dari 55,05 operan per 90 menit, dan dibarengi 3,03 dribel per laga dengan rataan 1,60 dribel sukses.

Dengan posturnya yang mumpuni, Loftus-Cheek pun andal dalam duel lapangan dan duel udara, yang bisa membantu AC Milan memenangkan Second Ball di area tengah.

Dengan harga 20 juta euro, tentu sulit mencari gelandang dengan kualitas, versatilitas, dan usia matang yang kaya pengalaman seperti Loftus-Cheek.

Bursa TransferChelseaAC MilanRuben Loftus-CheekIn Depth SportsOne Football

Berita Terkini