x

Hitung-hitungan Peluang 4 Besar Liga Italia: AC Milan Paling Terancam

Sabtu, 20 Mei 2023 13:26 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Kompetisi Liga Italia (Serie A) 2022/23 menyisakan tiga partai terakhir. Di tiga laga terakhir ini, ada perebutan posisi empat besar yang melibatkan empat tim.

INDOSPORT.COM – Kompetisi Liga Italia (Serie A) 2022/23 menyisakan tiga partai terakhir. Di tiga laga terakhir ini, ada perebutan posisi empat besar untuk menembus Liga Champions musim depan.

Liga Italia atau yang dikenal dengan Serie A tengah memasuki babak akhir, di mana jelang berakhirnya musim ini, masih ada sederet persaingan panas hingga pekan ke-38.

Persaingan panas ini bukan lagi soal gelar juara, menyusul keberhasilan Napoli merengkuh Scudetto di pekan ke-33 melawan Udinese (05/05/23).

Justru persaingan panas akan tercipta di bawah Napoli, saat enam tim memperebutkan tempat untuk bisa tampil di kompetisi Eropa.

Persaingan enam tim pun bisa diruncingkan ke empat tim saja yang punya peluang lebih besar untuk bisa tampil di Liga Champions musim depan.

Baca Juga

Keempat tim itu adalah Juventus, Inter Milan, Lazio, dan AC Milan. Keempat tim ini akan memperebutkan tiga tiket tersisa di posisi empat besar Liga Italia.

Sebagai informasi, satu tiket ke Liga Champions musim depan sudah dimiliki oleh Napoli yang berstatus kampiun Liga Italia musim ini.

Baca Juga

Sehingga, empat tim itu akan saling sikut memperebutkan posisi kedua, ketiga, dan keempat guna bisa berpartisipasi di Liga Champions musim depan.

Di antara keempat tim itu, perbedaan poin yang dimiliki keempatnya hanya delapan poin saja. Dengan tiga pertandingan tersisa, peluang keempatnya finis empat besar pun terbuka.

Tapi, siapakah yang lebih berpeluang finis empat besar Liga Italia 2022/23 dan lolos ke Liga Champions musim depan? Akankah Juventus, Inter Milan, Lazio, atau AC Milan?

Baca Juga

1. Peluang 4 Tim Berebut 3 Tempat Tersisa

Duel pemain Lazio Marcos Antonio dengan pemain AC Milan Ismael Bennacer pada Serie A Italia, Sabtu (06/05/23). (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

Saat ini, Juventus, Inter Milan, Lazio, dan AC Milan secara berurutan duduk di tempat kedua, ketiga, keempat, dan kelima klasemen Liga Italia 2022/23.

Jarak antara keempatnya hanya delapan poin, di mana Juventus yang ada di peringkat kedua, unggul tiga poin atas Inter, unggul empat poin atas Lazio, dan unggul delapan poin atas AC Milan.

Dengan tiga pertandingan tersisa, Juventus menjadi tim yang paling aman untuk finis empat besar, dengan membutuhkan satu kemenangan saja untuk mengunci posisi di empat besar.

Sedangkan Inter, Lazio, dan AC Milan masih harus bersaing minimal hingga pekan ke-37 untuk bisa menentukan siapa yang berhak finis empat besar. Berikut daftar lawan tersisa keempat tim itu.

Baca Juga

Juventus:

Pekan ke-36: Empoli (Away)
Pekan ke-37: AC Milan (Home)
Pekan ke-38: Udinese (Away)

Inter Milan:

Pekan ke-36: Napoli (Away)
Pekan ke-37: Atalanta (Home)
Pekan ke-38: Torino (Away)

Lazio:

Pekan ke-36: Udinese (Away)
Pekan ke-37: Cremonese (Home)
Pekan ke-38: Empoli (Away)

AC Milan:

Pekan ke-36: Sampdoria (Home)
Pekan ke-37: Juventus (Away)
Pekan ke-38: Verona (Home)

Baca Juga

Melihat lawan-lawan yang akan dihadapi, Lazio menjadi tim yang paling diuntungkan karena akan menghadapi tiga laga mudah, sedangkan Inter menjadi tim dengan lawan berat yang tersisa.

Di sisi lain, meski dua dari tiga lawan AC Milan selanjutnya adalah tim zona merah, Rossoneri tetap berada dalam kesulitan karena masih akan bertarung dengan Juventus untuk posisi empat besar.

Bagaimana skenarionya keempat tim untuk bisa finis empat besar? Siapa yang paling berpeluang menembus Liga Champions musim depan?

Baca Juga

2. Lazio Punya Peluang, AC Milan Terancam

Laga Liga Italia (Serie A) antara Lazio vs AC Milan. REUTERS/Alberto Lingria

Berkaca dari laga-laga tersisa, Juventus hanya perlu menang di laga tandang melawan Empoli untuk memastikan satu tempat di Liga Champions musim depan.

Sedangkan Inter yang punya lawan dua lawan berat di laga tersisa, hanya butuh empat poin saja dan masih punya peluang lolos Liga Champions via jalur juara ajang tersebut musim ini.

Sehingga, persaingan menyisakan Lazio dan AC Milan untuk menentukan satu posisi tersisa di empat besar demi menembus Liga Champions musim depan.

Berkaca dari laga tersisanya, Lazio menjadi tim yang paling berpeluang, mengingat tiga lawannya adalah tim di luar 10 besar, yakni Udinese, Cremonese, dan Empoli.

Sehingga, Lazio diprediksi bisa meraih sembilan poin dan mendapat maksimal 74 poin, yang bisa membawanya ke tangga kedua dan ketiga.

Sedangkan AC Milan hanya bisa memiliki poin maksimal 70 poin di tiga laga tersisa ini. Belum lagi dengan fakta bahwa laga tersisanya masih akan menghadapi Juventus.

Jika Juventus gagal meraih kemenangan melawan Udinese di pekan ke-36, maka Bianconeri akan memaksimalkan laga melawan AC Milan untuk memastikan tempat di Liga Champions.

Sehingga, satu-satunya jalan AC Milan bisa menembus empat besar adalah memenangkan semua laga tersisa, termasuk menang atas Juventus.

Tak hanya menang, AC Milan juga harus berharap Lazio sebagai pesaing terdekatnya, hanya bisa meraih maksimal tiga poin dari tiga laga terakhirnya agar bisa finis empat besar.

Serie A ItaliaAC MilanInter MilanJuventusLazioIn Depth SportsLiga ItaliaOne Football

Berita Terkini