x

Murka AC Milan Jika Gagal Lolos ke Liga Champions Musim Depan, Babat Habis 11 Pemain

Sabtu, 20 Mei 2023 14:18 WIB
Editor: Juni Adi
Selebrasi pemain AC Milan, Ismael Bennacer bersama Davide Calabria di laga leg pertama Liga Champions antara AC Milan vs Napoli pada Kamis (13/04/2023). (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

INDOSPORT.COM - AC Milan kini hanya fokus untuk finis di empat besar klasemen akhir Liga Italia demi bisa tampil di kompetisi bergengsi Eropa musim depan, jika gagal banyak pemain yang didepak.

AC Milan kini hanya fokus untuk menyelesaikan sisa pertandingan di Serie A setelah tersingkir dari sejumlah kompetisi, Liga Champions, Coppa Italia hingga Supercoppa Italia.

Tim besutan Stefani Pioli bertekad untuk memenangkan tiga pertandingan sisa Liga Italia, demi bisa finis di empat besar dan merebut tiket Eropa (Liga Champions) musim depan.

Saat ini AC Milan terlempar di posisi ke-5 klasemen Liga Italia dengan mengoleksi 61 poin dari 35 pertandingan. Mereka terpaut empat poin dari Lazio di peringkat ke-4 dengan 65 poin.

Padahal sebelum keluar dari empat besar, AC Milan sempat bertengger lama di papan atas dan menjadi favorit mempertahankan gelar.

Namun inkonsistensi permainan di awal 2023 membuat mereka harus terlempar dari perburuan gelar. Dari enam pertandingan periode Januari-Februari awal, AC Milan hanya bisa meraih satu kemenangan.

Baca Juga

Sisanya dua kali ditahan imbang, dan tiga kali menelan kekalahan beruntun saat tunduk 0-4 vs Lazio, 2-5 vs Sassuolo, dan 0-1 vs Inter Milan di Liga Italia.

Total hingga hari ini, AC Milan hanya bisa memenangkan 7 pertandingan dari total 20 pertandingan Liga Italia di tahun 2023, dengan rincian 7 menang, 7 imbang dan 6 kali menelan kekalahan.

Baca Juga

Performa I Rossoneri kerap naik turun di setiap pekannya, tidak lepas dari pecahnya fokus karena AC Milan tampil apik di Liga Champions.

Karena bisa menembus hingga partai semifinal, sebelum disingkirkan oleh Inter Milan dengan agregat 3-0.

Kini mereka bisa mengembalikkan fokus seutuhnya, lantaran Liga Italia musim 2022/23 tinggal menyisakan tiga pertandingan saja untuk meraup banyak poin.

Hal itu dilakukan untuk bisa kembali bermain di Liga Champions musim depan. Tetapi Peluang AC Milan untuk finis di empat besar pun terbilang sulit karena ketatnya persaingan.

Jika gagal menembus empat besar di klasemen akhir Liga Italia, bukan tidak mungkin sejumlah pemain lama bakal kena tumbalnya untuk dilepas pada bursa transfer musim panas 2023 nanti. Siapa saja yang berpotensi dipecat?

Baca Juga

1. Daftar 11 Pemain yang Bisa Didepak

Bek AC Milan, Malick Thiaw dan Fikayo Tomori. (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

Dilaporkan Corriere dello Sport, AC Milan kabarnya akan merombak skuadnya di bursa transfer musim panas nanti, karena gagal total musim 2022-2023.

Total ada 11 pemain ini dianggap layak meninggalkan AC Milan karena tak memberikan kontribusi besar terhadap tim diberbagai ajang.

Kendati demikian, tidak semuanya bakal dibuang, ada yang memang dilepas ke klub lain dengan status pinjaman.

Ada yang dijual, ada yang dilepas karena kontraknya habis dan tidak diperpanjang, ada juga yang kembali ke klub asalnya karena masa pinjaman di AC Milan sudah selesai tapi Rossoneri enggan mempermanenkan statusnya.

6 Pemain yang Pasti Dilepas

Enam pemain yang sudah pasti akan segera meninggalkan AC Milan adalah Ciprian Tatarusanu, Antonio Mirante, Sergio Dest, Tiemoue Bakayoko, Zlatan Ibrahimovic dan Aster Vranckx.

Baca Juga

Saat ini AC Milan mempunyai empat kiper yang ada di skuad senior, dengan hanya satu yang menjadi pilihan utama yaitu Mike Maignan.

Sejak kembali dari cedera, performa pemain asal Prancis itu tampil mengesankan hingga membuat tiga kiper lainnya tak kebagian menit bermain.

Baca Juga

Kini manajemen akan melepas dua kiper di antaranya yakni Ciprian Tatarusanu dan Antonio Mirante. Selain hanya jadi cadangan mati, keduanya juga sudah tidak lagi muda yakni berusia 37 dan 39 tahun.

Tiemoue Bakayoko diboyong oleh AC Milan dari Chelsea pada musim panas kemarin dengan status pinjaman. Performanya di lini tengah sebagai seorang gelandang bertahan ternyata kurang memuaskan Stefano Pioli.

Ia hanya diturunkan dalam tiga pertandingan di Serie A dengan 39 menit bermain. Alhasil, Bakayoko bakal dikembalikan oleh AC Milan ke Chelsea.

Baca Juga

Begitu juga dengan Sergino Dest. Bek kanan ini sebenarnya sempat beberapa kali jadi andalan Pioli di lini belakang, tetapi performanya kurang memuaskan karena hanya dimainkan dalam 14 pertandingan.

Ia akan dikembali ke klub asalnya Barcelona pada akhir musim ini. Nasib serupa juga dialami oleh Aster Vranckx. Pemain berposisi sebagai gelandang tengah ini akan dipulangkan ke klub asalnya, Wolfsburg pada akhir musim nanti.

Terakhir ada Zlatan Ibrahimovic. Cedera yang tak kunjung membuatnya pulih, bikin manajemen AC Milan berpikir ulang untuk menambah durasi kontrak akhir musim nanti. 

Penyerang Swedia itu dipastikan akan hengkang akhir musim nanti. AC Monza dikabarkan tertarik untuk merekrutnya.

5 Pemain Bakal Dijual

Selain keenam pemain tersebut, Yacine Adli kemungkinan akan pergi dengan status pinjaman ketika tawaran untuknya datang.

Sertaan semua pemain seperti Ante Rebic, Junior Messias, Divock Origi, dan Fode Ballo-Toure juga akan diizinkan untuk pergi jika ada tawaran yang tepat.

AC MilanLiga ItaliaTRIVIABerita Liga Italia

Berita Terkini