x

Termasuk Sang Anak Emas, Ini 4 Pemain Liverpool yang Bisa Klopp Bawa ke Napoli

Senin, 22 Mei 2023 14:52 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Kendati baru spekulasi, ada kabar jika Napoli musim depan akan memilih manajer baru dan Jurgen Klopp termasuk dalam kandidat yang mereka inginkan. (Foto: REUTERS/Carl Recine)

INDOSPORT.COM - Kendati baru spekulasi, ada kabar jika Napoli musim depan akan memilih manajer baru dan Jurgen Klopp termasuk dalam kandidat yang mereka inginkan.

Meski baru saja mengantarkan timnya menjadi juara Liga Italia (Serie A) 2022/2023 namun Luciano Spalletti selaku pelatih saat ini dianggap oleh manajemen sudah layak untuk diganti.

Hubungan yang entah kenapa memanas dengan presiden Partrenopei, Aurelio De Lauretiis, jadi salah satu alasan kenapa pergantian nakhoda dibutuhkan di Stadio Diego Armando Maradona saat ini.

Corriere dello Sport melaporkan jika saat ini nama-nama manajer asal Italia masih jadi favorit Napoli untuk menggantikan Spalletti.

Sosok seperti Vincenczo Italiano, Antonio Conte, Roberto De Zerbi, hingga Gianpiero Gasperini jadi yang teratas namun bukan berarti klub asal kota Naples itu anti dengan juru latih non-Italia.

Baca Juga

Klopp adalah salah satu yang dipertimbangkan bersama dengan eks manajer mereka, Rafael Benitez. Karier dan pencapaian yang oke bersama Liverpool tentu jadi pertimbangan Napoli.

Sejak 2015 pria berpaspor Jerman itu sudah mempersembahkan tujuh trofi untuk The Reds termasuk satu Liga Champions dan Liga Inggris. Hanya saja sejumlah hasil buruk di 2022/2023 membuat posisi Klopp di Anfield jadi terancam.

Baca Juga

Selain tidak bisa mengamankan satupun titel mayor musim ini, Liverpool juga terancam untuk gagal finis di empat besar liga domestik. Itulah kenapa ada peluang bagi Jurgen Klopp untuk tidak akan menamatkan kontraknya yang masih berlaku sampai Juni 2026.

Sejak awal pun eks bos Borussia Dortmund itu pun belum pernah menyatakan jika impiannya adalah mengakhiri karier di Liverpool sehingga kans kepindahan ke Napoli selalu saja ada.

Menarik untuk menanti soal kepastian masa depan Klopp. Jika angkat koper ke Napoli, sepertinya para pemain Liverpool berikut ini cocok untuk menemaninya memulai petualangan di Liga Italia.

Baca Juga

1. 1. Roberto Firmino

Roberto Firmino

Siapa anak emas Jurgen Klopp di Liverpool? Jawabannya sudah pasti Roberto Firmino. Sejak pertama kali menjejakkan kaki ke Anfield, sang manajer sudah dibuat jatuh cinta dengan kualitas penyerang versatile Brasil tersebut.

Klopp bahkan kaget ketika mengetahui Merseyside Merah hanya mengeluarkan 41 juta Euro untuk membeli Firmino dari Hoffenheim pada bursa transfer musim panas 2015 silam mengingat saat itu ia sudah menjadi salah satu pemain terbaik di Liga Jerman.

Tercatat Firmino sudah memainkan 354 laga lintas ajang yang membuatnya menjadi pemain yang paling sering Klopp turunkan dalam eranya di Liverpool.

110 gol juga membuat sosok yang akrab disapa Bobby itu juga masuk dalam kategori mesin gol tersubur The Normal One. Kebetulan jika mereka ingin bereuni di Napoli, musim depan adalah waktu yang tepat.

2022/2023 adala musim terakhir Firmino di Liverpool karena akan segera habis kontrak. Belum ada klub yang dikabarkan telah mencapai kesepakatan dengannya sehingga Klopp bisa saja membujuk Napoli untuk membawanya ke selatan Italia.

Baca Juga

2. Naby Keita

Layaknya Roberto Firmino, Naby Keita pun akan menjadi free agent pada bursa tranfer musim panas tahun ini. Belum ada klub yang mengumumkan jika mereka siap menjadi rumah baru bagi sang gelandang Guinea.

Maka dari itu Napoli bisa membungkusnya sekaligus dengan Klopp. Kebetulan pada musim depan Si Biru kemungkinan punya satu slot kosong di lini tengah.

Baca Juga

Hal ini dikarenakan Tanguy Ndombele yang bakal kembali ke Tottenham Hotspur usai hanya menjalankan delapan start di Liga Italia. Napoli memang punya opsi mempermanenkannya namun dengan statistik yang biasa saja sepertinya terlalu sayang untuk mengeluarkan puluhan juta Euro.

Keita bisa menjadi opsi yang lebih ekonomis. Jika ingin dijadikan pemain rotasi pun klub tidak akan merugi dengan haga gratisnya.

Meski juga bukan starter untuk Klopp di Liverpool, kefamiliaran dengan ide dan taktik sang pelatih bisa membuat Keita pilihan cocok bagi Napoli.

Baca Juga

2. 3. Joel Matip

Joel Matip.

Penampilan luar biasa Kim Min-jae dalam musim debutnya di Liga Italia yang berbuah Scudetto bagi Napoli membuat sang bek sentral Korea Selatan diminati banyak klub besar.

Dengan klausul rilis yang hanya berkisar 50 juta Euro saja, kemungkinan besar ia tidak akan lagi ada di San Paolo musim depan. Itulah kenapa Joel Matip bisa menjadi pengganti yang tepat.

Matip musim ini tidak lagi menjadi starter reguler di Liverpool akibat semakin padunya duet Virgil van Dijk dan Ibrahima Konate. Kontraknya masih tersisa hingga 2024 namun dengan 13 penampilan saja di Liga Inggris sebaiknya eks pemain timnas Kamerun itu hijrah saja.

Usianya baru 31 tahun dan pengalamannya di level top bisa membantu banyak Napoli dan Jurgen Klopp tentunya.

Keduanya punya relasi apik yang sudah terbangun sejak 2016 dimana Klopp memboyongnya secara percuma dari Schalke 04.

4. Fabio Carvalho

Dengan 13 penampilan di Liga Inggris berhias dua gol, musim pertama Fabio Carvalho di Liverpool sebenarnya tidaklah buruk. Terutama mengingat usianya baru 20 tahun.

Hanya saja sebagai pemain muda potensial, sang wonderkid Portugal butuh lebih banyak menit tampil musim depan agar perkembangannya menjadi seorang bintang tetap optimal.

Liverpool berencana untuk meminjamkan Carvalho musim depan meski wacana ini masih digodok lebih lama. Napoli meskipun klub besar bisa menjadi tempat yang pas untuk menitipkan eks Fulham tersebut.

Tekanan yang lebih minim dari media serta iklim yang suportif dari publik Neapolitan akan membuatnya bisa bersinar di Liga Italia.

Terlebih dengan Jurgen Klopp sebagai manajer yang telah menukanginya selama setahun di Liverpool. Carvalho bisa berevolusi menjadi pemain top nantinya.

LiverpoolNapoliJurgen KloppRoberto FirminoWilliam CarvalhoJoel MatipLiga ItaliaNaby Keita

Berita Terkini