x

Masuk Jajaran Staf Pelatih, I Made Wirawan Antusias dengan Tugas Barunya di Persib

Sabtu, 27 Mei 2023 00:45 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Subhan Wirawan
I Made Wirawan bersama pelatih kiper Persib, Luizinho Passos, saat laga terakhir sebagai pemain sepak bola menghadapi Persikabo di Stadion GBLA, Kota Bandung, Sabtu (15/04/23).

INDOSPORT.COM - I Made Wirawan antusias untuk menjalankan tugas barunya di tim Persib Bandung, untuk persiapan mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 yang rencananya akan bergulir pada Juli mendatang.

Sebagai informasi, setelah memutuskan pensiun sebagai pemain sepak bola profesional usai berakhirnya kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, I Made Wirawan kembali ke tim Persib.

Hanya saja, Made kembali ke tim kebanggaan Bobotoh dengan tugas barunya yakni sebagai asisten pelatih penjaga gawang. Manajemen Persib, memberikan kontrak dengan durasi tiga tahun.

"Yang pasti, antusias karena ini sangat baru buat saya di posisi baru," kata pria yang turut mengantarkan Persib meraih gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014 ini.

Made menambahkan, saat mendapat pengumuman tim Persib akan kembali berlatih untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 dia merasa posisinya masih seperti pemain.

Baca Juga

Sebagai informasi, aktivitas tim Persib saat ini masih diliburkan setelah berakhirnya kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, rencananya skuad Maung Bandung akan berlatih kembali pada awal Juni.

"Jujur kemarin pas ada pengumuman kita akan latihan, saya lupa kalau saya sudah bukan pemain lagi. Sampai istri ingatkan saya, kalau sudah bukan pemain," ungkap Made.

Baca Juga

Mantan penjaga gawang Timnas Indonesia menuturkan, mengisi posisi asisten pelatih penjaga gawang merupakan pengalaman baru baginya. Pasalnya, pada musim lalu masih bermain sebagai kiper di Persib.

Selain itu, Made akan berusaha memberikan yang terbaik dan membantu Luizinho Passos di skuad Maung Bandung, agar tim kebanggaan Bobotoh bisa meraih hasil maksimal di kompetisi Liga 1 musim 2023-2024.

"Jadi ya ini suatu lembaran baru buat saya, saya punya kesempatan baru untuk belajar, karena saya bisa banyak belajar dari coach Luizinho Passos, sebagai asisten coach Luizinho Passos, bisa ikut juga lihat langsung Luis Milla melatih di sini," tegas Made.

Baca Juga

1. Prestasi I Made Wirawan

Penjaga gawang Persib, I Made Wirawan. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

Sementara itu, I Made Wirawan menjadi salah satu legenda Persib Bandung, pasalnya dia turut mengantarkan skuad Maung Bandung meraih gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014.

Saat itu, pada final ISL 2014 menghadapi Persipura Jayapura di Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, Jumat (07/11/2014), skor imbang 2-2 untuk kedua kesebelasan. 

Memasuki babak adu penalti, eksekutor Persib yakni Makan Konate, Ferdinand Sinaga, Tony Sucipto, Supardi Nasir dan Achmad Jufriyanto berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. 

Sedangkan di kubu Persipura, Boaz Solossa, Yohanes Pahabol, dan Robertino Pugliara berhasil memasukan bola ke gawang Persib.

Namun, Made berhasil menahan bola sepakan penendang keempat tim Mutiara Hitam, Nelson Alom, hal tersebut membuat Maung Bandung unggul 5-3 dan berhak meraih gelar juara. 

Baca Juga

Trofi yang diraih pada saat itu, menjadi catatan sejarah bagi skuad Maung Bandung. Karena hasil yang diraih pada ISL 2014, membuat tim kebanggaan Bobotoh mengakhiri puasa gelar selama 19 tahun. 

Pasalnya, saat itu skuad Maung Bandung terakhir kali meraih juara pada kompetisi Liga Indonesia (LI) I 1994/1995. Sehingga, usai ISL 2014, I Made Wirawan menjadi salah satu pemain yang namanya tercatat sebagai legenda Persib.

Baca Juga

I Made Wirawan sendiri, bergabung dengan Persib pada 2012 usai memperkuat Persiba Balikpapan, saat itu skuad Maung Bandung ditangani oleh pelatih Djadjang Nurdjaman. 

Saat pertama kali bergabung dengan Persib, kiper kelahiran 1 Desember 1981 ini berhasil menyumbang satu trofi. Saat itu, skuad Maung Bandung juara Piala Celebes II setelah mengalahkan Sriwijaya FC dengan skor akhir 1-0. 

Kemudian pada 2014, Made kembali membawa Persib meraih prestasi dengan menjuarai Indonesia Super League (ISL) setelah di final mengalahkan Persipura Jayapura. 

Baca Juga
Persib BandungI Made WirawanLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini