x

Hampir Sebulan Berlatih di Qatar, Tim Persib U-17 Dikunjungi Sosok Spesial

Jumat, 2 Juni 2023 12:13 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
Keberhasilan menjuarai Nusantara Open 2022 membuat tim Persib Bandung U-17 dikirim berlatih di Aspire Academy di Qatar.

INDOSPORT.COM - Keberhasilan menjuarai Nusantara Open 2022 membuat tim Persib Bandung U-17 dikirim berlatih di Aspire Academy di Qatar.

Sepak bola Indonesia semakin hari mulai menunjukkan perkembangan yang bagus. Talenta-talenta muda Tanah Air mulai menunjukkan prestasinya.

Hal ini terbukti dengan keberhasilan Timnas Indonesia U-22 membawa pulang medali emas SEA Games 2023, yang sudah 32 tahun sebelumnya selalu gagal direbut.

Namun, jauh sebelum itu, perkembangan sepak bola Indonesia juga ditandai dengan banyaknya talenta Tanah Air yang mulai berlatih di luar negeri.

Contoh terbarunya seperti yang baru saja dialami oleh tim Persib Bandung U-17, yang sejak pertengahan Mei 2023 sudah berlatih di Qatar.

Baca Juga

Di negara tuan rumah Piala Dunia 2022 itu, Persib Bandung U-17 menjalani pelatihan di salah satu akademi sepak bola terbaik Qatar, yakni Aspire Academy di kota Doha.

Aspire Academy sendiri memiliki komplek pelatihan olahraga yang mewah, modern yang menampung ribuan atlet setiap tahunnya. Khusus sepakbola, sedikitnya 50 klub tiap tahun datang berguru ke Aspire dengan fasilitas komplitnya.

Baca Juga

Total 1 pelatih, 1 asisten pelatih, dan 22 pemain Persib U-17 diterbangkan langsung ke Qatar sebagai bagian dari program Garudayaksa Football Academy Indonesia.

Nantinya seluruh tim Persib U-17 tersebut akan digembleng ilmu-ilmu sepak bola di Aspire Academy mulai dari 21 Mei hingga 8 Juni 2023.

Tim Persib U-17 ini sendiri bisa dikirim ke Qatar setelah berhasil menjuarai turnamen sepak bola Nusantara Open 2022, yang diprakarsai oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Baca Juga

1. Timnas U-16 Bakal Dikirim Latihan di Qatar

Persib Bandung U-17 bersama Garudayaksa Football Academy Indonesia kini sedang berada di Doha, Qatar.

Mendapat kesempatan untuk merasakan latihan di salah satu akademi sepak bola terbaik dunia, jelas jadi pengalaman berharga bagi para pemain Persib U-17.

Saking kerasan dan puas dengan fasilitas yang dirasakan selama berlatih, kapten Persib U-17, Mohammad Akram sampai berharap hal serupa juga bisa ada di Indonesia.

Lucunya, hal itu ia ucapkan langsung ke Menhan Prabowo saat yang bersangkutan sedang datang mengunjungi para pemain Persib U-17 ke Qatar.

"Pak Prabowo, kira-kira kapan kita (Indonesia) punya akademi dengan fasilitas lengkap dan modern seperti Aspire ini," tanya Akram.

Ditodong pertanyaan oleh kapten Persib U-17 itu, Prabowo pun dengan yakin menjawab bahwa hal itu sedang dalam proses pengerjaan.

Baca Juga

"Insya Allah sebentar lagi," jawab Prabowo sembari tersenyum.

Dalam kesempatan itu, Prabowo juga mengatakan bahwa ia berencana dalam waktu dekat akan mengirim , PSLS Lhokseumawe, finalis Nusantara Open 2022 untuk ikut berlatih ke Qatar.

Tidak berhenti sampai di situ, para pemain Timnas Indonesia U-16 juga nantinya juga akan masuk dalam program untuk pelatihan di Aspire Academy.

Baca Juga

"Semua ini demi Indonesia, demi sepakbola Indonesia, demi mimpi besar saya membawa tim nasional Indonesia ke Piala Dunia," ujar Prabowo semringah.

"Indonesia punya ribuan talenta yang bisa jadi generasi emas sepakbola Indonesia. Mereka nantinya akan jadi bintang hebat dan calon pemain tim nasional Indonesia. Merekalah nantinya yang mengibarkan bendera bangsa kita di Piala Dunia," kata Prabowo.

Sekadar informasi, dalam kunjungannya ke Qatar menemui para pemain Persib U-17, Prabowo juga ditemani oleh pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri.

Baca Juga
QatarLiga IndonesiaAspire AcademyPersib U-17

Berita Terkini