x

Ngebet Naik Kelas ke K-League 1, 3 Tim Ini Bisa Jadi Pelabuhan Baru Asnawi Mangkualam

Selasa, 6 Juni 2023 17:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Salah satu pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, dikabarkan ingin meninggalkan Jeonnam Dragons dan naik kelas ke K-League 1.

INDOSPORT.COM – Salah satu pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, dikabarkan ingin meninggalkan Jeonnam Dragons dan naik kelas ke K-League 1.

Kabar ini beredar luas setelah akun Instagram @kleague_id membocorkan informasi dari salah satu media di Korea Selatan.

Lewat fitur Instagram Story, akun @kleague_id itu menyebutkan bahwa Asnawi berencana memutus kontraknya dengan Jeonnam Dragons.

“Asnawi dikabarkan ada kemungkinan besar untuk memutuskan kontraknya bersama Jeonnam Dragons. Dan sedang mencari celah di club K League 1,” bunyi unggahan @kleague_id, Selasa (06/06/23).

Unggahan akun @kleague_id yang menyebutkan Asnawi Mangkualam meninggalkan Jeonnam Dragons untuk bermain di K-League 1. (Foto: Instagram@kleague_id)

Keputusan pemain berusia 23 tahun itu untuk memutuskan kontraknya tak lepas dari keinginannya bermain di K-League 1 atau kasta teratas Liga Korea Selatan.

Baca Juga

Sebagai informasi, Jeonnam Dragons yang merupakan tim Asnawi Mangkualam saat ini, bermain di K-League 2 atau kasta kedua Liga Korea Selatan.

Karena masih terikat kontrak dan ingin bermain di K-League 1, maka Asnawi pun berniat memutus kontraknya dengan Jeonnam Dragons.

Baca Juga

Padahal Asnawi sendiri baru bergabung Jeonnam Dragons pada Januari 2023 lalu, atau kariernya di klub ini baru berjalan enam bulan saja.

Belum diketahui secara pasti apa alasan eks PSM Makassar ini ingin memutus kontraknya. Tapi diyakini, keputusan ini dikarenakan dirinya ingin naik kelas dan bermain di level teratas.

Jika ingin naik kelas, maka Asnawi Mangkualam bisa bergabung salah satu dari tiga klub K-League 1 ini pasca meninggalkan Jeonnam Dragons. Klub mana saja?

Baca Juga

1. Klub K-League 1 yang Butuh Bek Kanan

Asnawi Mangkualam bergabung ke klub Korea Selatan, Jeonnam Dragons.

1. Suwon FC

Suwon FC menjadi salah satu klub K-League 1 yang memiliki kuota pemain asing kurang lengkap dan tengah membutuhkan bek kanan baru.

Tim yang saat ini tengah duduk di posisi ke-10 klasemen K-League 1 2023 ini memang tengah membutuhkan penyegaran di sektor bek kanan.

Saat ini, posisi bek kanan Suwon FC diperebutkan oleh empat pemain, di mana tiga di antaranya adalah pemain dengan usia di atas 30 tahun.

Tercatat hanya satu bek kanan di bawah usia 30 tahun di kubu Suwon FC yakni Jung Jae-yun yang baru berusia 21 tahun.

Dengan kebutuhan Suwon FC melakukan peremajaan, Asnawi bisa menimbang klub ini sebagai pelabuhannya kelak di K-League 1.

Baca Juga

2. Gwangju FC

Gwangju FC merupakan klub K-League 1 yang saat ini duduk di peringkat ke-7 klasemen. Meski dekat ke papan atas, klub ini nyatanya punya lubang di sektor bek kanan.

Gwangju FC tercatat hanya memiliki satu bek kanan murni pada diri Lee Sang-ki. Selain dirinya, tak ada bek kanan murni yang dimiliki klub tersebut.

Baca Juga

Bahkan karena minimnya stok bek kanan murni, Gwangju FC kerap melakukan rotasi terhadap winger yang dipasang jadi bek kanan, seperti Doo Hyeon-seok.

Minimnya stok bek kanan murni di kubu Gwangju FC bisa dimanfaatkan Asnawi dan sang agen untuk mendapat pelabuhan baru di K-League 1.

Apalagi, saat ini Gwangju FC membutuhkan tambahan kekuatan untuk bisa naik ke enam besar klasemen K-League 1 2023.

Baca Juga

2. Sempat Tertarik Gaet Asnawi

Asnawi Mangkualam saat latihan jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Stadion GBK, Selasa (20/12/22).

3. Jeju United

Jeju United bukanlah nama asing bagi Asnawi Mangkualam. Sebab, klub ini pernah dirumorkan akan jadi pelabuhannya pada tahun 2023 ini.

Rumor tersebut berkembang di awal tahun 2023, di mana Jeju United ingin memboyong Asnawi untuk memperkuat lini pertahanan.

Kebetulan hingga musim 2023 telah berlangsung, Jeju United membutuhkan bek kanan baru sebagai bagian dari regenerasi timnya.

Saat ini, posisi bek kanan Jeju United berisikan tiga pemain, di mana dua pemain hampir dan telah berusia 30 tahun, sedangkan satu pemain lainnya baru berusia 18 tahun.

Dengan kebutuhan regenerasi dan memperkuat pertahanannya, Asnawi pun bisa kembali didekati agar bisa bermain di K-League 1.

Kehadiran Asnawi diprediksi bisa membantu Jeju United untuk bersaing memperebutkan gelar juara K-League 1 2023, mengingat klub ini saat ini duduk di peringkat ke-2 klasemen sementara.

In Depth SportsAsnawi Mangkualam BaharK-LeagueJeonnam DragonsJeju United

Berita Terkini