x

Segrup dengan Timnas Indonesia di Piala Asia, Vietnam Tandai 3 Calon Naturalisasi

Rabu, 7 Juni 2023 14:09 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Ragnar Oratmangoen jadi salah satu dari tiga calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, jelang Piala Asia 2023.

INDOSPORT.COM - Segrup dengan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, Vietnam tandai tiga calon pemain naturalisasi asal Belanda, Thom Haye, Jay Idzes, dan Ragnar Oratmangoen.

Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong akan berlaga di perhelatan Piala Asia 2023, tanggal 12 Januari hingga 10 Februari 2024 mendatang. Ajang ini bakal dihelat di Qatar.

Pada ajang ini, Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama sejumlah negara elite, antara lain Jepang, Irak, dan Vietnam.

Guna mencapai hasil terbaik, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir pun bakal memberikan kesempatan bagi Shin Tae-yong untuk menggelar TC Timnas di luar negeri.

"Karena rencananya, untuk kejuaraan Piala Asia 2023 pada Januari 2024 itu kami akan menggelar pemusatan latihan kurang lebih tiga minggu," ujar Erick Thohir di Stadion Manahan, Minggu (04/06/23).

Baca Juga

"Rencananya dimulai pada 23 Desember 2023, di sebuah negara yang belum bisa kami umumkan. Baru setelah itu kita akan terbang ke Qatar," lanjut Erick Thohir lagi.

Selain wacana TC di luar negeri, PSSI juga mengupayakan untuk menambah pemain naturalisasi, guna meningkatkan kekuatan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 nanti.

Baca Juga

Ada tiga nama yang belakangan ini marak dirumorkan bersedia untuk naturalisasi dan membela Timnas Indonesia, yakni Thom Haye, Jay Idzes, dan Ragnar Oratmangoen.

Kabar ini rupanya juga sudah sampai ke Vietnam. Mereka mulai ketar-ketir melihat persiapan Timnas Indonesia, termasuk saat mendengar kualitas tiga calon naturalisasi.

Media Vietnam, Soha.vn mengulas profil tiga calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, yang sama-sama berasal dari Belanda.

Baca Juga

1. Bedah Kualitas 3 Calon Pemain Naturalisasi

Thom Haye pesepak bola Belanda yang menjadi salah satu calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia.

Media Vietnam, Soha.vn mengulas profil tiga calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia yang berpeluang tampil di Piala Asia 2023, yakni Thom Haye, Jay Idzes, dan Ragnar Oratmangoen.

"Tiga pemain ini mungkin akan ditambahkan ke Timnas Indonesia untuk berlaga di Piala Asia 2023, di mana skuad Shin Tae-yong berada di satu grup dengan Vietnam."

"Thom Haye telah bermain untuk Timnas Belanda U-21 sebanyak 9 kali, sebelumnya juga bermain untuk Timnas Belanda U-17, U-19 dan U-20," ulas media Vietnam itu.

"Saat ini, pemain ini (Thom Haye) bermain di Heerenveen Club, tim yang dibela Doan Van Hau beberapa tahun lalu. Pengalaman Haye akan menjadi kekuatan Timnas Indonesia."

"Jay Idzes adalah pemain yang bermain untuk tim junior klub terkenal Eropa, PSV.  Dengan tinggi badan 190cm, ia memiliki kemampuan duel dan bertarung yang baik."

Baca Juga

"Sedangkan Ragnar Oratmangoen terkenal karena kecepatannya dan kemampuannya mengoper bola. Ini mungkin menjadi faktor pertimbangan bagi pelatih Shin Tae-yong."

"Jika ketiga pemain tersebut ditambahkan sebelum putaran final Piala Asia 2023, Shin Tae-yong akan memiliki kartu yang sangat berkualitas untuk formasi 3-5-2," tulisnya.

Baca Juga

"Secara khusus, trio ini memiliki tinggi badan dan kemampuan bertarung yang mengesankan, sehingga diharapkan dapat membantu tim Indonesia agar tidak lagi lemah dalam duel udara."

Selain trio Belanda itu, PSSI saat ini juga tengah membantu kiper keturunan, Cyrus Margono untuk memilih kewarganegaraan Indonesia, agar ia bisa bermain di Timnas.

Bedanya, Cyrus Margono memiliki kewarganegaraan ganda, sehingga ia harus memilih salah satu, bukan berstatus sebagai pemain naturalisasi seperti Oratmangoen dkk.

Baca Juga
VietnamNaturalisasiTimnas IndonesiaPiala Asia 2023Bola InternasionalPiala AsiaTimnas VietnamThom HayeBerita Timnas IndonesiaRagnar Oratmangoen

Berita Terkini