x

Tak Hanya Mohamed Salah, Wonderkid Liverpool Ben Doak Juga Mirip Arjen Robben

Rabu, 27 September 2023 19:30 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Penyerang muda Liverpool, Ben Doak, saat bersama Jurgen Klopp. Foto: REUTERS/Jason Cairnduff.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, memiliki pemain muda, Ben Doak, yang disebut mirip Arjen Robben.

Liverpool pertama kali mendatangkan Ben Doak dari Celtic pada 2022 lalu dengan biaya kompensasi sebesar 600 ribu poundsterling.

Dalam perjalanannya sebagai pemain baru Liverpool, Ben Doak sudah berkali-kali disebut sebagai calon suksesor Mohamed Salah.

Akan tetapi, perbandingan dirinya dengan pemain senior tidak berhenti di situ saja. Kini, ia malah disebut mirip Arjen Robben.

Pandangan tersebut diungkapkan oleh asisten Jurgen Klopp, Pep Lijnders, yang menyaksikan dengan mata kepala sendiri perkembangan Ben Doak dari hari ke hari.

Tidak hanya mirip Mohamed Salah soal caranya memotong ke dalam dan menembak bola, Ben Doak juga mengingatkan Pep Lijnders pada dua mantan pemain asal Belanda.

Baca Juga

Mereka adalah Marc Overmars dan Arjen Robben. Dua-duanya dulu pernah bermain untuk Timnas Belanda saat masih aktif sebagai pesepak bola.

“Dia [Ben Doak] masih muda. Banyak hal yang bisa terjadi,” ucap Pep Lijnders kepada Liverpool Echo sebagaimana diwartakan HITC.

Lebih lanjut, Pep Lijnders juga mengungkapkan pengalamanannya tumbuh besar di Belanda, di mana ia melihat begitu banyak talenta sepak bola yang lahir dari Negeri Kincir Angin ini.

“Saya punya keistimewaan besar di Belanda. Kami memiliki budaya Johan Cruyff. Winger yang berada di sisi luar bisa mengacaukan lawan,

“Tipe-tipe pemain seperti Overmars, Robben,” tambahnya lagi.

Baca Juga

Pep Lijnders pun yakin Ben Doak sudah berada di tempat yang tepat. Ia bukannya tanpa pemain senior yang enggan mengajarinya banyak hal.

Di skuad Liverpool, ada sejumlah pemain senior yang memberinya nasihat dan input berharga agar ia bisa berkemabang menjadi pesepak bola yang lebih baik.

“Hal baik tentang Ben adalah, dia masuk ke skuad yang berisikan banyak pemain berotoritas,” jelas Pep Lijnders.

“Dia tidak akan mengambil langkah menyimpang. Para pemain sudah memberitahunya, seperti Andy [Robertson]."

Baca Juga

1. Ben Doak Adalah Pemain yang Menarik

Penyerang muda Liverpool, Ben Doak, saat bersama Jurgen Klopp. Foto: REUTERS/Jason Cairnduff.

Pep Lijnders juga menilai Ben Doak sebagai pemain muda yang menarik. Namun dengan usia yang masih muda, ia butuh bimbingan yang tepat.

“Dia pemain yang menarik, tapi harus menjadi dewasa dan mendengarkan Robbo [Andy Robertson], Mo Salah, dan para pemain lainnya,” terang Pep Lijnders.

Sejak bergabung dengan Liverpool pada 2022, Ben Doak sudah merasakan pengalaman bermain yang cukup beragam.

Musim ini, ia sudah dimainkan selama kurang lebih 13 menit di Liga Inggris dan masuk sebagai pengganti Mohamed Salah.

Di Liga Europa tempo hari melawan LASK ia juga dimainkan sebagai starter, mencatatkan 30 sentuhan dalam kurun waktu 61 menit dan menyelesaikan 11 dari 14 attempted passes.

Selain itu, ia juga menyelesaikan 3 dari 6 attempted dribbles-nya, per FotMob sebagaimana diwartakan This Is Anfield.

Baca Juga

Ben Doak lahir di Dalry, Skotlandia, 11 November 2005. Ia mulai bermain sepak bola di klub kampung halamannya sebelum mendarat di Ayr United kemudian Celtic.

Saat berusia 16 tahun pada 2021, ia sudah berada di bangku cadangan tim utama Celtic yang bermain kontra St Johnstone.

Kesempatan untuk debut pun pada akhirnya datang menghampiri Ben Doak pada tidak lama kemudian, tepatnya pada Januari 2022.

Setelah itu, Liverpool pun mendatangkanya.

Baca Juga

Ben Doak merupakan pelari yang cepat dan energik di lapangan. Meski tidak terlalu tinggi, tubuhnya terhitung kekar untuk remaja seusianya.

Selain itu, ia memiliki kemampuan dribel yang impresif serta sosok pemain yang energik serta berani. Ia tidak terlihat kebingungan di lapangan meski usianya masih muda.

Ben Doak juga sudah terbiasa beroperasi sebagai winger maupun full-back. Ia bahkan sudah sering bermain di berbagai posisi sepanjang kariernya.

Kini sebagai calon suksesor Mohamed Salah yang mirip Arjen Robben, menarik untuk dinanti seperti apa sepak terjang Ben Doak selanjutnya. 

Baca Juga
Arjen RobbenMohamed SalahLiga InggrisIndepthBen Doak

Berita Terkini