x

Tomas Soucek, Pelapis Calhanoglu Idaman Inter Milan demi Mimpi Scudetto

Kamis, 12 Oktober 2023 11:29 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Selebrasi Tomas Soucek di laga West Ham United vs Chelsea.

INDOSPORT.COM – Nama Tomas Soucek belakangan jadi sorotan lantaran masuk dalam daftar belanja Inter Milan pada bursa transfer Liga Italia musim dingin mendatang.

Melansir dari Calciomercato, disebutkan bahwa Inter Milan telah mempertimbangkan untuk merekrut satu gelandang baru pada bursa transfer nanti.

Baca Juga

Tidak adanya pelapis sempurna dari Hakan Calhanoglu, jadi alasan mengapa manajemen La Beneamata sangat berhasrat menggaet pemain tengah anyar.

Sepanjang musim 23/24 ini, peran Hakan Calhanoglu memang sangatlah vital dan terbukti ia baru sekali absen dari total 10 pertandingan yang dijalani Inter Milan.

Di bench Inter Milan sendiri sejatinya masih ada nama Kristjan Asllani, namun kualitas pemain asal Albania tersebut belum selevel dengan Calhanoglu.

Untuk melapis peran yang dimainkan Hakan Calhanoglu, manajemen Inter Milan melirik Tomas Soucek yang bakal berstatus bebas transfer musim panas mendatang.

Baca Juga

Meski bisa mendatangkannya secara gratis, namun kebutuhan mendesak Inter Milan akan gelandang baru membuat Nerazzurri bakal coba menggaetnya lebih cepat pada Januari nanti.

Jika melihat dari statistik penampilan serta kualitas fisik yang dimilikinya, Tomas Soucek memang bakal jadi rekrutan terbaik Inter Milan.

Berbekal postur tinggi 190 cm, Soucek bakal jadi ancaman saat bola mati baik dalam bertahan maupun menyerang.

Kekuatan fisik ini yang tak dimiliki Hakan Calhanoglu, sehingga kehadiran Soucek bisa membuat lini tengah Inter Milan lebih berwarna.

Bakal jadi calon pemain anyar Inter Milan, lantas seperti apakah kualitas serta potensi yang dimiliki Tomas Soucek? Untuk mengetahuinya berikut INDOSPORT merangkum serta mengulas:

Baca Juga

1. Profil Tomas Soucek

Pemain West Ham United, Jesse Lingard merayakan dengan rekan setimnya Declan Rice, Pablo Fornals dan Tomas Soucek usai mencetak gol kedua pada pertandingan Liga Premier antara West Ham United vs Tottenham Hotspur di London, Inggris, Senin (21/02/2021).

Tomas Soucek merupakan pesepak bola asap Republik Ceko yang lahir di kota Havlickuv Brod pada tanggal 27 Februari tahun 1995 silam.

Sebelum tampil di level profesional, gelandang berusia 28 tahun tersebut lebih dulu main buat sejumlah tim akademi Ceko seperti Slovan Havlickuv Brod dan Slavia Prague hingga tahun 2014.

Baca Juga

Pada musim 14/15, Tomas Soucek akhirnya berhasil mendapat kontrak profesional dan bermain bersama tim senior Slavia Prague.

Namun sebelum memastikan tempat utama di Slavia Prague, karier Tomas Soucek lebih dulu dihabiskan sebagai pemain pinjaman.

Barulah pada musim 2017/18, Tomas Soucek tak tergantikan di lini tengah Slavia Prague dan membantu klub memenangi gelar Czech First League dan Czech Cup.

Penampilan impresif tersebut membawa Tomas Soucek jadi incaran klub Eropa di luar Ceko. Salah satunya dari Liga Inggris, di mana West Ham menggaetnya dengan status pinjaman musim 2019/20.

Baca Juga

Hanya setengah musim jalani peminjaman, Tomas Soucek langsung diganjar kontrak permainan dan West Ham pun tak ragu untuk membayar 21 juta euro kepada Slavia Prague.

Bersama West Ham, karier Tomas Soucek semakin mentereng dan berhasil torehkan 165 pertandingan dan mencetak 26 gol serta 9 assists sejauh ini.

Tomas Soucek juga turut membantu The Hammers menjuarai UEFA Europa Conference League musim 2022/23 dan menyabet gelar West Ham United Player of the Year 2020/21.

Untuk catatan statistik permainan, performa Tomas Soucek sepanjang musim ini terbilang sangat tangguh dan berperan penting buat membantu West Ham bersaing di papan tengah Liga Inggris.

Baca Juga

2. Statistik Tomas Soucek

Selebrasi Tomas Soucek di laga West Ham United vs Chelsea.

Melansir dari laman Sofascore, diketahui bahwa Tomas Soucek merupakan salah satu gelandang bertahan tangguh di Liga Inggris dengan tingkat defensive action yang tinggi.

Sepanjang musim ini, Tomas Soucek yang bermain dalam 7 pertandingan bersama West Ham berhasil satu intersep, 1,6 tekel serta 3,3 kali clearance per laga.

Selain itu, Tomas Soucek juga jadi pemain yang bisa memutus serangan lawan dan paling bertanggung jawab ketika bola berhasil direbut.

Tercatat, Tomas Soucek mampu melakukan 2,7 kali balls recovered per game sepanjang musim ini.

Tangguhnya pertahanan yang dibangun Tomas Soucek, membuat West Ham kian nyaman bertengger di posisi 7 klasemen Liga Inggris dan sempat mengalahkan Chelsea di pekan kedua.

Tak cuma kokoh dalam bertahan, Tomas Soucek juga punya tingkat kreativitas serta insting gol yang tinggi.

Hal ini terlihat dari angka big chances created yang berhasil dilakukan sebanyak dua kali per laga, serta 0,9 kali key passes per game musim ini.

Sementara dari sisi ofensif, Soucek mampu lepaskan 1,7 kali tembakan per pertandingan atau 0,6 kali shots on target per game.

Bursa TransferInter MilanLiga ItaliaBerita Transfer

Berita Terkini