x

Alexis Mac Allister jadi Alasan Liverpool Harus Terus Menang Susah Payah Musim Ini?

Jumat, 13 Oktober 2023 07:44 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Liverpool menjalani awal musim yang cukup menarik di Liga Inggris (Premier League) 2023/2024. (Foto: REUTERS/David Klein)

INDOSPORT.COM - Liverpool menjalani awal musim yang cukup menarik di Liga Inggris (Premier League) 2023/2024.

Alexis Mac Allister dan kolega kerap kemasukan gol lebih dulu meski pada akhirnya tetap meraih kemenangan.

Baca Juga

Musim ini tidak tim yang lebih baik soal urusan comeback ketimbang Liverpool menurut statistik Opta.

Total sepuluh poin mereka raup dari situasi dimana gawang mereka kebobolan pertama di Liga Inggris dengan rincian tiga kali menang dan sekali imbang.

Tottenham Hotspur (8) dan Manchester United (6) kemudian menyusul dari belakang.

Problem ini sebenarnya bukan barang baru bagi Liverpool dengan Opta juga mencatat The Reds memang punya tendensi kemasukan di awal.

20 dari total 53 gol yang bersarang ke gawang mereka di ajang Liga Inggris tercipta di 30 menit awal pertandingan sejak 2022/2023.

Baca Juga

Bukan hal yang mengherankan karena Alisson Becker selaku kiper mereka memang harus melihat gawangnya rata-rata diserbut tembakan tepat sasaran 2,15 kali di babak pertama.

Hanya Tottengan (2,24) yang bisa melebihi catatan tersebut yang lagi-lagi diambil datanya dari pekan pertama musim lalu.

Ketiadaan gelandang bertahan murni sepertinya membuat pertahanan Liverpool menjadi lebih rentan.

Di bursa transfer musim panas lalu pelepasan Fabinho dan Jordan Henderson membuat Liverpool kekurangan opsi.

Jurgen Klopp selaku manajer memang sudah merekrut Wataru Endo namun proses adaptasi sang bintang Jepang dengan Liga Inggris terpaksa membuatnya memainkan Alexis Mac Allister di pos 'nomor 6'.

Baca Juga

1. Pertahanan Liverpool Akan Membaik

Darwin Nunez merayakan golnya dengan Alexis Mac Allister di laga Liverpool vs West Ham (24/09/23). (Foto: REUTERS/Peter Powell)

Alexis Mac Allister sejauh ini di musim debutnya untuk Liverpool selalu memainkan posisi yang lebih dalam ketimbang dua rekannya sesama gelandang, Dominik Szoboszlai dan Curtis Jones.

Sebenarnya peran tersebut bukan hal yang baru baginya karena di Brighton & Hove Albion pun terkadang ia juga dipasang demikian.

Baca Juga

Namun bersama Brighton Mac Allister tidak pernah bermain sebagai gelandang bertahan murni karena masih ditemani oleh Pascal Gross dan Moises Caicedo.

Tidak diragukan lagi jika Liverpool butuh untuk segera melihat Wataru Endo segera menyatu dengan tim namun sepertinya hal itu akan terjadi tidak lama lagi.

Pasca jeda internasional Si Merah akan punya jadwal yang lebih ramah di Liga Inggris.

Di delapan pekan pertama hanya tiga kali mereka bertanding di kandang sendiri, Anfield, yang sedikit banyak mempengaruhi hasil.

Baca Juga

Ditambah lagi mayoritas dari delapan lawan tadi termasuk klub dengan potensi besar finis di top half klasemen akhir Liga Inggris 2023/2024.

Maka dari itu mengkambinghitamkan Alexis Mac Allister tidak perlu dilakukan mengingat ia hanya 'korban' situasi skuad tipis Liverpool.

Seiring berjalannya waktu Liverpool akan menjalani jadwal yang lebih ramah dan mengurangi resiko harus bersusah payah tiap kali hendak meraih kemenangan.

Lagipula sejauh ini penampilan mereka sudah cukup meyakinkan dengan menghuni empat besar Liga Inggris dengan 17 poin yang hanya tiga angka di belakang Tottenham Hotspur sang pemuncak.

Baca Juga
LiverpoolLiga InggrisAlexis Mac AllisterIndepth

Berita Terkini